Praktis! Kreasi 4 Menu Sehat Sahur dan Buka Puasa Ramadan
Ilustrasi makanan sahur | Foto : Pinterest

#FutureSkillsGNFI

Umat Islam di seluruh penjuru belahan dunia menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur. Dalam bulan Ramadan, ada dua waktu yang akan kita lewati setiap harinya yaitu, waktu sahur dan berbuka puasa.

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya sekadar menahan hawa nafsu tetapi juga menahan lapar dan dahaga selama 12 jam penuh. Sering kali orang akan mengalami lemas dan lesu karena kehilangan energi dalam tubuh.

Menjadi hal yang penting dan harus kita perhatikan dalam memilih menu ketika sahur dan berbuka puasa. Supaya tubuh mendapat asupan yang baik tentu kita harus konsumsi berupa makanan sehat dan berenergi.

Dokter Zaidul Akbar terkenal dengan resep menu makanan sehat yang baik untuk tubuh terinspirasi dari gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW. Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah oleh dokter Zaidul Akbar mengatakan bahwa selama bulan Ramadan, kita harus mengonsumsi makanan yang baik dan sederhana. 

Memasuki waktu sahur, kamu dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan serat tinggi, menambah sumber protein nabati dan hewani, serta karbohidrat, seperti beras merah dan konsumsi banyak sayuran.

Ketika berbuka puasa, konsumsi makanan dengan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tubuh. Sebaiknya, hindari juga makanan yang banyak mengandung minyak terutama gorengan.

Berikut kreasi menu sehat yang dapat kamu jadikan sebagai rekomendasi saat sahur dan buka puasa.

1. Sapo Tahu

Sapo Tahu | Foto : Pinterest

Pertama ada sapo tahu, salah satu jenis masakan Tionghoa yang banyak masyarakat di Indonesia gemari karena penyajiannya yang mudah dan praktis. Hidangan sapo tahu sering kita jumpai pada rumah makan atau restoran Cina.

Termasuk ke dalam menu makanan yang sehat, sapo tahu memiliki banyak manfaat sehingga menu ini sangat cocok untuk sahur maupun buka puasa. Bahan-bahannya terdiri dari sayuran, seperti wortel, sawi putih, jagung muda, jamur, tahu sutera atau tofu, dan bunga kol.

Namun, seiring dengan perkembangannya, sapo tahu dapat kini ada tambahan cumi, daging ayam, udang, hingga bakso ikan.

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan bahan tadi. Potong tahu sutera atau tofu, lalu goreng hingga kecoklatan. Kemudian, siapkan bawang putih yang sudah kamu cincang halus dan tumis bersama irisan bawang bombay.

Masukan wortel, jagung muda, sawi putih, bunga kol, dan jamur kuping kemudian tambahkan air dan sedikit larutan maizena. Langkah terakhir, masukan tahu tofu yang sudah kamu goreng sembari menambahkan satu sendok saus tiram, minyak wijen, garam, kecap ikan, kaldu, dan gula. Aduk sebentar, setelah matang sapo tahu siap tersaji.

Baca juga: Menilik Fenomena Gaya Hidup Cashless di Era Digital

2. Sayur Bayam Jagung

Sayur Bayam Jagung | Foto : Pinterest
Sayur Bayam Jagung | Foto : Pinterest

Ingin menyantap hidangan yang berkuah bening dan tentunya tinggi serat? Sayur bayam jagung menjadi solusinya. Menu ini cocok untuk sahur ataupun buka puasa. Untuk membuatnya praktis tidak perlu memakan waktu yang lama.

Potong bayam dan buang bagian tangkainya. Lalu, siapkan panci masukan setengah liter air dan panaskan. Kemudian, potong jagung menjadi beberapa bagian dan masukan ke dalam panci. Setelah itu, masukan bayam, tambahkan kaldu jamur dan bubuk kaldu ayam. Tunggu hingga sayur matang dan siap tersaji dengan nasi merah hangat.

Baca juga: Memulai Terbiasa Puasa di Kala Pandemi

3. Omelet

Omelet | Foto : Pinterest

Ketika sahur bingung ingin memasak menu apa? Omelet bisa jadi rekomendasi menu kamu saat sahur. Sumber protein dalam telur dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Hal ini karena omelet mengandung vitamin A, vitamin B12, dan zat besi.

Cara membuatnya cukup sederhana. Siapkan satu butir telur kocok lepas. Panaskan wajan anti lengket tambahkan sedikit minyak zaitun agar lebih sehat. Masukan telur dan tambahkan sedikit garam. Balik setiap bagian sisinya, setelah matang angkat dan sajikan.

Kamu juga dapat mengolah telur sesuai keinginan. Mulai dari ceplok, rebus, orak arik dengan buncis, hingga di kukus seperti hidangan Chawan Mushi ala Jepang.

Baca juga: Kiat Tingkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri

4. Sup Ayam

Sup Ayam | Foto : Pinterest

Memiliki rasa yang gurih dan lezat, sup ayam dapat kamu olah dengan menambahkan berbagai sayuran, seperti wortel, kentang, dan kol. Banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan menyantap hidangan menu sup ayam. Hal ini karena kandungan gizi dan nutrisi dari protein hewani dan sayuran.

Cara membuatnya ialah iris sayuran wortel dan kentang lalu sisihkan. Tumis bawang putih, cincang hingga harum dan layu. Masukan ke dalam panci, tambahkan potongan ayam beserta wortel dan kentang.

Tidak lupa masukan irisan daun bawang dan seledri supaya harum. Setelah matang tambahkan bumbu seperti garam, merica, bubuk kaldu ayam, dan sedikit lada. Sup ayam siap kamu santap.

Itulah beberapa menu yang bisa kamu sajikan saat sahur atau berbuka puasa. Selain menu di atas, kamu bisa tambahkan buah-buahan sebagai tambahan nutrisi.

Referensi: Kompas | Orami | Briliofood