Melihat Perjuangan Niki Zefanya Hingga Bisa Tampil di Coachella
Niki Zefanya saat tampil di Coachella 2022 | Foto: Kompas.com

Penyanyi kelahiran Jakarta, yaitu Niki Zefanya mencatatkan sejarah baru dalam ajang Coachella 2022 di Amerika Serikat. Ia menjadi penyanyi wanita Indonesia pertama yang manggung di festival musik internasional itu tepatnya pada Jumat (15/4) lalu waktu setempat. 

Niki, begitu sapaan akrabnya, tidak dapat menutupi antusiasmenya sewaktu pentas sebagai di hadapan para penonton Coachella. Selain dirinya, ada pula Rich Brian yang juga beraksi dalam panggung festival ini pada Sabtu (16/4) satu hari setelahnya.

Sebagai informasi, Coachella adalah festival musik dan seni tahunan di Amerika Serikat yang absen selama dua tahun karena pandemi. Bertajuk "Coachella Valley Music and Arts Festival", acara ini berlangsung pada 15--17 April dan 22--24 April 2022 di Empire Polo Club, California.

Beberapa artis papan atas turut hadir di Coachella. Sebut saja Harry Styles, Billie Eilish, serta Kanye West sebagai penampil utama. Sementara itu, dua musisi kebangaan Indonesia, yakni Niki Zefanya alias NIKI dan Rich Brian sukses tampil di panggung acara musik internasional tersebut.

Tampil Menggabungkan Orkestra dan Akustik

Niki Zefanya | Foto: Celebrities.id

Ketika beraksi di atas panggung, Niki menggunakan busana berwarna merah maroon lengkap dengan aksesori dan lipstik yang senada.

Penampilannya sangat apik dengan orkestra lagu "Every Summertime" yang menyambutnya ke atas panggung. Selanjutnya dengan gitar, ia melantunkan lagu "Drive On" yang langsung mendapatkan sambutan dari para penonton.

Selain itu, musisi 88rising ini turut menyanyikan sejumlah lagu andalannya, seperti "La La Lost You", “Lowkey”, "Lose", dan "Indigo".

Baca juga: Tagar #LetTheEarthBreath Menggema di Twitter, Apa yang Terjadi?

Tidak hanya membawakan karya hitsnya, Niki juga sempat melantunkan lagu bahasa Indonesia pada ajang bergengsi tersebut. Lagu bertajuk “Sempurna" yang merupakan milik grup band papan atas Indonesia Andra and the Backbone turut Niki nyanyikan.

Niki membawakan "Sempurna" dengan gitar akustik yang ia mainkan sendiri dan iringan musik orkestra. Pada lagu tersebut, Niki juga berkolaborasi dengan seorang wanita yang memainkan flute.

Koreografi penari latar berpakaian putih-coklat mengikuti alunan musik juga mampu mengikat emosi audiens. Belum lagi, kilauan lampu dan latar panggung bernuansa awan kecoklatan yang terpampang di belakang menambah dramatis aksi Niki.

Penampilannya lantas mencuri perhatian, terutama warganet tanah air. Ia menyebutkan bahwa lagu “Sempurna” sengaja Niki bawakan sebagai tribut untuk penyanyi muda tanah air dan keluarganya di Indonesia.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Bersama Libur Lebaran dan Aturan Mudik 2022

Kilas Balik Perjalanan Karier Niki Zefanya

Niki dalam video klip lagunya, Lowkey | Foto: Mainmain.id

Penyanyi dan penulis lagu bernama asli Nicole Zefanya ini lahir di Jakarta pada 24 Januari 1999. Ia sendiri sudah mengenal dunia musik sejak kecil melalui ibunya, Julia Josephine Tangkau yang merupakan penyanyi gereja.

Niki mulai menekuni minatnya dalam bernyanyi dengan meng-cover lagu dan mengunggahnya di Youtube. Lalu pada suatu hari, ia berhasil memenangkan kontes Cornetto Road to Fame saat usianya masih 15 tahun. Keberhasilannya itu membawanya terpilih menjadi pembuka konser Taylor Swift bertajuk "The Red Tour" di Jakarta pada 2014 silam.

Awal kariernya sebagai penyanyi pun bermula pada 2014. Niki meluncurkan lagu "Awali Hari dengan Cinta" di bawah naungan Sony Music pada 2014. Dua tahun kemudian, ia sukses merilis dua lagu sekaligus berjudul “Anaheim” dan “Polaroid Boy”.

Baca juga: Cari Tahu Daftar Lengkap Nominasi Baeksang Arts Awards 2022

Setahun berselang, Niki pindah ke Nashville, Tennessee untuk menempuh pendidikan musik di Lipscomb University, Amerika Serikat.

Ia kemudian melebarkan sayap dengan bergabung ke dalam label musik 88rising. Dua single-nya “See U Never" dan "I Like U" pun sukses pada tahun yang sama. Sampai pada 2018, Niki Zefanya berhasil meluncurkan mini album "Wanna Take This Downtown?" yang membuat namanya semakin populer di industri musik.

Referensi: Liputan 6 | CNN Indonesia | Pikiran Rakyat