Menilik Nusantara, Nama Ibu Kota Indonesia yang Baru 
Ilustrasi Istana Negara yang Baru│@seasia.co/Instagram

Kabar tentang akan dipindahkannya ibu kota memanglah bukan hal baru. Kabar ini telah tersebar luas sejak awal rencana pemindahan ibu kota ini diberitakan. Kabar terbaru, ibu kota Indonesia yang baru ini telah memiliki nama. 

Ialah Nusantara, dipilih menjadi nama dari ibu kota baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Nusantara dipilih langsung oleh Presiden Jokowi, dan menyisihkan lebih dari 80 usulan nama yang lain.

Dilansir dari CNN Indonesia, kabar ini diungkapkan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa. Keputusan penamaan ibu kota negara (IKN) tersebut telah diumumkan saat rapat bersama Panja RUU Ibu Kota Negara (IKN) pada Senin (17/1/2022).

Alasan di balik terpilihnya “Nusantara”

Suharso mengungkapkan bahwa pemilihan nama Nusantara ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Nusantara dipilih karena sudah dikenal sejak dahulu kala, ikonik di mata dunia internasional, serta melambangkan kenusantaraan Republik Indonesia.

Tak main-main, proses pemilihan nama ini juga melibatkan ahli bahasa, ahli sejarah, dan sejumlah pakar lainnya. Selain itu, Suharso juga membocorkan beberapa kandidat nama lain yang diajukan. Beberapa kandidat nama IKN tersebut adalah Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Warna Pura, Cakrawala Pura, hingga Kertanegara.

Akan menjadi ibu kota dengan konsep smart city

Ilustrasi Istana Negara yang Baru│@seasia.co/Instagram

Dilansir dari Kontan, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa pemindahan ibu kota ini tidak hanya sebatas memindahkan perkantoran negara saja. Lebih dari itu, IKN ini akan dibangun menjadi kota baru yang kompetitif di tingkat internasional.

Dalam sambutan Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) tersebut, Presiden Jokowi menerangkan bahwa IKN ini diproyeksikan akan menjadi penggerak kemajuan Indonesia yang berbasis inovasi, teknologi, dan green economy.

IKN baru diproyeksikan menjadi kota modern, dimana setiap fasilitas publik saling terkoneksi. Lebih dari itu, IKN akan dibangun sebagai  kota yang sehat, efisien, produktif, yang dirancang sejak awal agar warganya dapat bepergian ke mana saja dengan naik sepeda atau jalan kaki. 

Selain itu, IKN juga akan dibangun dengan pelayanan keamanan, kesehatan, dan pendidikan kelas dunia. Presiden Jokowi menambahkan bahwa pemindahan IKN ini akan menjadikan IKN baru sebagai new smart metropolis, serta menjadi pusat inovasi bagi Indonesia kedepannya.

Nah, itu dia informasi seputar penamaan IKN baru yang telah dipilih oleh Presiden Jokowi. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu juga setuju dengan nama Nusantara sebagai nama IKN baru negara kita?

Referensi: CNN IndonesiaDetikKontan