Deretan Menu Takjil yang Selalu Ada Saat Ramadan
Menu Takjil Kurma | Foto: Shutterstock

#FutureSkillsGNFI

Bulan suci Ramadan tentunya banyak umat Muslim nantikan di seluruh dunia. Di bulan ini, waktu berkumpul dengan keluarga, sahabat, atau teman-teman menjadi lebih banyak sehingga meningkatkan rasa kedekatan.

Waktu berkumpul yang paling sering kita lakukan di bulan Ramadan biasanya ada pada saat berbuka puasa bersama. Ketika berbuka puasa, Goodmates tentunya menikmati takjil terlebih dahulu kan? Namun, tahukah Goodmates apa sebenarnya arti takjil itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata takjil berarti mempercepat (dalam berbuka puasa). Kata takjil berakar dari kata bahasa Arab ‘ajila yang memiliki arti mempercepat sehingga takjil berarti perintah untuk berbuka puasa dengan cepat.

Saat berbuka, biasanya kita akan memiliki hidangan yang manis dan menyegarkan. Berikut ada beberapa menu takjil yang hanya ada saat Ramadan tiba.

1. Kurma

Kurma | Foto: pixabay

Menu yang satu ini sangat tidak boleh Goodmates lewatkan. Buah kurma menjadi ciri khas dari bulan Ramadan menghadirkan beragam keuntungan.

Selain mengandung zat glukosa tinggi yang baik untuk tubuh, memakan kurma juga dapat menghadirkan keberkahan karena berbuka dengan kurma merupakan sunah Rasulullah SAW.

Baca juga: Praktis! Kreasi 4 Menu Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa

2. Kolak Pisang

Kolak Pisang | Foto: pixabay

Selanjutnya ada kolak pisang yang menjadi menu takjil wajib ketika bulan Ramadan tiba. Kolak pisang dapat kita jumpai di seluruh penjuru Indonesia. Rasanya yang manis dan tersaji secara hangat menjadikan kolak pisang banyak sekali penggemarnya.

3. Biji Salak

Biji Salak | Foto: unsplash

Selanjut ada biji salak yang pasti tidak pernah absen dalam daftar menu takjil kalian kan Goodmates? Rasanya yang manis dengan berbahan dasar ubi yang mengenyangkan, membuat biji salak dapat mengembalikan energi kita setelah berpuasa penuh.

4. Es Campur

Isian es campur | Foto: Kompas

Siapa yang tidak suka dengan minuman satu ini? Harganya yang relatif murah dan mudah kita temui hampir di semua daerah di Indonesia.

Selain itu, es campur banyak yang mencarinya untuk takjil karena rasanya yang manis dan menyegarkan sehingga cocok sebagai menu untuk berbuka puasa.

Baca juga: Menilik Fenomena Gaya Hidup Cashless di Era Digital

5. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo | Foto: unsplash

Seperti namanya, es pisang ijo sangat cocok menjadi menu takjil karena rasanya yang manis dan mengenyangkan. Menu takjil yang berasal dari Makassar ini terbuat dengan cara melapisi pisang dengan kulit berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras. Lalu, isiannya ada bubur sumsum, es serut, sirup, dan kental manis.

6. Sop Buah

Kenikmatan sop buah | Foto: Okezone

Sama seperti es campur, sop buah menjadi menu takjil yang banyak orang sukai karena berisi buah-buahan yang sehat dan mengenyangkan. Sop buah ini mirip dengan es campur, tetapi biasanya di dalam es campur terdapat agar-agar dan dalam sop buah tidak ada.

7. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda | Foto: unsplash

Masih sama-sama es, es kelapa muda memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Es kelapa dapat mengatasi masalah pencernaan, menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan kulit, menetralisir racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki berbagai manfaat yang ada, kesegaran es kelapa juga menjadi daya tarik bagi semua orang. Rasanya manis dan memiliki varian lain, seperti es kelapa varian alpukat, jeruk, hingga strawberry.

8. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan | Foto: unsplash

Gorengan yang satu ini memiliki rasa gurih dan akan lebih nikmat jika tersaji selagi hangat. Harganya pun terjangkau dan mudah kita dapatkan. Beberapa hal tersebut menjadi alasan mengapa tempe mendoan menjadi menu favorit untuk berbuka puasa.

Baca juga: Talkshow SohIB Bercerita, Inspirasi Perempuan Berani Bawa Perubahan

9. Bubur Sagu Mutiara

Bubur Sagu Mutiara | Foto: unsplash

Bentuknya yang imut dengan warna merah muda yang khas, menjadikan bubur sagu mutiara ini banyak orang sukai terlebih oleh anak-anak. Namun, tidak hanya bentuknya saja yang menarik karena rasa yang ada dari bubur sagu mutiara juga sangatlah lezat.

10. Kolang-Kaling

Kolang-kaling | Foto: unsplash

Meskipun bentuknya kecil, jangan anggap sebelah mata kolang-kaling ini, ya, Goodmates. Kolang-kaling memiliki beragam manfaat, seperti dapat menghidrasi tubuh, menyehatkan pencernaan, dan menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Hidangan kolang kaling juga sangat baik untuk kulit. Dengan beragam manfaatnya, kolang-kaling sangat cocok kita santap sebagai takjil yang menyegarkan.

Nah, itulah beberapa menu takjil yang selalu ada saat Ramadan. Adakah takjil yang menjadi favorit Goodmates?