Minuman Energi Alami dan Menyehatkan, Wajib Kamu Coba!
Illustrasi minuman energi | Foto: Unsplash

Ada banyak produk minuman energi yang beredar di pasaran. Meskipun terasa enak dan menyegarkan, minuman energi tersebut tidak sepenuhnya menyehatkan. Apalagi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Untuk terhindar dari beberapa bahan yang tidak baik bagi tubuh, kamu juga bisa membuat minuman energi alami. Hal ini akan jauh lebih menyehatkan, terutama karena berbahan alami serta membuatnya secara mandiri.

Jika kamu membuatnya sendiri, kamu juga bisa mengatur dan menakar bahan-bahan yang baik bagi kesehatan. Rasanya pun tidak kalah enak dari beberapa produk minuman energi kemasan.

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai bahan minuman energi. Minuman ini cocok kamu minum sebelum menjalani aktivitas maupun mengembalikan kebugaran setelah menjalani kegiatan padat.

1. Smoothie Pisang dan Apel

Illustrasi minuman energi smoothie apel dan pisang | Foto: Unsplash

Minuman energi ini adalah campuran dari beberapa bahan, terutama pisang dan apel. Cara membuatnya pun mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 buah apel, 2 buah pisang, 3 sampai 4 buah kurma, 2 sendok makan selai kacang, seperempat susu, dan es batu.

Baca juga: Ikut Melestarikan Akasara Kuno Bersama Komunitas Aksakun

Blender bahan-bahan tersebut hingga halus. Jika sudah, minuman siap untuk kamu nikmati. Minuman energi smoothie pisang dan apel kaya akan manfaat. Kandungan gula alami dari apel dan pisang bisa membantu memberikan energi tambahan.

Tambahan selai kacang pada minuman tersebut juga memberikan lemak dan protein sehat. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa cepat lapar sekaligus membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

2. Lemon dan Mint

Illustrasi minuman energi lemon dan mint | Foto: Unsplash

Minuman energi yang terbuat dari campuran lemon dan mint ini terasa sangat menyegarkan. Selain itu, air kandungan lemon juga memberikan energi tambahan dan antioksidan bagi tubuh. Dengan begitu, minuman ini cocok kamu minum sebelum maupun sesudah aktivitas.

Cara membuatnya cukup muda, Kamu hanya perlu menyiapkan 1 cangkir teh seduh, 1 gelas air dengan es batu, perasan air lemon, dan daun mint. Campurkan semua bahan tersebut dalam 1 botol atau pengocok koktail. Jika sudah tercampur semua, kamu bisa menikmatinya.

3. Smoothie Hijau

Illustrasi minuman energi smoothie hijau | Foto: Unsplash

Berdasarkan informasi dari Dr. Daryl Gioffre, seorang dokter dan penulis buku Get Off Your Asam menyebutkan smoothie memberikan tambahan energi, serta antioksidan yang membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Selama Gap Year, Bikin Kamu Tetap Produktif

Untuk membuat minuman energi ini, siapkan beberapa bahan. Mulai dari 1 genggam bayam, setengah potong lemon, setengah potong mentimun, 1 genggam daun ketumbar, jahe segar, 1 jumput peterseli, 1 cangkir air kelapa, dan tambahan es batu.

Blender semua bahan tersebut hingga halus. Jika sudah, minuman siap kamu nikmati untuk memulai menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Air Kelapa

Illustrasi minuman energi air kelapa | Foto: Unsplash

Kaya akan kandungan potasium, air kelapa merupakan minuman elektrolit yang bagus bagi tubuh. Tak heran jika air kelapa menjadi bahan utama beberapa produk energi. Air kelapa juga mengandung banyak vitamin dan rendah kalori.

Untuk menikmati minuman energi air kelapa, sebenarnya kamu hanya perlu meminumnya secara langsung. Namun untuk variasi, ada beberapa bahan yang bisa kamu tambahkan, seperti lemon, jeruk, 1 sendok minyak kelapa, dan sedikit garam.

Baca juga: Cara Ampuh Atasi Kulit Belang dengan Bahan Alami

Campurkan air kelapa dengan perasan lemon dan jeruk. Tambahkan minyak kelapa dan sedikit garam kemudian aduk merata. Jika sudah, kamu bisa meminumnya langsung.

Beberapa orang menyebutkan bahwa air kelapa juga baik jika kamu tambahkan dengan spiriluna. Spiriluna merupakan alga alami yang kaya akan asam amino. Campurkan 1 sendok makan bubuk spiriluna dengan air kelapa untuk kamu bisa meminumnya.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi dan tips membuat minuman energi yang enak serta menyehatkan. Daripada mengonsumsi produk minuman energi di pasaran, kamu bisa membuat minuman energi alami sendiri untuk menjaga kebugaran tubuh.

Referensi: Hello Sehat | Merdeka