Numismatik, Hobi Koleksi Uang Kuno yang Unik
Ilustrasi│@numismatik_kolektor/Instagram

Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing. Orang-orang biasanya menekuni hobinya untuk mengisi waktu luang, baik itu mereka yang hobi memasak, fotografi, ataupun otomotif.

Tak jarang juga orang-orang memiliki sebuah hobi yang terkesan cukup unik dan jarang ditemui, lo! Salah satunya numismatik, yaitu hobi mengoleksi uang kuno. Selain unik, hobi ini juga tidak jarang memberikan keuntungan untuk pengkoleksinya.

Pada artikel kali ini, kita akan berkenalan lebih dekat dengan numismatik, yaitu kegiatan atau hobi mengoleksi uang-uang kuno. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Siapa tau hobi ini juga akan cocok untuk kamu.

Apa itu numismatik?

Seperti yang disinggung sebelumnya, numismatik adalah sebuah kegiatan atau hobi mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan uang. Baik itu uang kertas, uang koin, atau barang-barang bersejarah lain yang pernah digunakan untuk bertransaksi di masa lalu.

Seorang pegiat hobi numismatik ini disebut sebagai numismatis. Yang menarik dari hobi mengoleksi uang kuno ini, kita bisa mengapresiasi desain uang yang unik, sejarah dari uang kuno tersebut, serta cerita yang menempel dari uang tersebut.

Bagi seorang numismatis, mengoleksi uang kuno dapat membawa kepuasan tersendiri bagi diri mereka. Uang kuno bagaikan sebuah barang seni yang kental akan estetikanya, serta nilai historisnya yang sangat klasik.

Selain untuk barang koleksi, uang kuno juga dapat menjadi sarana edukasi sejarah yang berkaitan dengan uang tersebut di masa lampau. Misalnya uang-uang kuno zaman kolonial yang sarat akan sejarah pada zaman kolonial.

Uang Rp75 ribu yang kemarin dikeluarkan untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia, di masa depan juga akan menjadi uang kuno yang banyak dicari kolektor. Hal ini karena selain menjadi simbol untuk memperingati kemerdekaan ke-75, uang Rp75 ribu ini juga diproduksi secara terbatas.

Bisa menjadi hobi yang menghasilkan cuan

Ilustrasi│@johupatman/Instagram

Uang kuno juga bisa menjadi sarana investasi, yang mana uang-uang kuno biasanya memiliki harga jual yang cukup fantastis. Banyak uang kuno yang dihargai dengan harga jutaan hingga ratusan juta.

Meski sudah tidak berlaku dan sudah tidak bisa digunakan untuk alat transaksi yang sah, di mata kolektor uang kuno adalah barang yang sangat bernilai tinggi. Mereka rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk memiliki sebuah uang kuno yang klasik.

Dilansir dari katadata, ini adalah sejumlah pecahan uang kuno yang sangat langka dan dihargai dengan harga fantastis:

  • Uang kertas Rp500 bergambar orang utan tahun 1992
  • Uang koin Rp25 tahun 1992
  • Uang koin Rp50 tahun 1971
  • Uang koin Rp100 tahun 1978
  • Uang koin Rp1000 tahun 1993

Nah, itu dia sedikit informasi mengenai numismatik dan uang kuno, sangat menarik bukan. Coba cek di lemari nenek atau kakek kamu. Siapa tau ada uang kuno yang masih tersimpan.

Referensi: KemenkeuKatadataDetik