Para Pencari Vektor Gratis, Mari Merapat!
Desain Vektor Menarik © Unsplash

Pada masa pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan untuk keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa seperti bersekolah atau bekerja, kita harus beradaptasi dengan kondisi yang serba dalam jaringan. Salah satu hal yang sering kita lakukan di masa seperti ini adalah mendesain, baik untuk keperluan presentasi tugas, membuat poster, atau keperluan lainnya.

Unsur penting yang membuat desainmu menarik adalah penggunaan vektor. Dikutip dari Glints, vektor adalah hasil karya grafis atau gambar digital yang terdiri dari titik dan garis dengan posisi tertentu yang terkoneksi satu sama lain. Titik dan garis yang terkoneksi tersebut akan membentuk sebuah gambar digital. Gambar digital itulah yang dinamakan vektor.

Vektor memiliki resolusi yang independen sehingga akan memudahkan ketika mendesain, karena bebas untuk diperbesar atau diperkecil ukurannya. Meski diperbesar, vektor tidak akan kehilangan kualitasnya, sehingga kamu bebas melakukan apapun.

Hal ini membuat vektor sangat cocok sebagai desain produk, karena bisa berfokus pada hal-hal kecil dan detail sekalipun. Sama seperti versi digitalnya yang berkualitas baik, vektor juga tetap cantik apabila dicetak. Vektor dapat kamu buat sendiri melalui perangkat lunak Adobe Illustrator ataupun Corel Draw, untuk membuat vektor yang sesuai dengan personalisasi dirimu.

Terlepas dari itu, kamu juga dapat mencari sumber vektor gratis di internet tanpa harus menggambarnya sendiri, loh! Terdapat beberapa kanal penyedia vektor gratis yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik presentasi, poster, dan tugas-tugasmu. Berikut terdapat beberapa kanal penyedia vektor gratis bertemakan kartun manusia yang dapat kamu gunakan.

Freepik

Ilustrasi © Freepik
Ilustrasi © Freepik

Freepik merupakan kanal vektor yang paling umum, dan tentunya gratis. Berbagai format gambar di luar vektor juga dapat kamu temukan di sini. Tidak spesifik pada satu tipe gambar, di Freepik kamu bisa menemukan foto, vektor dengan latar, ataupun tanpa latar. Vektor 2D ataupun 3D juga tersedia di sini.

Humaaans

Ilustrasi © Humaaans
Ilustrasi © Humaaans

Mencari vektor kartun manusia tanpa wajah yang unik dan dua dimensi? Segera ‘beli’ di Humaaans! Meskipun lamannya tertulis berbayar, tetapi kalau kamu menuliskan ‘0’ sebagai total pembayarannya, kamu bisa mengakses vektor-vektor ini secara gratis dengan berbagai format, sesuai dengan perangkat atau aplikasi apapun yang sedang kamu gunakan untuk desainmu.

Avataaars

Ilustrasi © Avataaars
Ilustrasi © Avataaars

Avataaars menyediakan vektor kartun manusia yang berfokus pada wajah dan ekspresinya. Berbagai macam jenis avatar tersedia, dan kamu bisa mengunduhnya dengan menuliskan ‘0’ di kolom biaya untuk mendapatkan banyak desain.

Open Peeps

Ilustrasi © Open Peeps
Ilustrasi © Open Peeps

Sama seperti kanal sebelumnya, Open Peeps menyediakan vektor kartun manusia dengan figur yang lebih formal dan elemen wajah yang jelas dengan bentuk dua dimensi. Kamu bisa memilih untuk mengunduhnya dalam hitam putih atau berwarna. Jangan lupa untuk menuliskan ‘0’ di kolom biaya karena kamu bisa langsung mengunduhnya dengan gratis.

Control Illustration

Ilustrasi © Control Illustration
Ilustrasi © Control Illustration

Vektor yang disediakan oleh Control Illustration adalah vektor kartun manusia yang lebih unik dan berwarna-warni. Apabila kamu ingin menonjolkan vektor manusia dengan kegiatannya seperti mendengarkan musik, bersepeda, dengan presentasi yang menyenangkan, maka kamu bisa mengunjungi laman ini.

Dengan menggunakan vektor-vektor yang telah tersedia melalui kanal di atas, tentunya kegiatan desainmu menjadi lebih mudah. Tidak perlu mengedit gambar lengkap atau memindahkannya satu per satu, cukup pilih bagian yang ingin diedit karena penempatan vektor tidak berpengaruh pada latar desain yang telah kamu buat juga sebelumnya.

Terakhir, ukuran file dari file vektor terhitung kecil. Untuk kamu yang kerap menghadapi kendala saat mengunggah atau mengunduh gambar ketika tengah melaksanakan proses desain, maka penggunaan vektor dapat menjadi solusi untukmu. Hal ini dikarenakan, meskipun kualitas vektor yang bagus dan berkualitas tanpa pecah ketika diperbesar, vektor memiliki ukuran file yang kecil.

Vektor atau gambar digital ini memiliki peran yang sangat penting dalam desain yang kamu buat. Hal pertama yang diperhatikan audiens desainmu adalah gambar, karena pusat keindahan dan instrumen pesan yang paling efektif terletak di sana. Selain itu, proses desain akan jauh lebih menyenangkan dengan elemen-elemen seperti vektor yang cantik dan memuaskan mata, bukan?

Referensi: Glints | Amikom