Selain Nasi Goreng, Ini Dia Olahan Lain Nasi Sisa Kemarin
Nasi I Foto: Unsplash

#FutureSkillGNFI

Goodmates sudah tidak asing dengan istilah nasi. Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang berasal dari beras. Rasanya belum kenyang atau masih ada yang kurang kalau belum makan nasi. Kalimat “Kamu belum makan kalau belum makan nasi”, kira-kira seperti itu gambaran kecintaan masyarakat Indonesia terhadap nasi.

Tapi diantara Goodmates, pasti ada yang pernah kelebihan saat memasak nasi sehingga tak habis dimakan. Akhirnya terbuang sia-sia karena jarang ada yang mau makan nasi sisa kemarin. Tekstur yang keras dan rasanya sudah tak seenak nasi yang hangat.

Pembuangan nasi tersebut bisa disebut food waste. Apa itu food waste? Food waste merupakan makanan yang siap dikonsumsi oleh manusia namun dibuang begitu saja dan akhirnya menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Food waste yang menumpuk bisa membuat bumi sakit karena menghasilkan gas metana dan karbondioksida. Gas-gas tersebut bisa merusak lapisan ozon. Lapisan ozon berfungsi menjaga kestabilan suhu di bumi. Jika kestabilan suhu terganggu, maka terjadi pemanasan global dan kenaikan permukaan air laut akibat mencairnya es di bumi.

Ilustrasi I Foto: Unsplash

Selain makanan yang overload, penyebab food waste lainnya yaitu, membeli atau memasak makanan yang tidak disukai serta gaya hidup atau gengsi menghabiskan makanan di depan orang ramai. Jangan sampai Goodmates melakukan food waste ya!

Sebenarnya ada beberapa cara mengolah nasi sisa kemarin menjadi lebih nikmat. Goodmates sudah tidak asing bila mengolahnya menjadi nasi goreng. Akan tetapi kali ini, akan direkomendasikan satu menu olahan nasi yang lebih tahan lama, yaitu kerupuk. Kerupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dengan dicampur bahan perasa seperti udang atau ikan. Kerupuk dibuat dengan mengukus atau merebus adonan sebelum dipotong tipis-tipis, lalu dikeringan di bawah sinar matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Biasanya jadi pelengkap untuk berbagai makanan seperti soto atau rawon.

Ilustrasi I Foto: Pixabay

Langsung saja, dilansir dari channel YouTube Nha Ahmad dengan judul video “Cara Mudah Membuat Kerupuk dari Nasi Sisa.” Berikut merupakan bahan dan cara membuatnya.

Kanal YouTube Nha Ahmad I Foto: Nha Ahmad/YouTube

Bahan :

  • Nasi sisa kemarin 400 gram
  • Tepung tapioka 500 gram
  • Air secukupnya
  • Bawang putih 5 siung
  • Garam halus 1 sdt
  • Ketumbar halus ½ sdt
  • Kaldu ayam 1 sdt

Cara Membuat :

  1. Rendam nasi menggunakan air panas selama 1 jam.
  2. Saring nasi, masukkan kedalam blender bersama bumbu-bumbu. Blender atau ulek sampai halus.
  3. Pindahakan adonan ke baskom, masukkan tepung tapioka, aduk hingga rata.
  4. Tutup baskom, diamkan selama 1 jam di suhu ruangan.
  5. Setelah 1 jam, bentuk adonan menjadi lenjer atau sesuai selera.
  6. Rebus air dan beri sedikit minyak, jika sudah mendidih, masukan adonan. Masak sekitar 20 menit. Angkat dan saring.
  7. Biarkan dingin dalam suhu ruang, lalu masukkan ke kulkas selama 1 malam.
  8. Setelah semalaman, iris tipis adonan, lalu keringkan di bawah sinar matahari.
  9. Setelah kering, goreng kerupuk menggunakan minyak yang banyak.
  10. Sajikan

Nah, itu dia resep olahan nasi sisa kemarin. Mudah bukan? Cocok banget buat teman makan Goodmates. Selain rasanya enak, Goodmates bisa menjaga ekosistem karena tidak lagi membuang makanan. Kira-kira selain nasi goreng dan kerupuk, menurut Goodmates apalagi ya olahan nasi sisa kemarin?

Referensi: YouTube I Kompas I Alodokter I Briliofood I Idntimes I Zerowaste I Kaskus

 

do what you love, love what you do <3