4 Objek Wisata Banten Kekinian yang Menarik untuk Para Pelancong
Masjid Agung menyerupai masjid Nabawi | Foto: business.site

#FutureSkillsGNFI

Banten Merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Walaupun begitu, Provinsi Banten tidak kalah dari provinsi lain terkait Wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika para pelancong mengunjungi wilayah ini. Wisatawan perlu mengetahui bahwa ada banyak objek wisata kekinian yang dapat dikunjungi saat berkunjung ke tempat yang terkenal dengan adanya suku Baduy ini.

Banten terkenal dengan keindahan alam nya karena di provinsi ini terdapat beberapa wilayah pegunungan yang sangat jauh dari kehidupan kota, sehingga wisatawan pun akan menikmati udara segar nan bersih ketika berkunjung ke wilayah tersebut. Selain itu, Provinsi Banten juga terkenal dengan budaya yang sangat melekat dengan masyarakat nya. Maka dari itu, Mari kita ulas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu singgah di banten :

1. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten | Foto: business.site

Tempat wisata hits di Banten yang pertama ada Masjid Agung Banten yang memiliki tampilan berbeda dengan Masjid pada umumnya. Wisata ini berlokasi di kec. Kasemen, Kota Serang, Banten. Masjid Agung Banten ini terkenal dengan menaranya yang seperti mercusuar. Masjid ini adalah masjid tertua yang beberapa bangunannya khas seperti kesultanan zaman dahulu

Karena banyak nya pengunjung yang datang setiap harinya, maka pada tahun 2018 dibuatlah payung seperti di Masjid Nabawi, Kota Madinah. Jadi, pengunjung yang datang tidak sekedar hanya berziarah saja, akan tetapi mereka dapat berfoto ria layaknya berada di Kota Madinah. Selain berziarah dan berfoto di bawah payung, wisatawan yang datang dapat membeli oleh-oleh khas Banten yang tersedia di pinggiran dekat pintu masuk Masjid Agung Banten ini dengan harga yang terjangkau. Pengunjung pun tidak perlu membayar uang sepesar pun untuk memasuki situs wisata realigi yang terletak di Provinsi Banten ini.

2. Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa (MBS)

Taman Mahoni Bangun Sentosa | Foto: BantenNews.co.id

Yang kedua adalah Taman Wisata Mahoni Bangun Sentosa atau jika disingkat menjadi MBS. Taman MBS ini terbilang tempat wisata terbaru di Kota Serang. Berlokasi di Kemanisan, Kota Serang, Banten yang letaknya tidak jauh dari Terminal Pakupataan Serang. Taman wisata ini menyajikan pemandangan dengan konsep bergaya Eropa.

Taman wisata MBS ini menyajikan tempat spot-spot foto yang beragam dan menarik, dimana jika pengunjung berselfie maka akan berlatar belakang pemandangan benua Eropa yag tentunya sangat indah dan menawan. Selain itu, pengunjung bisa duduk-duduk santai di beberapa saung yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Bagi wisatawan yang berkunjung dengan membawa anak kecil, maka tidak perlu risau karena mood anak-anak yang sering terlihat bad mood jika berwisata terlalu lama, karena pihak pengelola telah menyediakan permainan anak-anak seperti tempat out bond juga kolam renang yang pastinya sangat tepat untuk merekaa yang hobinya memang bermain. Adapun budget yang harus dikeluarkan untuk memasuki Taman Wisata MBS ini adalaah Rp. 25.000 per-orang.

3. Wisata Saung Biru ( Gunung Karang )

Landmark Pandeglang (Gunung Karang) | Foto: bantenraya.com

Yang ketiga adalah Wisata Saung Biru yang terletak di Desa Kaduengang, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang. Tempat ini sering dijadikan latar belakang untuk berfoto karena pemandangannya yang begitu indah. Bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, maka mereka harus berjalan terlebih dahulu sekitar setengah jam untuk sampai di tempat Wisata Saung Biru, walaupun begitu lelahnya perjalanan akan tergantikan dengan pemandangan indah nan segar dimana para pengunjung dapat melihat pepohonan yang terhampar sangat luas, perkebunan milik warga yang begitu subur, dan para pengunjung dapat melihat Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon dari atas Saung Biru. Selain itu di Wisata Sung Biru ini dapat melihat landmark bertuliskan Pandeglang dari jarak yang amat dekat sehingga dapat menjadikan tulisan ini sebagai latar untuk berfoto selfie.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang merasa sumpek dengan udara kota, karena disini terdapat angin segar yang menyejukkan yang dapat membuat fresh fikiran sejenak. Para pengunjung pun tidak perlu membayar mahal untuk melihat pemandangaan yang terhampar luas pepohonan serta perbukitan yang ada di Saung Biru ini. Mereka cukup membayar dengan harga Rp. 5.000 Rupiah saja. Jika mau menginap pun para pengunjung hanya perlu membayar Rp. 20.000 saja.

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong | Foto: Dokumentasi Pribadi

 

Tempat Wisata yang ke empat atau terakhir yang saya tulis dalam artikel ini adalah Pantai Karang Bolong. Berlokasi di Karang Bolong, Karang Suraga, Kec. Cinangka, Serang, Banten ini merupakan tempat wisata yang harus kalian kunjungi ketika berada di Banten. Harga tiket masuk pantai ini berkisar Rp. 25.000 per orang nya. Lokasi pantai ini berdampingan dengan beberapa pantai lainnya yang tidak kalah indah nya. Pantai Karang Bolong di kawasan Anyer ini memiliki banyak bebatuan yang berbentuk karangyang banyak tersebar disekitar pinggiran pantai. Karang itu terlihat sangat indah ketika ada ombak yang menghantaam nya sehingga terciptalah cipratan-cipratan kecil yang sangat sayang jika tidak diabadikan. Pantai yang banyak karang ini sangat sayang jika tidak dikunjungi karena keunikan dan keindahannya. Salah satu keunikannya adalah gardu pandang untuk menikmati pemandangan sekitar pantai yang indah atau hanya sekedar ingin melihat matahari terbenam.

Gardu Pandang

Gardu Pandang | Foto: Seringbaca.com

Referensi: tribun news |  kompas.com | idn times banten