Sederet Tim Paduan Suara Kampus Indonesia yang Pernah Juara Internasional
Paduan Suara Unhas Juara Internasional | Foto: Universitas Hasanuddin

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang paling populer di Indonesia. Selain tampil untuk mengisi acara kampus, ada banyak tim PSM Indonesia yang berkompetisi dari tingkat kampus, nasional, hingga internasional.

Untuk Goodmates yang ingin mengembangkan bakatnya di dunia tarik suara, bergabung dengan tim PSM adalah jawaban yang tepat. Barangkali dengan bergabungnya di PSM, kamu pun bisa berkontribusi untuk mengikuti lomba di tingkat internasional.

Kira-kira, PSM kampus mana saja yang pernah juara internasional? Berikut GoodSide rangkum selengkapnya untuk Goodmates.

1. PSM Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Inisiasi dari Drs. Kresnayana Yahya dan mahasiswa ITS, PSM ITS hadir sejak 1975. Sepanjang perjalanannya, PSM ITS sudah meraih prestasi mulai dari tingkat kota hingga internasional. PSM ITS juga pernah menggelar konser bersama Twilite Orchestra dan Twilite Chorus di bawah naungan Adie MS sebagai conductor.

Baca juga: Forest Bathing, Cara Ampuh Hilangkan Stres

Pada Juli 2019, PSM ITS mengharumkan nama Indonesia di ajang The 3rd Leonardo da Vinci International Choral Festival di Firenze, Italia. PSM ITS meraih Juara 1 kategori Sacred Music, juara 1 kategori Youth & University Choirs, Best Male Soloist, Best Female Soloist, serta Best Choreography.

Pandemi pun tak menyurutkan semangat PSM ITS untuk berkompetisi. Baru-baru ini, PSM ITS meraih juara II kategori Mix Youth Choir pada kompetisi Jean Sibelius Festival Choral Competition (JSFCC) 2021 yang ada di Finlandia. Lomba hadir secara daring berbentuk live recording.

2. PSM Paragita Universitas Indonesia

Universitas Indonesia juga memiliki tim paduan suara mahasiswa yang tidak kalah keren, yakni PSM Paragita. Terbentuk sejak 1983, PSM Paragita aktif berprestasi di perlombaan internasional, menggelar konser tahunan dan angkatan, serta berkolaborasi bersama tim paduan suara dari luar.

PSM Paragita pernah menggelar konser budaya di Roma, Italia, berkolaborasi dengan Radcliffe Choral Society dari Harvard University, Amerika Serikat. Beberapa prestasi yang PSM Paragita raih, seperti juara 2 dan 3 di dua kategori pada lomba 62nd Guido D’Arezzo International Polyphonic Competition di Arezzo, Italia 2015.

Baca juga: Mengenal 3 Komunitas Perempuan Indonesia yang Aktif Isu Pemberdayaan

Selain itu, PSM Paragita juga pernah meraih posisi runner-up pada kategori Mixed Choir dan second runner-up pada kategori Folksong pada 35 Festival International Música de Cantonigros 2017 di Vic, Catalonia, Spanyol.

3. PSM Universitas Padjajaran (Unpad)

Hadir sebagai UKM terbesar dan terbaik di Unpad, PSM yang satu ini telah berdiri sejak 1978. Dalam eksistensinya di dunia paduan suara, PSM Unpad sering terlibat dalam gelaran acara kenegaraan, kolaborasi bersama tim paduan suara, serta menjuarai berbagai perlombaan.

Adapun prestasi dari PSM Unpad ialah pernah tampil dalam acara Pengesahan Piagam ASEAN di Sekretariat ASEAN 2008, berkolaborasi bersama Runfunchor Berlin dalam merayakan hubungan diplomatic Jerman-Indonesia 2015, dan menggelar konser bersama Twilite Orchestra 2007.

Selain itu, prestasi yang pernah mereka raih mulai dari Juara 1 Folk Song kategori dan Runner up di Choral Works category pada 54th International Competition of Choral Singing 2017, serta Spittal an der Drau, Austria tahun 2017.

Mereka juga pernah menjadi juara umum di perlombaan 48th Montreux Choral Festival, Montreux, Swiss, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Dopamine Detox, Puasa Hiburan Agar Lebih Bahagia

4. PSM Universitas Hasanuddin (Unhas)

Universitas yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan ini juga tidak ketinggalan untuk ‘unjuk gigi’ di kancah internasional. Tidak kalah lama dengan PSM lainnya, PSM Unhas sudah berdiri sejak 1978.

PSM Unhas pernah terpilih untuk tampil di konser Masan Art Centre WCC Gyeongnam Korea Selatan, dan mendapat undangan untuk tampil di konser Okayama, Jepang pada 2015 dan 2016.

Adapun kejuaraan yang PSM Unhas pernah raih, seperti meraih Gold Diploma Level 1 kategori D (Popular, Folk, Spiritual/Gospel) pada Rimini International Choral Competition 2021.

Selain itu, mereka juga pernah mendapatkan juara 1 kategori C27 Scenic Folklore pada ajang World Choir Game Tshwane di Afrika Selatan 2018. Kini, PSM Unhas sedang melakukan persiapan untuk berpartisipasi di kompetisi paling bergengsi, yaitu The 12th World Choir Games di Korea Selatan untuk Juli 2022 mendatang.

Itulah empat tim paduan suara kampus di Indonesia yang pernah menjuarai perlombaan pada tingkat nasional hingga internasional. Tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri ketika anak bangsa mampu mengharumkan nama Indonesia.

Referensi: PSM ITS | BEM UI | Unpad Choir | GNFI | Unhas