Panduan Cari Kos-Kosan Nyaman untuk Mahasiswa di Perantauan
Ilustrasi gedung indekos | Foto: Simply Homy

Bagi Goodmates yang merupakan mahasiswa baru dan berkuliah di kampus yang jauh dari rumah, mencari indekos atau kos-kosan adalah to-do-list teratas yang harus dilakukan. Apalagi akhir-akhir ini mulai banyak kampus yang kembali membuka perkuliahan tatap muka.

Memilih indekos sendiri ternyata merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Terutama bagi mahasiswa yang baru pertama kali merantau. Namun, tenang! Di artikel ini GoodSite akan memberi sebuah panduan awal untuk mencari kos idaman.

Berikut GoodSide rangkum panduan mencari kos-kosan untuk kamu, para mahasiswa yang akan tinggal diperantauan. Eits, jangan lupa mulai dipersiapkan mulai dari sekarang, ya. Supaya nantinya kamu tidak kewalahan mencari kosan yang cocok.

1. Tentukan budget 

Merencanakan alokasi budget | Foto: Karolina Gabowska/Pexels

Merencanakan budget maksimum yang akan Goodmates alokasikan untuk sebuah indekos adalah hal pertama yang harus dilakukan. Sesuaikan budget dengan kondisi keuangan jangka panjang sehingga Goodmates tidak akan kesulitan untuk membayar di kemudian hari.

Setelah itu, carilah informasi mengenai biaya hidup di kota tempat kampus Goodmates berada. Semakin terjangkau biaya hidup di kota tersebut, semakin terjangkau pula harga sewa indekosnya.

2. Pertimbangkan jarak antara kos dan kampus

Salah satu gedung kampus di Indonesia | Foto: uii.ac.id

Harga sewa indekos juga bergantung pada jarak antara kos dengan kampus. Indekos dekat kampus biasanya memiliki harga bersaing. Hal yang harus Goodmates perhatikan adalah transportasi yang akan Goodmates gunakan selama berkuliah nanti.

Bila Goodmates mampu menyewa motor di kota tersebut (dan harus sudah memiliki SIM tentunya), menyewa indekos yang sedikit jauh dari kampus dengan harga relatif murah tentu tidak menjadi masalah.

Namun, kalau sekiranya Goodmates harus mengandalkan transportasi umum, usahakan untuk mencari kos yang dekat dengan kampus agar tidak menyulitkan Goodmates nantinya.

3. Kenali 3 pilihan untuk mencari kos

Kos-kosan | Foto: 99.co

Bila sudah memutuskan budget maksimum yang mampu dikeluarkan dan lokasi indekos, Goodmates bisa mulai berburu indekos yang diinginkan. Setidaknya ada 3 opsi yang bisa dilakukan, yaitu mencari secara online di situs layanan indekos, meminta bantuan teman yang ada di kota tersebut, atau menyempatkan waktu untuk datang dan mencari sendiri secara langsung.

Tentu semua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mencari secara online jauh lebih mudah dan hemat biaya, tetapi Goodmates tidak bisa leluasa mengetahui semua kamar indekos yang tersedia. Begitu juga dengan meminta bantuan teman yang mungkin tidak bisa maksimal dalam melakukan pencarian.

Sementara itu, Goodmates akan lebih leluasa untuk mencari indekos bila datang mencari secara langsung. Namun, hal ini memakan banyak biaya, waktu, dan juga tenaga.

4. Perhatikan kebersihan dan fasilitas

Ilustrasi kamar | Foto: cottonbud/Pexels

Beranjak dari masalah budget dan jarak, hal lain yang harus diperhatikan sebelum menyewa sebuah indekos adalah kebersihan dan fasilitas yang disediakan oleh tempat tersebut. Ingatlah bahwa Goodmates akan tinggal dalam waktu yang lama di tempat itu sehingga kebersihan lingkungan harus jadi perhatian.

Kebersihan bisa dilihat dari kondisi kelembaban kamar, dapur bersama (jika ada), dan kamar mandi. Bila Goodmates tidak betah dengan rasa sumpek, pastikan juga indekos yang akan disewa terkena sinar matahari yang cukup.

Kemudian, pastikan fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan, seperti wi-fi, kipas angin atau AC, kamar mandi (dalam atau luar), tempat menjemur baju, hingga tempat parkir.

Diskusikan juga masalah tambahan biaya dengan pemilik indekos. Biasanya, beberapa biaya kos bulanan sudah termasuk biaya listrik, namun pemilik akan memberlakukan biaya tambahan jika Goodmates membawa barang elektronik yang membutuhkan arus cukup besar seperti kulkas mini dan TV

Itulah panduan singkat dan padat tentang mencari indekos untuk mahasiswa yang baru pertama kali merantau. Semoga artikel ini dapat membantu Goodmates, selamat berburu kos-kosan!