Gak Mau Ngantuk Usai Makan Siang? Ini Dia Cara Mengatasinya!
Ilustrasi Ngantuk Usai Makan Siang | Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Waktu makan siang menjadi salah satu moment yang sangat dinantikan para pekerja untuk sejenak menghentikan pekerjaannya. Selain menjadi saat yang tepat untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras, makan siang juga menjadi saat bagi para pekerja untuk menyantap makanan, berkumpul, sambil memperbincangkan berbagai hal yang menyenangkan baik itu seputar pekerjaan maupun hal personal.

Setelah makan siang, secara otomatis energi dalam tubuh akan kembali penuh seperti sedia kala. Namun, Goodmates relate gak sih dengan kondisi munculnya rasa kantuk usai makan siang? Pastinya nyebelin banget ya saat mau kembali melanjutkan pekerjaan, tapi tubuh malah memunculkan sinyal ingin tidur. Banyak sekali faktor yang menyebabkan kamu merasa ingin melakukan tidur siang singkat atau yang biasa dikenal dengan istilah power nap.

Lantas, bagaimana cara mengatasi dari kondisi mengantuk setelah makan siang? Gak ada salahnya nih untuk Goodmates melakukan cara-cara berikut ini.

  1. Banyak Gerak Setelah Makan
Ilustrasi banyak gerak setelah makan
Ilustrasi banyak gerak setelah makan | Pexels.com/KindelMedia

Setelah makan, biasanya perut akan terasa kenyang dan menimbulkan rasa malas untuk bergerak. Oleh karena itu, ada baiknya usai mengonsumsi makanan, kamu perlu melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerak agar intensitas aliran darah meningkat, sehingga kamu tidak perlu khawatir mendapati rasa kantuk.

Tidak perlu melakukan hal yang sedemikian rumit, kamu bisa melakukan gerak dengan berjalan santai atau menaiki tangga selama beberapa menit. Aktivitas ini memang terdengar melelahkan, namun sejatinya akan ada keuntungan jika kamu melakukan hal ini. Ya, apalagi kalo bukan hidup sehat!

  1. Pilih Makanan Sehat dan Waktu yang Tepat
Ilustrasi pilih makanan sehat dan waktu yang tepat
Ilustrasi pilih makanan sehat dan waktu yang tepat | Pexels.com/JerChung

Makanan yang tinggi kalori dan lemak seperti gorengan atau nasi padang, sangat besar potensinya untuk menimbulkan rasa kantuk. Namun tak hanya itu, waktu makan yang tidak teratur juga sangat cepat menimbulkan kantuk.

Untuk menghindari munculnya sinyal kantuk, jauhi makanan dengan porsi berlebih dan pilih menu yang gizinya seimbang serta lengkap. Jika Goodmates memiliki waktu lebih, Goodmates bisa masak sendiri dan membawanya sebagai bekal ke kantor. Selain hemat, kamu juga bisa menentukan jumlah kalori dalam makanan dan menghindari makanan dengan kandungan lemak berlebih.  

  1. Jangan Lupa Minum Air Secukupnya!
Ilustrasi jangan lupa minum air secukupnya
Ilustrasi jangan lupa minum air secukupnya | Pexels.com/Cottonbro

Jika rasa kantuk tiba, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi air mineral. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Biasanya, seseorang mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari. Dengan mengonsumsi air mineral dengan jumlah yang cukup, akan membuat tubuh kamu lebih “siap” dan bebas dari rasa kantuk.

Selain itu, air mineral juga akan membantu kamu menjadi lebih peka terhadap rangsangan dan menguatkan konsentrasi serta fokusmu dalam menerima setiap informasi yang diberikan. Jadi selain anti ngantuk air mineral juga akan membuat kamu anti ngelag.

Nah Goodmates, itu tadi solusi sederhana yang bisa dicegah agar tidak timbul rasa kantuk usai kamu makan siang dikantor. Kamu bisa mencoba salah satu diantaranya atau semuanya agar sempurna.

Selain cara yang sudah disebutkan diatas, biasanya hal apa aja sih yang kamu lakukan untuk mencegah munculnya rasa kantuk? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar ya, Goodmates!

Untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan ter-update, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar dunia kerja yang sangat bermanfaat. Have a great day!

Referensi: Hellosehat.com | Glints.com

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.