Menilik Jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan, Satu-Satunya di Indonesia
Robotika dan Kecerdasan Buatan | Unsplash - ThisisEngineering RAEng

Transformasi teknologi memang selalu terdepan. Hingga saat ini, tak ada habisnya para ilmuwan menyajikan teknologi yang luar biasa dan bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Namun ternyata, kehadiran teknologi yang semakin berkembang ini justru dapat mengubah sebagian hidup manusia. Rasanya saat ini begitu sulit untuk hidup tanpa kehadiran teknologi di dalamnya.

Terbukti dengan berkembangnya industri 4.0 yang hampir setiap pekerjaan membutuhkan teknologi tidak hanya untuk mempermudah, bahkan mempercepat setiap pekerjaan yang ada. Kehadirannya pun dapat memberikan hasil yang bisa melampaui ekspetasi.

Walaupun sekarang ini industri mengalami revolusi menjadi industri 5.0 yang artinya Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga teknologi digital akan bersanding. Namun, tetap saja tidak mengubah jalan kembang teknologi. Hal tersebut dibuktikan oleh kemunculan beberapa produk teknologi terbaru seperti robot dan juga kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal sebagai Artifical Intelligence (AI).

Mengenal jurusan masa kini, Robotika dan Kecerdasan Buatan

Universitas Airlangga | Fisip Unair
Universitas Airlangga | Fisip Unair

Kehadiran robot dan kecerdasan buatan diklaim sebagai alat masa depan yang dapat menghasilkan banyak keuntungan tidak hanya untuk para pelaku bisnis, tetapi juga ranah pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Jadi, Goodmates tidak perlu heran bila kelak para pelaku industri dalam bidang teknologi akan semakin menjamur. Hal tersebut akan menjadi peluang besar bagi para SDM yang berbakat pada bidang tersebut. Jika kamu juga tertarik dengan teknologi canggih robot dan kecerdasan buatan tetapi belum tahu bagaimana cara mengenalnya lebih dalam, jurusan ini cocok untuk kamu.

Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang dibentuk oleh Universitas Airlangga dan resmi dibuka untuk para calon mahasiswa pada tahun 2020 lalu. Jurusan ini menjadi jurusan satu-satunya yang ada di Indonesia.

Apa yang akan dipelajari?

Dikutip dari situs resmi Universitas Airlangga, dengan visinya yaitu menjadikan jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan sebagai jurusan yang inovatif dan terkemuka tingkat nasional maupun internasional, kamu akan mempelajari berbagai mata pelajaran baik secara teori maupun praktek.

Beberapa mata kuliah yang akan dihadapi adalah sains dasar seperti fisika dan matematika, lalu ada teknik informasi seperti algoritma, pemograman, jaringan komputer serta IoT.

Tidak hanya itu, Goodmates. Kamu juga akan belajar sistem siber fisik seperti mekatronika, elektronika, mesin, sistem kontrol dan otomasi. Lalu ada juga desain dan integrasi robotika, wirausaha, metode penelitian, komunikasi, dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, Goodmates bisa mengakses mata kuliah yang telah direncanakan oleh pihak kampus di sini.

Ya, Goodmates harus mengetahui bahwasannya mata kuliah di atas dominan dengan mata kuliah sains yang tidak akan lepas dari rumus serta hitungan. Maka dari itu, Goodmates juga harus mempertimbangkan kembali minatmu pada bidang tersebut, ya. Lulusan Robotika dan Kecerdasan Buatan akan diberi gelar S.T atau Sarjana Teknik sebab jurusan tersebut masuk ke dalam rumpun teknik.

Prospek kerja Jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan

Berbicara mengenai prospek kerja serta peluang dari jurusan yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan. Mengingat industri saat ini membutuhkan lebih banyak SDM di bidang teknologi salah satunya pada jurusan ini.

Tepatnya dikutip dari MySkill, Goodmates bisa menjadi tenaga ahli robotika, tenaga ahli kecerdasan buatan, pengelola software, peneliti serta pengembangan robotika maupun kecerdasan buatan, dan masih banyak lagi. Tidak hanya bisa bergabung dalam industri besar, kamu juga dapat membentuk robot atau kecerdasan buatanmu sendiri, lo. 

Wah menarik ya Goodmates belajar dan bekerja di industri bidang teknologi? Kalau kamu tim masuk industri, atau membuat robot atau kecerdasan buatanmu sendiri, nih? Semoga saja karyamu kelak menjadi terkenal dan digunakan oleh banyak orang, ya.

Referensi: Unair | Myskill