Pentingnya Menjalin Hubungan Baik Antar Teman Saat Perkuliahan Daring
Ilustrasi belajar daring | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI 

     Semenjak adanya virus Covid-19 melanda di Indonesia, banyak perguruan tinggi mulai dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta melakukan perkuliahan secara daring. Tentu dalam hal ini mahasiswa melakukan adaptasi baru mengenai kuliah daring yang dilakukan saat ini, mulai dari beradaptasi dalam hal menempuh kegiatan perkuliahan secara daring ini , ataupun beradaptasi dengan teman dalam menempuh perkuliahan secara daring yang dilakukan saat ini.

Hal ini bertujuan agar terciptanya keharmonisan dan hubungan baik antar teman walaupun tidak bertemu dengan teman secara langsung. Oleh sebab itulah bagi mahasiswa terutama mahasiswa baru, perlu mengenali karakter dari masing-masing temannya, agar dalam melakukan perkuliahan daring ini tetap terjalinnya komunikasi yang baik antar temannya.

     Menjalin hubungan baik antar teman saat kuliah daring ini sangatlah penting dilakukan bagi mahasiswa karena selain mendapatkan relasi baru dari teman yang berasal dari berbagai daerah, menjalin hubungan baik antar teman di saat kuliah daring ini juga memberikan dampak positif lainnya seperti :

  1. Memudahkan Mahasiswa Dalam Hal Berdiskusi Antar Teman

Tidak bisa dipungkiri bahwa pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama teman dapat memberikan hal yang baik pula seperti memudahkan antar mahasiswa dalam melakukan diskusi. Dengan terciptanya hubungan serta komunikasi yang baik antar mahasiswa dapat memudahkan para mahasiswa melakukan diskusi kelompok atau melakukan diskusi yang lain yang berhubungan dengan perkuliahan. Misalnya ada seorang mahasiswa yang belum paham mengenai materi atau tugas yang diberikan oleh dosen, mahasiswa dapat menanyakan atau berdiskusi langsung dengan temannya. Hal ini tentu akan mempermudah para mahasiswa dalam melakukan perkuliahan daring yang dilakukan saat ini.

  1. Dapat Saling Bertukar Ilmu dan Pengetahuan

Selain memudahkan mahasiswa dalam hal berdiskusi mengenai tugas kuliah atau berdiskusi mengenai hal yang berkaitan langsung dengan mata kuliah yang ditempuh, dengan menjalin komunikasi yang baik antar sesama teman kuliah, dapat memberikan hal yang positif lainnya seperti memperoleh ilmu dan pengetahuan baru diluar pelajaran yang diajarkan oleh dosen. Ilmu dan pengetahuan tersebut dapat dipergunakan mahasiswa sebagai bekal setelah lulus kuliah nanti ataupun dapat diterapkan secara langsung di kehidupan sehari-hari saat ini.

  1. Terciptanya Keharmonisan Antar Teman Sesama Mahasiswa

Dengan menjalin hubungan baik antar teman mahasiswa saat perkuliahan daring dilakukan, dapat memberikan keharmonisan antar sesama teman mahasiswa. Hal ini sangatlah penting karena dengan terciptanya keharmonisan saat diberlakukannya perkuliahan secara daring dapat meminimalisir terjadinya konflik atau bentrokan antar sesama teman mahasiswa yang mana dapat merugikan dirinya sendiri saat diberlakukannya perkuliahan daring ataupun saat luring nanti.

 

  1. Menciptakan Lingkungan Pertemanan Yang Baik

Dengan menjalin hubungan yang baik antar teman saat perkuliahan secara daring, dapat menciptakan lingkungan pertemanan atau kelompok pertemanan yang positif. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi mahasiswa sendiri dalam menjalankan perkuliahan tertutama perkuliahan daring. Karena mahasiswa akan mendapatkan teman yang mungkin memiliki hobi yang sama, kesenangan yang sama ataupun hal positif lainnya yang mana dapat dimanfaatkan mahasiswa sebagai suatu pengembangan potensi diri ataupun sebagai teman curhat di saat butuh sesorang untuk mendengarkan curhatannya tersebut dan mungkin dapat memberikan solusi atas suatu permasalahan tersebut.

     Itulah beberapa hal positif yang didapatkan dari menjalin hubungan yang baik antar teman mahasiswa saat dilakukannya kuliah secara daring. Jika anda merupakan mahasiswa baru, pentingnya mengenali karakter teman dan menjalin hubungan yang baik antar teman mahasiswa, demi mendapatkan hal-hal yang baik yang dapat membantu anda dalam melakukan perkuliahan secara daring saat ini. Semoga dengan adanya artikel yang penulis buat ini dapat bermanfaat bagi Good Mates, sampai jumpa.