Menjadi Nomor Satu di Pencarian Google dengan SEO
Ilustrasi│Templune/Pixabay

Kawan penasaran nggak sih, kok bisa setiap kita mengetik satu kata kunci di Google, dari sekian banyak website yang ada di internet, yang muncul website itu-itu aja. Misalnya Kawan sedang mencari info tentang “sakit gigi”, pasti pencarian teratas yang muncul adalah Alodokter atau Halodoc. Padahal mungkin saja bisa ada lebih dari ribuan website yang membahas “sakit gigi”, tapi bagaimana bisa yang muncul di peringkat teratas malah dua website itu?

Apa itu SEO?

Jika Kawan sering menemui website-website yang menjadi langganan peringkat atas di Google, berarti website tersebut telah menerapkan SEO dengan baik. Ya, dengan menerapkan SEO, website Kawan dapat berada di peringkat atas Google jika seseorang sedang mencari suatu kunci. Jika Kawan menguasai SEO, sangat mungkin website Kawan akan sering bertengger di peringkat atas Google, dan semakin banyak orang yang masuk ke website Kawan tentunya.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimizer, yaitu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan agar sebuah website dapat muncul di peringkat teratas sebuah search engine. Dengan SEO, Kawan bisa membuat website Kawan muncul di peringkat teratas pencarian Google dengan gratis. Sebenarnya ada cara lain selain SEO agar website Kawan jadi nomor satu di Google, Kawan bisa menggunakan SEM, tapi bedanya SEM ini berbayar dan cenderung hanya bisa berada di puncak pencarian sementara waktu saja. 

Untuk Apa SEO?

Ilustrasi│Templune/Pixabay

 

 

Manfaat utama SEO jelas, yaitu agar website Kawan bisa menjadi website pertama yang ditemukan seseorang saat mencari sebuah kata kunci di Google. Tapi jangan salah, dengan menjadi nomor satu di Google, banyak manfaat yang bisa Kawan peroleh loh!

Yang pertama, website Kawan akan jadi lebih mudah ditemukan. Dengan begitu, Kawan akan dapat menjangkau pengunjung yang lebih luas. Seperti halnya jika Kawan ingin membuka toko, Kawan pasti membutuhkan lokasi yang strategis agar dapat menjangkau banyak pembeli kan.

Yang kedua, pengunjung yang mengunjungi website Kawan adalah target audience yang sesuai dengan website Kawan. Misalnya seperti ini, apabila Kawan memiliki website tentang sastra, audience yang mengunjungi website kawan pastilah seorang penggemar sastra juga. Dia dapat menemukan website kawan, dengan mengetik kata kunci yang berkaitan dengan sastra di Google, karena itulah audience yang menemukan website Kawan dari SEO, pastilah audience yang sesuai dengan website Kawan.

Yang ketiga, promosi di Google dengan Gratis. Dengan SEO, Kawan juga bisa melakukan pemasaran di Google dengan gratis. Bisa dibayangkan bukan, pengguna Google jumlahnya sangatlah banyak, dan dari sekian banyak pengguna Google, mereka menemukan website Kawan di halaman pertama pencarian Google. Seperti memasang billboard gratis di jalan raya yang sering dilewati mobil, tapi ini Google.

SEO On Page dan SEO Off Page

Ilustrasi│janjf93/Pixabay

Penerapan SEO dalam sebuah website dibagi menjadi dua bagian, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page adalah upaya-upaya optimasi yang sifatnya internal, atau dilakukan dari dalam website. Sedangkan SEO Off Page tentu saja kebalikan dari SEO On Page, yaitu optimasi yang sifatnya eksternal. 

SEO On Page sederhananya adalah optimasi yang bisa Kawan lakukan sendiri. Yaitu dari segi penulisan konten yang SEO Friendly, Kecepatan loading website, dan struktur dari website Kawan. Sedangkan SEO Off Page, pada umumnya berkaitan dengan backlink yang ada di website lain. Misalnya sebuah website menautkan backlink yang jika backlink itu diklik akan menuju ke website Kawan, hal itu adalah contoh penggunaan backlink yang juga dapat meningkatkan traffic website Kawan.

Gimana nih Kawan, tertarik mempelajari SEO? Kawan bisa loh mengikuti kelas-kelas tentang SEO untuk mengasah skill Kawan tentang SEO. Ditambah lagi, jika Kawan menguasai SEO, Kawan bisa berkarir menjadi SEO Expert dengan prospek yang menjanjikan loh! Jadi tunggu apalagi, yuk segera belajar SEO!

Referensi : Aku DigitalGlintsNiagahoster