Jenis Olahraga Ringan yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berpuasa
Ilustrasi berolahraga saat puasa | Foto: Jannes Glas/Unsplash

Menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan tidak semestinya menjadi pengecualian bagi seseorang untuk tetap berolahraga. Kamu tetap harus menjalankan olahraga setidaknya yang bersifat ringan.

Aktivitas ini sangatlah penting demi terwujudnya pribadi yang sehat dan bugar selama berpuasa. Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari, melakukan beberapa gerakan ringan sesudah sahur atau sebelum berbuka puasa mampu menjaga dan menyeimbangkan kesehatan tubuh.

Maka dari itu, kali ini GoodSide sudah merangkum berbagai jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan ketika sedang berpuasa.

1. Yoga

Yoga | Foto: Dylan Gillis/Unsplash

Selama Ramadan, jenis olahraga satu ini cocok kamu lakukan dengan intensitas yang ringan. Kamu dapat melatih yoga secara santai selama 30 menit di sore hari sebagai agenda seru sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Tidak cuma mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga bisa mempercepat detoksifikasi di dalam tubuh. Kegiatannya yang fokus terhadap pelatihan pernapasan akan mempermudah masuknya suplai oksigen ke dalam otak, membantu kamu untuk merasa tenang dan nyaman selama berpuasa.

Baca juga: Resep Makanan Tanpa Minyak, Bisa jadi Menu Sahur dan Berbuka Puasa

2. Jalan Santai

Ilustrasi jalan santai | Foto: Frank Busch/Unsplash

Mau tetap sehat selama berpuasa tanpa mengeluarkan banyak tenaga? Jalan santai adalah jawabannya. Walaupun sekilas bukan terlihat seperti sebuah olahraga, kegiatan ini bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Melakukan jalan santai selama 20 sampai 30 menit setiap hari mampu menjaga kesehatan jantung, tulang, serta otot tanpa mesti berkeringat terlalu banyak.

Kamu bebas memilih waktu favoritmu untuk melakukan jalan santai. Boleh di pagi hari sewaktu udara masih terasa segar, bisa pula di sore hari sambil ngabuburit berburu takjil untuk buka puasa.

3. Bersepeda

Bersepeda | Foto: Markus Spiske/Unsplash

Apakah kamu adalah pencinta gowes alias bersepeda? Aktivitas semacam ini memang sempat menjadi tren apalagi sejak pandemi COVID-19 melanda. Bahkan saat Ramadan, bersepeda menjadi pilihan olahraga ringan untuk kamu lakukan. 

Cobalah bersepeda kurang lebih selama 45 menit pada pagi atau sore hari, baik dengan sepeda statis maupun dinamis. Tujuannya sudah jelas untuk tetap menjaga ketahanan tubuh, menyehatkan jantung, serta mengencangkan otot paha sekaligus kaki.

Baca juga: Kiat Fokus Belajar dan Produktif Meski Sedang Berpuasa

4. Jogging

Jogging | Foto: Alex McCarthy/Unsplash

Olahraga yang satu ini sebetulnya mirip dengan jalan santai, hanya saja mempunyai ritme yang sedikit lebih cepat semacam lari kecil.

Kamu bisa melakukan jogging beberapa jam sehabis sahur di pagi hari atau menjelang waktu berbuka di sore hari. Pastikan intensitasnya masih tergolong ringan misalnya 20--30 menit saja demi mencegah timbulnya dehidrasi berlebihan.

Mengutip dari Medlife, ada sederet manfaat yang akan kamu peroleh dengan olahraga jogging. Mulai dari melancarkan pernapasan, mengurangi tingkat stres, sampai meningkatkan imunitas tubuh.

5. Sit Up dan Push Up

Push up | Foto: Fortune Viera/Unsplash

Kedua jenis olahraga berintensitas rendah ini cocok kamu lakukan selama menjalani bulan Ramadan. Tentunya, kamu mesti menyesuaikan energimu dengan setiap gerakannya. Tidak perlu terlalu lama, cukup 20--30 kali saja setiap harinya.

Sit up sendiri mempunyai sejumlah manfaat, seperti melatih otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, dan menjaga postur tubuh. Sementara itu, push up dapat memperkuat otot bahu, meningkatkan stabilitas tubuh, serta memelihara kesehatan jantung.

Baca juga: Persiapan Menjelang Puasa, Ketahui Cara Sahur yang Baik dan Benar

6. Senam

Senam | Foto: Danielle Cerullo/Unsplash

Olahraga yang satu ini mungkin identik dengan orang tua atau yang sudah berumur. Namun, kamu yang masih muda tidak ada salahnya melakukan senam.

Senam relatif tidak akan menguras banyak tenaga ketimbang jenis olahraga lainnya. Bahkan, senam sangat bagus untuk menjaga kelenturan tubuh sehingga kamu pun tidak mudah sakit pinggang selama bekerja.

Waktu pelaksanaannya sendiri terbilang fleksibel, baik di pagi hari atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

7. Pilates

Pilates | Foto: Bruce Mars/Unsplash

Mirip dengan yoga, pilates termasuk bentuk olahraga ringan yang tidak akan meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh secara signifikan sehingga tubuh pun tidak cepat mengalami kelelahan.

Kamu ingin memperbaiki postur tubuh sekaligus meningkatkan fleksibilitasnya? Lakukanlah latihan ini secara rutin. Satu jam melakukan pilates sama dengan membakar hingga 200 kalori dalam tubuh.

Itulah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadan. Jangan jadikan puasa sebagai alasanmu untuk menghindari rutinitas berolahraga, ya. Selamat berpuasa dan melakukan olahraga, Goodmates!

Referensi: SehatQ | Glints | Halodoc