Sering Menunda Pekerjaan? Jangan Lakukan Lagi, Ikuti Cara Efektif Ini!
Ilustrasi Menunda Pekerjaan | Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menghadapi banyak beban pekerjaan di kantor setiap harinya, terkadang membuat kita kerap menunda pekerjaan. Namun, tak jarang kebiasaan menunda pekerjaan justru banyak memberikan dampak negatif.

Kebiasaan menunda inilah yang sebaiknya segera kamu hentikan. Karena, rasa malas akibat sering menunda akan semakin besar dan bisa mempengaruhi perkembangan karirmu ke depannya. Terlebih jika suka mengerjakan sesuatu di akhir waktu dengan terburu-buru, nantinya malah akan berakhir kurang maksimal. Bukannya mendapat pujian dengan senyuman lebar, tapi bos yang bakal marah besar. Big no.. no..  kan??

Nah, Nggak ada salahnya nih kalo kamu coba ikutin cara berikut supaya jauh dari kebiasaan menunda pekerjaan dan membuat harimu jadi lebih produktif, Goodmates.

  1. Stop Cari Alasan!
Ilustrasi stop cari alasan
Ilustrasi stop cari alasan | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Kebiasaan menunda pekerjaan biasanya terjadi akibat kamu tidak mampu mengatur waktu dengan baik dan efisien. Jadi, stop cari alasan untuk menutupi rasa malas dan selalu menunda pekerjaan.

Tanamkan niat yang kuat untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang sudah kamu tunda. Tentukan juga tujuan yang jelas apa saja yang harus dilakukan terlebih dulu. Prioritaskan terlebih dulu mana pekerjaan yang lebih penting dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya. Dimana ada niat, disitu ada jalan. Benar kan, Goodmates?

  1. Tetapkan Deadline Untuk Diri Sendiri
Ilustrasi tetapkan deadline untuk diri sendiri
Ilustrasi tetapkan deadline untuk diri sendiri | Pexels.com/cottonbro

Terkadang kamu juga perlu membuat deadline palsu untuk diri sendiri dengan memajukan jadwal tenggat waktu pekerjaanmu. Hal ini bertujuan untuk mendorong kebiasaan kamu agar lebih cepat menyelesaikan pekerjaan, dan bisa memperbaiki hasil pekerjaanmu yang dirasa belum sempurna tanpa harus berlomba dengan waktu deadline yang sebenarnya.

Kamu juga bisa buat reminder sesering mungkin untuk pengingat agar menyadarkan kamu untuk tidak terus menunda pekerjaan. So, pasang sticky notes yang banyak, ya!

  1. Buat Komitmen & Be Realistic!
Ilustrasi buat komitmen dan be realistic
Ilustrasi buat komitmen dan be realistic | Pexels.com/AndreaPiacquadio

Pentingnya komitmen terhadap diri sendiri untuk bisa fokus menyelesaikan pekerjaan daripada menundanya terus menerus. Meski begitu, kamu juga harus tetap realistis untuk tidak memforsir diri dalam menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu. Kerjakannya secara perlahan dan satu per satu.

  1. Buat Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri
Ilustrasi buat afirmasi positif untuk diri sendiri
Ilustrasi buat afirmasi positif untuk diri sendiri| Pexels.com/RODNAEProductions

Motivasi dirimu sendiri untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan. Buatlah afirmasi positif untuk diri sendiri yang dapat membuat perubahan pada cara kerja kamu. Ini tentu akan berpengaruh juga pada produktivitasmu yang semakin membaik, dan bisa membuat waktu luangmu semakin banyak begitu pekerjaan tersebut cepat selesai.

Jadi kamu bisa lebih banyak me time-nya tanpa terganggu pekerjaan yang masih menumpuk kan?

  1. Jadikan Self Reward Sebagai Motivasi
Ilustrasi self reward sebagai motivasi
Ilustrasi self reward sebagai motivasi | Freepik.com/rawpixel.com

Nggak ada salahnya kamu menghadiahi diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan semua tugasmu, seperti jajan makanan kesukaan atau membeli barang pribadi yang diinginkan. Self reward kalau istilah zaman sekarang. Ini tentunya bisa jadi penyemangat kamu saat merasa mager menyelesaikan pekerjaan. Tapi ingat, jangan terlalu boros, ya!

Gimana Goodmates? Dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, segala sesuatunya justru jadi cepat selesai, kan? Jadi, mulai hentikan kebiasaanmu untuk menunda pekerjaan, ya!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Di sana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat.

 

Referensi: Your Say | Merdeka

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.