Museum Date, Tren Pilihan Berkencan yang Unik
Ilustrasi museum sebagai pilihan baru tempat untuk berkencan. | Sumber: Juliet Furst/Unsplash

Mengunjungi tempat wisata, menghabiskan waktu di wahana bermain, pergi ke taman kota, berkunjung ke kebun binatang, menyambangi pusat perbelanjaan. Itu hanyalah pilihan berkencan yang sudah terlalu umum. Ingin mencoba cara berkencan yang unik dan baru? Kalau begitu, Kawan pernah mendengar istilah museum date?

Yap, berkencan di museum! Apa yang ada di benak Kawan saat mendengar kata ‘museum’? Membosankan, karya wisata sekolah, banyak lukisan dan patung, dan seterusnya. Tapi, ternyata hal itu tak berlaku lagi lo Kawan, pasalnya museum dapat menjadi salah satu pilihan destinasi untuk berkencan. Terdengar menarik, ya?

Ini alasan mengapa kamu harus mencoba museum date..

Ilustrasi pasangan yang sedang museum date. | Sumber: Academy of Art University
Ilustrasi pasangan yang sedang museum date. | Sumber: Academy of Art University

Siapa nih yang suka kebingungan kalau kehabisan bahan obrolan? Selain bisa memberikan suasana baru, museum juga bisa membantu Kawan menemukan topik pembicaraan lo. Misalnya, saat sedang memperhatikan suatu lukisan lalu saling bertanya dengan partner kencan mengenai pendapat mereka atas lukisan tersebut. Jawaban mereka juga dapat membantu Kawan agar lebih mengenal pasangan.

Umumnya, museum memiliki situs resminya masing-masing yang memiliki kumpulan informasi mengenai karya-karya yang mereka pajang. Kawan bisa memanfaatkan sumber seperti ini untuk melakukan riset terlebih dahulu. Buat Kawan yang ingin menciptakan first impression yang menarik bagi pasangan, cara ini bisa dipakai lo.

Last but not least, siapa sih yang gak suka dengan kejutan? Biasanya museum memiliki toko yang menjual souvenir sebagai oleh-oleh khas dari mereka. Kawan bisa memberi kejutan kecil kepada pasangan dengan memberikannya hadiah.

Intip rekomendasi museum sebagai destinasi berkencan

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) salah satu pilihan destinasi untuk museum date. | Sumber: Liputan6
Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) sebagai salah satu pilihan destinasi untuk museum date. | Sumber: Liputan6

Kawan yang sedang merencanakan kencan bersama pasangan, mungkin tertarik mencoba museum date atau gaya berkencan di museum. Berikut ini adalah pilihan museum yang dapat Kawan pertimbangkan sebagai destinasi museum date.

  • Berkunjung ke MACAN, bukan untuk melihat macan kok..

MACAN merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Dilansir dari situs resminya Museummacan.org, museum ini memiliki koleksi seni modern dan kontemporer, mulai dari lukisan hingga instalasi karya seni yang unik. Salah satu spot yang terkenal di antaranya adalah instalasi Dots Obsession dan Infinity Mirrored Room. Museum yang berlokasi di Kota Jakarta ini cocok banget bagi Kawan yang ingin memiliki suasana berkencan yang artsy dan unik!

  • Museum Moja, museum date sambil bermain bersepatu roda

Moja merupakan singkatan dari Museum of Jakarta. Dilansir dari Neraca, Moja Museum hadir sebagai interactive art space yang memiliki banyak instalasi seni yang unik dan menawarkan banyak spot foto yang instagramable. Sambil menikmati isi museum yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno ini, Kawan juga dapat sekaligus bermain sepatu roda. Asik, kan?

  • Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Ku percaya selalu ada sesuatu di Jogja~

Apabila dua museum sebelumnya terletak di Jakarta, museum yang satu ini terletak di Yogyakarta. Ullen Sentalu sebagai nama museumnya ternyata merupakan sebuah singkatan lo Kawan. Dikutip dari Casa Indonesia, Ullen Sentalu merupakan singkatan dari ‘Ulating blencong sejatine tataraning lumaku’ yang berarti nyala lampu blencong (lampu yang dipergunakan saat pertunjukkan wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

Museum Ullen Sentalu memiliki banyak lukisan, foto para bangsawan, koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta, arca-arca budaya Hindu dan Budha, serta mengisahkan tentang sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta. Salah satu sudut yang unik adalah ruangan yang berisikan kisah cinta Putri Tineke yang dilarang oleh orangtuanya. Kawan dapat membaca banyak surat cinta serta puisi penghiburan milik Putri Tineke.

Sebelum menentukan destinasi museum untuk berkencan bersama pasangan, ada baiknya Kawan melakukan survei terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis museum di Indonesia, mulai dari yang membahas hal tertentu seperti sains hingga museum untuk seni dan sejarah. Beberapa di antaranya juga ada yang menawarkan kegiatan yang dapat diikuti. Selain memilih sesuai minat, jangan lupa memilih tempat yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik ya. Selamat mencoba museum date, Kawan!