Menjelajahi Keindahan Pulau Morotai di Maluku
Pulau Morotai, Maluku. | Sumber: Instagram@tukang_jalan/Merahputih.com

Keindahan alam Indonesia memang tidak ada duanya. Mulai dari pegunungan yang menjulang tinggi, hamparan perbukitan dan perkebunan hijau yang segar, hingga birunya air laut berpadu dengan pasir putih yang lembut. Semuanya ada di Indonesia.

Salah satunya yang terdapat di Pulau Morotai, yang terletak di ujung utara Pulau Halmahera, Maluku Utara. Dikutip dari Jababeka Morotai, pulau yang terkenal dengan pesona pemandangan lautnya ini dikelilingi oleh 33 pulau kecil di sekitarnya.

Jumlah pulau yang tidak berpenghuni sebanyak 26 pulau sedangkan jumlah pulau berpenghuni sebanyak 7 pulau, di antaranya terdapat Pulau Morotai (main island), Pulau Kolorai, Pulau Ngele-ngele kecil, Pulau Ngele-ngele besar, Pulau Golo-golo, Pulau Rao dan pulau Saminyamau.

Apabila Goodmates berkunjung ke Pulau Morotai, akan sangat seru bila memiliki pengalaman liburan secara island hopping atau jelajah pulau dari satu ke yang lainnya.

Bentangan pasir putih di Pulau Dodola

Hamparan pasir putih Pulau Dodola | Foto: IDN Times

Tidak hanya bisa melakukan island hopping di antara seluruh pulau, salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Dodola adalah “jembatan pasir” yang dapat menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil.

Bentangan pasir putih sepanjang 500 meter ini dapat dilihat hanya saat air sedang surut. Jika dilihat dari tempat yang cukup tinggi, bentangan pasir yang seperti membentuk jembatan ini terlihat seolah-olah membelah lautan.

Pulau Dodola juga memiliki wisata alam bawah laut yang tak kalah menakjubkan. Perairan di pulau ini merupakan rumah bagi hiu sirip hitam atau blacktip reef shark. Hiu jenis ini dapat ditemui pada kedalaman 2-10 meter pada daerah terumbu karang.

Bagi Goodmates yang menyukai kegiatan diving, dikutip dari Jababe Morotai, terdapat 28 titik spot diving di Pulau Morotai. Selain dapat bertemu hiu sirip hitam, terumbu karangnya yang cantik serta ikan yang warna-warni, keindahan alam di bawah laut Pulau Morotai ini akan sangat memanjakan mata.

Wisata sejarah pulau morotai

Cantiknya Pulau Morotai | Foto: kmtour

Pulau Morotai juga kaya akan sejarah. Di antaranya beberapa spot diving memiliki berbagai macam peninggalan sejarah di bawah laut. Seperti terdapat bangkai pesawat tempur buatan Australia yang merupakan peninggalan Perang Dunia II tenggelam di kedalaman 40 meter.

Mengutip penjelasan oleh Jababeka Morotai, nama Pulau Morotai berasal dari nama kerajaan Moro. Kerajaan Moro menamakan daerah jajahan menjadi dua yakni Morotia (Moro daratan) dan Morotai (Moro lautan).

Meski terdapat versi lain juga seperti yang dikutip dari situs resmi pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Morotai berasal dari kata Morotia yang berarti tempat tinggal orang-orang moro. Kemudian dikutip dari Okezone, nama pulau ini berasal dari bahasa Tobelo Galela yang menyebut pulau jauh dengan nama “morotia” berarti di sana.

Versi lainnya dikatakan awalnya ini berasal dari Jenderal Douglas McArthur yang memimpin pasukan sekutu melawan pasukan Jepang kala perang dunia II di Morotai, ia menyebut Pulau Morotai sangat memorial. Dari kata memorial kemudian menjadi Morotai.

Bila Goodmates tertarik berlibur ke Pulau Morotai, jangan lupa mencicipi makanan khas yang mereka miliki. Melansir dari Celebes.co, Pulau Morotai yang dikelilingi lautan membuat hasil perairannya mudah didapatkan. Salah satu hidangan yang wajib kamu coba adalah tuna bakar.

Mengenai kualitas daging tunanya sendiri tak perlu diragukan sebab dapat terjamin kesegarannya. Dagingnya yang lembut, empuk dan tentunya berpadu dengan rasa lezat ketika telah dibakar dan diberi bumbu.

Makanan khas yang tak kalah unik adalah nasi jaha. Nasi ini terbuat dari ketan dan beras yang dicampur dengan garam juga santan kemudian dibakar di dalam bambu. Lapisan dalam bambu dilapisi lembaran daun pisang agar nasi tidak lengket dan mudah diambil.

Selain makanan khas, minuman khas milik Pulau Morotai juga dapat menghangatkan kamu saat udara terasa dingin. Pasalnya, Air guraka disajikan dalam keadaan hangat dan terbuat dari jahe, kacang kenari dan gula merah yang direbus bersamaan kemudian disaring dan dituang ke dalam gelas. Kacang kenari digunakan untuk ditabur mengambang di atas air jahe.

Itu dia beberapa rekomendasi wisata dan makanan juga minuman khas yang dapat kamu coba bila berkunjung ke Pulau Morotai. Apabila sedang melakukan liburan, jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan, ya, Goodmates!

Referensi: Kompas | Jababeka Morotai | Pulau Morotai Kab | Okezone | Celebes.co