Bagaimana Cara Menjadi Kepercayaan Atasan di Kantor? Ini Dia!
Ilustrasi Jadi Kepercayaan Atasan dikantor | Foto: Pexels.com/cottonbro

Bekerja di sebuah perusahaan tentu saja membutuhkan hubungan yang baik dengan rekan kerja maupun atasan. Hal ini bisa diawali dengan membangun sebuah komunikasi yang lancar dan saling percaya. Ini terbilang penting, karena jika tidak ada hubungan baik dengan rekan kerja terlebih pada atasan, dikhawatirkan akan menghambat produktifitas kerja dan hasilnya menjadi kurang optimal.

Melihat kemungkinan-kemungkinan tersebut, maka sangat dibutuhkan hubungan komunikasi dan relasi yang baik dengan atasan. Meskipun hal seperti ini masih ada yang menganggap ”cari muka”, namun selagi hal yang dilakukan adalah benar dan tidak merugikan pihak lain, ini masih bisa dikatakan professional. Asalkan, kamu juga harus bisa tetap membatasi dan menjaga etika.

Mungkin masih ada yang ragu untuk melakukan hal ini dan tidak tahu harus memulai dari mana. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan atasanmu!

  1. Menyesuaikan Gaya Komunikasi
Ilustrasi menyesuaikan gaya komunikasi
Ilustrasi menyesuaikan gaya komunikasi | Pexels.com/ChristinaMorello

Komunikasi adalah jembatan utama untuk bisa membangun hubungan baik ke atasanmu. Kamu harus bisa memahami gaya dan maksud komunikasi atasanmu, Goodmates! Kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya komunikasi dan penguasaan topik yang relevan. Mulai dari komunikasi yang sesuai, maka akan ada topik lain berkelanjutan. Dari situ, kamu bisa membangun komunikasi yang baik dengan atasanmu.

Hal ini juga sesuai dengan pembahasan yang telah diulas oleh Harvard Bussiness Review yang mengatakan bahwa kita bisa mencari tahu seperti apa gaya komunikasi dari atasan dan mencoba untuk mengikutinya. Apabila kita sudah menemukan alur dan gaya komunikasi yang sesuai, proses hubungan baik ke depannya akan jauh lebih mudah.

  1. Pahami Keinginannya
Ilustrasi pahami keinginannya
Ilustrasi pahami keinginannya | Pexels.com/Fauxels

Biasanya, atasan kita memiliki cara atau strategi tertentu untuk memajukan usahanya. Pendapatnya selalu dikemukakan dalam meeting team dan semua karyawan wajib menyimak serta memahaminya. Pahami apa yang disampaikan atasanmu dan ketahui apa yang diinginkan. Dari situ kamu bisa melakukan kombinasi antara keinginan atasanmu dengan solusi yang diberikan oleh tim. Intinya, strategi yang diinginkan atasanmu tetap direalisasikan dengan persiapan matang yang akan dilakukan oleh tim.

Dilansir dari The Muse, jangan pernah sungkan untuk bertanya apa yang dibutuhkan oleh atasan. Karena, hal itu terlihat lebih inisiatif untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan. Jadi, kamu bisa lakukan cara ini ketika sudah memiliki hubungan komunikasi yang baik dengan atasan.

  1. Jangan Ragu Meminta Advice
Ilustrasi jangan ragu meminta advice
Ilustrasi jangan ragu meminta advice | Pexels.com/LinkedInSalesNavigator

Salah satu cara agar bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan adalah dengan meminta advice atau nasihat pada atasan kita. Karena, atasan akan merasa dihormati dan dibutuhkan pendapatnya. Dengan begitu, ini menjadi langkah awal untuk menumbuhkan rasa kepercayaan atasan kita. Dilansir dari Business Insider, jangan ragu meminta masukan dari atasanmu dan itu tidak akan membuatmu terlihat bodoh melainkan bisa menarik perhatian dari atasan.

Ketika meminta advice bukan berarti kita berada dalam posisi yang tidak berdaya atau selalu salah dalam melakukan sesuatu, justru dengan meminta advice bisa memperkaya wawasan dan membuat kamu menjadi proaktif terhadap hal apapun.

  1. Melaksanakan Tugas dengan Baik
Ilustrasi melaksanakan tugas dengan baik
Ilustrasi melaksanakan tugas dengan baik | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Tips yang satu ini adalah hal yang sangat mendasar dan sudah menjadi sebuah kewajiban yang sudah seharusnya dilakukan setiap karyawan. Melaksanakan tugas dengan baik akan terus diperhatikan oleh atasan, terlebih jika hasil yang kamu kerjakan sempurna dan sesuai dengan keinginan atasan. Dari sini, atasan kamu akan melihat performa serta keahlianmu dalam menjalankan tugas.

Kamu harus bisa mempertahankan kelebihan yang kamu miliki ya, Goodmates! Ingat ya, ini bukan perihal “cari muka” dengan atasan atau kompetitif. Cukup dengan menerapkan profesionalisme dalam bekerja.

  1. Menghargai Waktu Atasan
Ilustrasi menghargai waktu atasan
Ilustrasi menghargai waktu atasan | Pexels.com/OnoKosuki

Setiap detik dalam hidup setiap orang, memiliki value tersendiri. Begitu pun dengan tiap detik, menit dan jam yang kita lalui, karena dengan waktu, kita bisa melakukan berbagai hal yang sangat bernilai. Untuk itu, kita perlu menghargai setiap waktu termasuk waktu yang dimiliki rekan kerja, maupun atasan.

Salah satu contoh menghargai waktu yang bisa dilakukan adalah datang tepat waktu dalam sebuah pertemuan atau masuk kantor. Namun tidak hanya dikantor, kita juga harus bisa menghargai waktu atasan kita untuk keluarganya. Karena, kesibukan yang melanda di lingkungan pekerjaan membuat atasan kita jarang bertemu dengan keluarganya. Jadi usahakan tidak merusak setiap waktu berkualitas yang sedang dijalani.

Goodmates, kesimpulan dari cara-cara tersebut, kamu tidak perlu menjadi sosok yang berbeda untuk bisa mencuri perhatian atasanmu. Karena, atasanmu hanya perlu kegigihan, semangat dan profesionalisme dalam menjalani pekerjaan. Selain menjaga komunikasi, usahakan untuk selalu menjadi pribadi yang ramah, easy going, dan saling menghargai, agar kamu juga bisa disegani oleh atasanmu. Kamu bisa menerapkan hal tersebut tanpa harus mengubah karaktermu. Selamat mencoba!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

Referensi: finansialku.com | glints.com

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.