Memahami Netiquette, Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet
Ilustrasi media sosial dan internet | Foto: Pixabay/Pexels

Internet menjadi suatu wadah jaringan yang dapat menghubungkan banyak orang tanpa batas waktu sekaligus tempat. Kehadiran internet jelas mempermudah segala keperluan manusia, terutama dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Meskipun dunia internet bersifat virtual, bukan berarti kita bisa berbuat seenaknya di sana. Dengan kata lain, jelas ada ‘aturan main’ atau kode etik yang berlaku. Istilah kerennya, netiquette.

Netiquette (“internet etiquette”) atau dalam bahasa Indonesia berarti etika internet adalah sopan-santun dalam berkomunikasi di dunia maya. Etika ini jelas merupakan hal yang sangat penting dalam mengakses internet, terutama sewaktu bermedia sosial. 

Pada dasarnya, etika internet sama saja dengan etika berkomunikasi di dunia nyata sehari-hari. Misalnya menggunakan perkataan yang baik dan sopan, berbicara jujur, ramah, serta mudah terpahami.

Kode etik inilah yang nantinya membantu kita sebagai pengguna internet untuk berinteraksi dengan orang lain tanpa khawatir mengakibatkan kesalahpahaman.

Aturan Inti Netiquette

Merujuk pada artikel Virginia Shea yang berjudul The Core Rules of Netiquette (1994), terdapat 10 aturan inti dari etika berkomunikasi di internet. Kira-kira apa sajakah itu?

Baca juga: Hal yang Bisa Kita Pelajari dari Fenomena Crazy Rich Palsu

1. Ingat! Orang Lain Juga Manusia

Ilustrasi menghargai orang lain | Foto: Duy Pham/Unsplash

Kamu harus ingat bahwa pengguna lain yang membaca e-mail, post, pesan, ataupun komentarmu adalah manusia yang mempunyai perasaan, bisa tersinggung atau sakit hati.

Cobalah menerapkan The Golden Rule (aturan emas), yakni “perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin orang lain memperlakukanmu”. Dengan begitu, kamu pun bisa berpikir dua kali sebelum bertindak di internet.

2. Patuhi Standar Perilaku Kehidupan Nyata

Kebanyakan orang di dunia nyata lumayan taat terhadap hukum. Entah karena karakternya yang memang baik atau karena takut tertangkap apabila berbuat kriminal.

Hal yang sama harusnya juga berlaku dalam dunia maya. Walaupun secara kasat mata kemungkinan untuk tertangkap di internet sangatlah kecil, kamu harus tetap berperilaku sesuai etika.

3. Tahu Tempat

llustrasi forum online | Foto: Chris Montgomery/Unsplash

Setiap situs maupun forum online umumnya mempunyai aturan mainnya sendiri. Maka dari itu, kamu harus pandai menempatkan diri di ruang virtual tempat kamu berada. Bisa saja apa yang kamu rasa benar di tempat A, tetapi tidak berlaku di tempat B.

Baca juga: Segudang Manfaat Mengikuti Bootcamp, Penunjang Karier Masa Depan

4. Menghormati Waktu Orang Lain

Satu hal yang perlu kamu pahami, komunikasi virtual memerlukan waktu. Waktu untuk membaca dan waktu untuk merespons.

Orang lain menjalani kehidupan mereka masing-masing. Baarangkali, mereka tidak punya waktu untuk membaca atau menanggapi diskusi yang kurang penting.

5. Bersikap Baik selama Online

Selain di kehidupan nyata, kamu juga mesti berperilaku baik selama menggunakan internet. Contoh sederhananya yaitu dari segi penulisan. Pastikan kamu selalu memakai bahasa yang sopan, jelas, serta menjauhi kata-kata kasar.

6. Sebarkan Pengetahuan Informasi 

Ilustrasi berbagi informasi | Foto: John Goodman/Unsplash

Internet memang menawarkan segudang keuntungan, salah satunya kemudahan dalam berbagi informasi maupun pengetahuan. Kamu berhak membagikan apapun yang kamu ketahui asalkan hal tersebut sudah terbukti benar alias bukan hoaks. Sebagai catatan, saring dulu informasi yang kamu peroleh sebelum meneruskannya kepada orang lain.

7. Meredakan Flame War

Pernah mendengar kata flame war? Istilah yang satu ini merujuk pada konflik dunia maya, khususnya forum internet, yang berakar dari serangkaian pesan bernada penghinaan atau kebencian.

Jika menjumpai kejadian tersebut, cobalah untuk bersikap netral dan redakan ketegangan dengan mengarahkan diskusi kembali ke arah yang lebih sehat dan produktif.

8. Hormati Privasi Orang Lain

Ilustrasi privasi | Foto: Dan Nelson/Unsplash

Sama seperti mengharapkan orang lain untuk menghormati privasimu, kamu juga wajib melakukan hal yang sama. Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika memutuskan untuk membahas atau tidak mengenai informasi yang bersifat pribadi dalam ranah virtual.

Baca juga: Usai Tur, Harry Styles Konfirmasi Rilis Album Baru

9. Jangan Menyalahgunakan Kekuasaan

Sama halnya dengan dunia nyata, akan ada orang-orang di dunia maya yang mempunyai "kekuatan" lebih. Memiliki keahlian atau mengetahui sesuatu lebih banyak daripada orang lain tidak memberikan kamu hak, atau kebebasan mengambil keuntungan dan memanfaatkan siapapun.

10. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Ilustrasi memaafkan | Foto: Gus Moretta/Unsplash

Tidak semua orang mempunyai pengalaman yang sama di dunia maya dan memahami netiquette. Mungkin terkadang kamu akan menemui pertanyaan atau komentar yang terkesan konyol atau sebagainya. Apabila hal semacam itu terjadi, tidak perlu ambil pusing dan biarkan saja selama tidak melanggar etika.

Itulah penjelasan mengenai netiquette atau etika berinternet yang wajib kamu terapkan selama berada di dunia maya. Walaupun virtual, bukan berarti kamu bebas melakukan apa saja tanpa memperhitungkan dan memikirkan dampaknya.

Referensi: Course Design Kejarcita | Suara.com