Saingi iPhone 13, Nokia Rilis Konsep Ponsel Boba Lewat Seri Edge 2022
Nokia Edge 2022, ponsel boba kekinian | Foto: Bestmobile24.com

Bukan hanya untuk menamai jenis minuman viral, kata boba kini juga mewakili tipe smartphone secara tidak resmi. Hal ini bermula dari komentar para pencinta teknologi tentang kamera belakang iPhone 13 yang mirip seperti butiran boba. Tak mau kalah, merek Nokia ikut mengeluarkan sebuah konsep tipe ponsel serupa.

Secara tidak langsung, sebutan boba pada ponsel menjadi salah satu indikasi bahwa ponsel tersebut memiliki spesifikasi yang canggih dan kekinian. Nokia Edge 2022 yang viral melalui TikTok dan mirip dengan iPhone 13 Pro Max ini juga memiliki banyak fitur canggih dan modern.

Biar enggak penasaran dengan Nokia versi boba yang kini masih jadi konsep, mari kita intip bersama keunggulan dari Nokia Edge 2022!

1. Mendukung Sinyal 5G

Ilustrasi 5G | Foto: Z z/Pexels

Menyediakan dua slot SIM card sudah biasa bagi para pengembang produk smartphone masa kini. Namun, tak hanya memiliki fitur dual SIM, Nokia Edge 2022 juga telah mendukung koneksi sinyal 5G.

Sinyal 5G tentunya mendukung kecepatan internet yang lebih baik dari 4G. Bahkan, kecepatannya mencapai 100 kali lipat lebih baik. Maka, hal itu makin mendukung aktivitas pengguna, baik gaming sampai menyimpan segala jenis file dan kegiatan di penyimpanan cloud.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Notebook, Chromebook, Mackbook

2. Layar Lebar Sudah AMOLED

Layar Nokia Edge 2022 berteknologi AMOLED | Foto: Berita DIY - Pikiran Rakyat

Memiliki layar berukuran 6,8 inchi, Nokia Edge 2022 juga sudah menggunakan teknologi layar AMOLED. Teknologi layar terbaru ini akan meningkatkan kualitas gambar smartphone sehingga menjadi lebih akurat dan hidup. Selain itu, layar AMOLED akan membuat daya baterai lebih tahan lama daripada teknologi layar sebelumnya.

Meski begitu, layar jenis ini juga memiliki kekurangan. Misalnya saja rentan rusak bila terkena air hingga lebih susah terlihat bila Goodmates berada di luar ruangan, dan terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Kamera Super Canggih

Kualitas kamera jadi fitur unggulan Nokia Edge 2022 | Foto: NewMobileReviews.com

Istilah boba memiliki kaitan erat dengan spesifikasi kamera. Seperti halnya iPhone Pro Max 13 yang lebih dulu mendapat julukan ini, banyak orang menyorot Nokia Edge 2022 lantaran spesifikasi kamera yang ia miliki.

Nokia Edge 2022 melengkapi diri dengan tiga buah kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64 MP, kamera sekunder 16 MP, dan dua sensor 2 MP. Ada pula pengaturan kamera ganda 32 MP yang membuat Goodmates bisa mengambil foto dan video yang berkualitas tinggi.

4. Besarnya Kapasitas Baterai dan RAM

Nokia Edge 2022 punya kapasitas RAM dan baterai yang besar | Foto: Otonity

Sederet fitur yang mumpuni tentu saja harus seimbang dengan kapasitas baterai dan RAM yang besar. Tujuannya agar pengguna bisa mengoperasikan smartphone dengan lebih leluasa.

Untungnya, Nokia Edge 2020 memiliki kapasitas baterai sebesar 7400 mAH. Dengan kapasitas sebesar ini, daya baterai bisa bertahan 3–4 hari dalam penggunaan normal.

Baca juga: Simak Tanda Smartphone Kena Hack dan Cara Menghindarinya

Kemudian untuk kapasitas RAM, Nokia Edge 2022 memiliki dua versi, yaitu RAM 10GB dan 12 GB. Tentu hal itu memungkinkan Goodmates bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa keluhan lemot.

5. Harga Terjangkau

Harga Nokia Edge 2022 relatif terjangkau | Foto: Smartphonebio.com

Nokia Edge 2022 akan berjalan dengan sistem operasi Android 12. Meski belum rilis di pasaran dan masih sebatas konsep, rencananya seri ini akan berada di kisaran harga di bawah Rp10 juta.

Di Amerika Serikat, Nokia Edge 2022 akan ada di pasaran dengan harga $299 atau sekitar Rp4,3 juta. Sementara di India, smartphone ini akan rilis pada Desember 2022 dengan harga 36.290 Rupee atau sekitar Rp6,86 juta.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree

Bila kita membandingkan dengan harga iPhone 13 yang memiliki tampilan serupa,  Nokia tergolong lebih terjangkau. Pasalnya, harga iPhone 13 sendiri adalah Rp12,6 juta untuk versi mini dan mencapai Rp30 juta untuk versi Pro Max.

Dengan spesifikasi tersebut, Nokia Edge 2022 mungkin saja bisa mengembalikan kejayaan Nokia yang meredup setelah sekian lama. Apakah Goodmates tertarik untuk memilikinya setelah rilis di pasaran nanti?

Referensi: Sonora.id | Merdeka | Blog Rapikan