Anak Kos Wajib Tahu! Berikut 2 Menu Hemat Pakai Rice Cooker
Menu hemat ala anak kos | Foto: Cookpad

#FutureSkillsGNFI   

Sebagai anak kos kita gak boleh merasa sedih GoodMates, kenapa? karena ini jadi pengalaman buat kita. Secara gak langsung hal ini membentuk sifat mandiri lho GoodMates yah  memang gak mudah untuk dilakukan.

Bagi kita anak kos, sahur itu menjadi tantangan ketika berpuasa. Bingung mau buat menu apa untuk makan sahur, atau justru malas menyiapkan makanan membuat kita memilih mie instan sebagai penyelamat. Berbagai macam rasa siap mewarna hari-hari puasa anda, haha. 

Ilustrasi jenis dan rasa mie instan I Foto: GNFI

   GoodMates pasti udah pada tau kan, mengkonsumsi mie instan yang berlebihan, akan merugikan kesehatan tubuh kita. Apalagi kita akan berpuasa dengan tetap melanjutkan aktivitas sehari-hari. Kuliah, mengerjakan tugas, dan beberes rumah memerlukan energi. Oleh karenanya saat sahur kita seharusnya memakan makanan yang sehat dan bergizi agar dapat tubuh kita mendapatkan cukup energi untuk beraktivitas hingga waktu berbuka tiba. Mungkin buat GoodMates yang puasa rebahan mulu, bisa dicoba beberapa menu sehat dan gampang untuk dibuat versi anak kos dibawah ini yah. 

1. Nasi Jagung ++ 

Nasi Jagung ++ I Foto: Pribadi

   Menu yang pertama adalah ' Nasi Jagung ++ '. Dinamai "++" karena didalamnya ada wortel, dan jamur  enoki. Menu ini sudah sangat enak sebagai makan sahur, apabila ditambahkan potongan ayam akan jauh lebih enak. Selain enak dan praktis, nasi jagung ++ ini juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh karena berisi sayuran, misalnya saja wortel yang diketahui baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan saluran pencernaan dan membantu meningkatkan imunitas. Cocok banget buat awalan berpuasa dikala pandemi. Cara buatnya juga gampang banget, langkah pertama nya adalah menyiapkan bahan-bahan nya. Untuk membuat Nasi Jagung ++ dibutuhkan : 

  • Beras dicuci bersih
  • Santan sachet (opsional)
  • Sejumput garam ( ini pakai feeling aja, pasti bakalan enak)
  • 1 buah wortel mini, yang sudah dicuci bersih dan dipotong dadu
  • Jamur enoki yang sudah dicuci bersih secukupnya sesuai selera
  • Jagung manis secukupnya yang sudah dicuci bersih. 

   Eits... bahan diatas seperti jagung dan wortel yang kita beli dipasar pasti tidak dipakai semua. Jadi masih bisa disimpan buat kreasi lainnya. Selanjutnya kesemua bahan dimasukkan dalam wadah rice-cooker dan dimasak seperti masak nasi biasa ya GoodMates, gimana? gampang kan!. 

2.  Steam Tofu-Wortel

Steam Wortel ft Tofu I Foto: Pribadi

   Steam Tofu-wartel adalah menu kedua yang bisa anak kos cobain. Sisa wortel dari kreasi kemarin masih bisa GoodMates gunakan untuk menu kedua ini. Cara buatnya juga simple. Tofu dan wortel yang sudah bersih, dimasak dengan teknik steam. Berhubun sebagai anak kos, kita tidak menggunakan alat yang nama nya "stemer". Hal ini bisa diakali dengan menggunakan rice-cooker lagi lho GoodMates.

Ilustrasi steamer ala anak kos I Foto: Pribadi

   Jadi sembari memasak nasi, tofu-wortel bisa diletakkan diatasnya. Sekali berenang satu-dua pulau terlampaui ya GoodMates. Sambil masak nasi, steamer ala anak kos pun jadi, hahaha. Ooh iya, jangan lupa dikasi garam ya GoodMates biar ada rasanya, setelah matang dimakan barenga nasi panas udah enak. Disini aku tambahin saus, biar lebih berasa. GoodMates bisa kreasikan sendiri, mau diganti dengan kecap atau bawang goreng juga bisa.  

   Itu tadi 2 menu sehat, simple dan pastinya bergizi yang siap membantu GoodMates, apa lagi anak kos yang harus tetap kuliah dikala melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Semoga hal ini bisa menjadi referensi menu kreasi sahur kalian ya GoodMates. Next mungkin kita bikin menu takjil berbuka puasa yah.

Referensi : 

Kompas.com