Kunjungi Board Game Cafe di Bandung, Ide Ngabuburit Asik
Bermain board game | Foto: Maria Lin Kim/Unsplash

Ada banyak ide untuk mengisi kegiatan ngabuburit. Nah, kalau kamu ingin mencoba ide ngabuburit yang tak kalah seru dan menyenangkan, kamu mungkin ingin mencoba sensasi ngabuburit di board game cafe.

Sesuai namanya, konsep kafe ini menyediakan board game untuk para pengunjung. Biasanya, setiap board game cafe memiliki beragam papan permainan yang sangat bervariasi, bahkan beberapa di antaranya bisa jadi merupakan produk impor.

Di board game cafe, kamu bisa mencoba berbagai jenis board game bersama teman-teman sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain mengisi waktu ngabuburit dengan kegiatan yang mengasyikan, kamu juga bisa mengadakan kegiatan bukber. Simak rekomendasi board game cafe di Bandung berikut ini!

1. The Maple Board Game Cafe

ilustrasi meja untuk bermain papan permainan di The Maple Board Game Cafe Bandung | Foto: Whats New Indonesia
Meja untuk bermain papan permainan di The Maple Board Game Cafe Bandung | Foto: Whats New Indonesia

Board game cafe yang telah berdiri sejak November 2019 ini berlokasi di Kopo Mas Regency, Blok A No. 3 Jalan Kopo Mas. Menurut situs Whats New Indonesia, The Maple Board Game Cafe merupakan board game cafe terbesar di Bandung. Pasalnya, board game cafe satu ini mampu menampung hingga 150 orang pengunjung.

Tak tanggung-tanggung, koleksi permainan papan yang The Maple Board Game Cafe miliki juga cukup banyak, lo. Terdapat kurang lebih 200 koleksi permainan papan mulai dari kategori permainan berat hingga permainan ringan.

Baca juga: 5 Kafe Terbaik di Jawa Barat Suguhkan Pemandangan Luar Biasa

The Maple Board Game Cafe berdiri atas dasar kesukaan sang pemilik, Joshua Michael, yang suka bermain board game sejak masih kuliah di Amerika Serikat. Hal menarik lainnya yang ada di The Maple adalah bentuk mejanya yang unik. 

Ada juga meja dengan desain yang lebih sederhana. Di setiap sisinya terdapat lubang untuk meletakkan gelas atau minuman. Desain ini sengaja terbentuk seperti itu agar lelehan es dari gelas minuman tidak tumpah ke atas meja dan bisa membasahi permainan papan.

Tak perlu ragu berkunjung ke The Maple meski kamu belum ahli memainkan berbagai permainan papan. The Maple juga menyediakan Game Master, sebutan bagi petugas khusus yang nantinya bertugas menjadi fasilitator permainan. Dengan arahan Game Master, kamu bisa menikmati bermain board game dengan nyaman dan menyenangkan.

2. Nakama Cafe and Board Games

ilustrasi suasana di Nakama Cafe and Board Games | Foto: Nakama Cafe and Board Games
Suasana di Nakama Cafe and Board Games | Foto: Nakama Cafe and Board Games

Berlokasi di Jalan Indra Prahasta Tim No. 1A Cibaduyut, Nakama Cafe and Boardgames memiliki arti yang menarik di balik pemilihan namanya. Konsep dan nama dari Nakama merupakan sebuah adaptasi dari buku komik terlaris di Jepang berjudul One Piece. Artinya, seorang teman yang sangat baik bahkan sudah mirip seperti keluarga meski tidak memiliki hubungan kerabat.

Baca juga: Berkunjung ke 4 Masjid di Indonesia, Wisata Religi Selama Ramadan

Selain arti pemilihan konsep dan namanya yang menarik, pasangan suami istri yang mendirikan Nakama Cafe and Board Games, Lovell dan Olivia, memiliki visi saat mendirikannya.

Keduanya ingin membuat sebuah tempat yang bisa membuat orang tua dan anak-anak berkomunikasi melalui games. Untuk mewujudkan hal tersebut, Nakama Cafe and Board Games telah menyediakan 200 board game yang bisa kamu pilih dan mainkan bersama keluarga atau teman-teman.

3. Dots Board Game Cafe

ilustrasi koleksi board game di Dots Board Game Cafe Bandung | Dunia Games
ilustrasi koleksi board game di Dots Board Game Cafe Bandung | Dunia Games

Terakhir ada Dots Board Game Cafe yang berlokasi di Ruko Paskal Hyper Square Blok F41 - F42. Cafe yang sudah berdiri sejak tahun 20 ini buka pada Selasa hingga Minggu mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

Baca juga: Resep Makanan Simple Ala TikTok untuk Anak Kos

Menurut Dunia Games, Dots Board Game Cafe memiliki sekitar 400 koleksi permainan papan. Ragam koleksi board game hadir sangat bervariasi, mulai dari level yang memerlukan ketelitian dan penuh tantangan, hingga level yang lebih mudah.

Itu dia beberapa rekomendasi board game cafe di Bandung. Kalau kamu sedang kehabisan ide untuk ngabuburit, mungkin menghabiskan waktu ngabuburit di board game cafe dapat menjadi salah satu pilihan kamu. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: Pikiran Rakyat | Whats New IndonesiaDunia Games