Negara-Negara Favorit Mahasiswa Indonesia untuk Kuliah di Luar Negeri
Ilustrasi│Vadim Sherbakov/Unsplash

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina, sebuah ungkapan yang mengajak kita untuk menuntut ilmu sampai ke tempat yang jauh. Kuliah di luar negeri memanglah sebuah impian besar bagi sebagian besar mahasiswa di Indonesia.

Banyak juga mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri. Mulai dari negara tetangga, hingga negara yang cukup jauh seperti negara di Eropa dan Amerika Serikat. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, ini dia daftar negara yang menjadi favorit mahasiswa Indonesia untuk berkuliah.

Australia

Negara pertama yang menjadi favorit mahasiswa Indonesia adalah Australia. Negara yang berada di selatan Indonesia ini adalah salah satu negara dengan kualitas pendidikan berkelas dunia. Tak heran jika Australia menjadi favorit bagi mahasiswa asal Indonesia.

Setiap tahunya, ada ribuan mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Negeri Kangguru ini. Hubungan baik antara Indonesia dan Australia juga membuat banyak beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa Indonesia bisa berkuliah di Australia.

Beberapa universitas terbaik di Australia adalah University of Sydney, University of Queensland, University of Melbourne, dan Australia National University. 

Singapura

Selanjutnya ada negara Singapura. Negara maju yang letaknya bersebelahan dengan Indonesia ini memiliki sejumlah universitas terbaik di Asia. Sebut saja Nanyang Technology University dan National University of Singapore sebagai salah satu universitas terbaik di Asia.

Karena kualitas pendidikannya yang tinggi, serta tidak jauh juga dari Indonesia, Singapura menjadi salah satu negara favorit bagi mahasiswa Indonesia berkuliah di luar negeri.

Malaysia

Masih dari negara tetangga, urutannya ada Negara Jiran, Malaysia. Bukan hal yang asing lagi bahwa kita memiliki budaya yang tidak jauh berbeda dengan Malaysia, hal ini yang membuat berkuliah di Malaysia menjadi salah satu pilihan favorit bagi mahasiswa Indonesia.

Selain itu, Malaysia juga memiliki sejumlah universitas terbaik di Asia. Beberapa universitas terbaik di Malaysia antara lain Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia. 

Hubungan baik antara dua negara juga memberikan banyak beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa Indonesia. Tercatat ada hingga ribuan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Malaysia.

Amerika Serikat

MIT│Yuhan Du/Unsplash

Amerika Serikat memanglah gudangnya universitas-universitas terbaik dunia. Banyak mahasiswa dari penjuru dunia, termasuk dari Indonesia yang memilih untuk berkuliah di Amerika.

Selain itu, tidak sedikit juga beasiswa yang membuka peluang mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di Amerika. Banyak tokoh terkenal di Indonesia yang berkuliah di Indonesia, sebut saja aktris muda Maudy Ayunda, CEO Ruangguru Belva Davara, dan Mendikbud Nadiem Makarim.

Beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT), Harvard University, dan Stanford University.

Jepang

Negeri Sakura memiliki budaya pendidikan yang sangat baik. Sangat bagus bagi para mahasiswa untuk belajar. Jepang juga terkenal akan inovasinya, yang membuat banyak mahasiswa Indonesia banyak yang pergi ke Jepang untuk belajar, khususnya dalam bidang sains dan teknologi.

Banyak juga beasiswa yang tersedia untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang. Beberapa universitas terbaik di Jepang antara lain University of Tokyo, Kyoto University, dan Tokyo Institute of Technology.

Inggris

Oxford│Nils Lindner/Unsplash

Disamping Amerika Serikat, Inggris adalah negara dengan banyak universitas terbaik di dunia. Tidak hanya itu, banyak juga universitas tertua di dunia yang berada di Inggris. Inggris juga memiliki budaya yang menarik, serta destinasi wisata sangat keren.

Ada ribuan mahasiswa Indonesia yang berkuliah di negara pecinta sepakbola ini. Banyak juga beasiswa yang dibuka bagi kamu yang ingin berkuliah di Inggris loh! Beberapa universitas terbaik di inggris adalah University of Oxford, University of Cambridge, dan University College London.

Itu dia negara-negara favorit mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Tertarik untuk berkuliah di salah satu negara tersebut?

Referensi: AkupintarRuangguruOkezoneBerkuliah.com