Pecinta Kucing Merapat! Ini Komunitas Street Feeding di Indonesia yang Bisa Kamu Ikuti
Ilustrasi street feeding terhadap kucing jalanan. | Sumber: Am/Unsplash

Bulunya yang halus dan hangat, suaranya yang lucu juga menggemaskan, paw-nya yang tak kalah imut, serta suara mengeongnya yang menarik perhatian.

Apakah Kawan juga pecinta kucing? Hewan berkaki empat satu ini juga sering dijuluki sebagai anabul atau anak bulu. Faktanya, di Indonesia kucing memang menjadi hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara lo. Dikutip dari data oleh Lokadata, berdasarkan survei oleh Rakuten Insight Proprietary Panels pada Januari 2021 lalu, sebanyak 47 persen responden di Indonesia memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Apakah Kawan salah satunya?

Meski begitu, mungkin Kawan pernah menyadarinya saat sedang berjalan di luar rumah, di luar sana masih banyak kucing yang belum memiliki pemilik dan rumah atau disebut juga sebagai kucing jalanan. Berbeda dengan kucing yang dipelihara, kucing-kucing ini perlu mencari sendiri makanan dan minumannya. Dari kondisi ini hadirlah gerakan street feeding, yaitu kegiatan memberikan makanan hewan kepada hewan-hewan yang berada di jalanan.

Apabila Kawan seorang pecinta kucing dan tertarik berkontribusi pada kegiatan street feeding, berikut beberapa komunitas yang mengadakan kegiatan street feeding yang dapat Kawan ikuti.

Berbagi makanan kucing di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Gerakan street feeding di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. | Sumber: Instagram/streetfeeding.yk
Gerakan street feeding di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. | Sumber: Instagram/streetfeeding.yk

Bermula dari keresahan pribadi melihat kucing jalanan yang kelaparan, Faiz Muflih selaku inisiator dari gerakan street feeding dengan nama akun Instagram @streetfeeding.yk ini kemudian berinisiatif membagikan makanan kucing bersama teman-temannya di Yogyakarta.

Kegiatan ini diadakan setiap hari Jumat dan berlokasi di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta. Makanan kucing yang telah dibagi ke dalam botol-botol, kemudian dibagikan kepada masyarakat yang sedang berkunjung atau berdagang di Alun-Alun Kidul, untuk sama-sama mengajak masyarakat turut melakukan street feeding ke kucing-kucing di sekitar sana.

Berawal dari dana pribadi, setelah melihat besarnya antusias masyarakat terhadap gerakan street feeding ini, Faiz bersama teman-temannya juga membuka donasi lo untuk teman-teman yang ingin turut serta memberi makan pada anabul-anabul yang menggemaskan. Dikutip dari Berita Baik ID, Faiz Muflih dan teman-temannya memperbolehkan bagi siapa saja yang ingin mengikuti gerakan ini, Kawan yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya tinggal berkunjung saja ke Alun-Alun.

Berbagi Makanan Kucing, dari Yogya ke Surabaya

Street Feeding Surabaya membagikan makanan kucing menggunakan botol-botol yang dapat diisi ulang. | Sumber: Instagram/streetfeeding.sby
Street Feeding Surabaya membagikan makanan kucing menggunakan botol-botol yang dapat diisi ulang. | Sumber: Instagram/streetfeeding.sby

Bermula dari gerakan yang dilakukan oleh Street Feeding Yogyakarta, akun Instagram dengan nama @streetfeeding.sby ini juga terinspirasi ingin menyebarluaskan gerakan street feeding di kota lain, tepatnya di sekitaran daerah Kota Surabaya.

Pemuda asli Surabaya yang akrab disapa Novkur, merupakan koordinator dari kegiatan street feeding Surabaya ini. Berawal bersama kedua temannya kemudian bertambah hingga 10 orang sukarelawan. Seiring berjalannya waktu, masyarakat juga menunjukan antusiasnya terhadap gerakan street feeding.

Kegiatan street feeding pertama kali dilakukan pada awal tahun ini tepatnya 18 Mei 2021 di Taman Apsari. Street Feeding Surabaya memiliki konsep yang tak jauh berbeda dengan Street Feeding Yogyakarta. Sama-sama menggunakan botol-botol yang telah diisi dengan makanan kucing dan dibagikan gratis kepada para masyarakat di sekitar yang ingin turut serta melakukan street feeding.

Melalui akun Instagram @streetfeeding.sby, Novkur berpesan botol-botol ini dapat digunakan kembali, masyarakat juga diperbolehkan membawa botol sendiri dan digunakan untuk isi ulang makanan kucing sehingga dapat mengurangi sampah plastik. Untuk Kawan yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, apabila ingin bersama-sama melakukan street feeding dengan Street Feeding Surabaya, dapat memantau informasi lanjutan melalui akun Instagram mereka ya!

Berbagi cinta melalui sebotol makanan kucing

Makanan kucing yang dibagikan ke dalam botol-botol ini dapat diambil secara gratis bagi masyarakat yang tertarik melakukan street feeding. | Sumber: Instagram/sebotolcinta_cmh
Makanan kucing yang dibagikan ke dalam botol-botol ini dapat diambil secara gratis bagi masyarakat yang tertarik melakukan street feeding. | Sumber: Instagram/sebotolcinta_cmh

Untuk Kawan yang berlokasi di sekitar Kota Bandung dan Kota Cimahi juga sekitarnya, dapat mengikuti gerakan street feeding yang diadakan oleh Sebotol Cinta Cimahi. Berdiri sejak 23 Mei 2021, komunitas ini sering mengadakan street feeding di Alun-Alun Bandung dan Alun-Alun Cimahi.

Tidak berbeda jauh, Sebotol Cinta Cimahi juga menggunakan botol-botol yang diisi makanan kucing dan memberikannya gratis kepada pengunjung alun-alun yang ingin mengikuti kegiatan street feeding. Sebotol Cinta Cimahi juga membuka donasi lo bagi Kawan yang ingin mendonasikan sejumlah dry food atau uang untuk kegiatan street feeding. Tertarik mencoba? Agenda kegiatannya dapat dipantau melalui akun Instagram @sebotolcinta_cmh

Nah, Kawan juga dapat melakukan street feeding secara mandiri lo! Bermodalkan makanan kucing baik jenis dry food maupun wet food, Kawan dapat membawanya menggunakan wadah atau botol kemudian berjalan-jalan di tempat umum untuk menemukan kucing-kucing jalanan.

Tapi, jangan lupa perhatikan kebersihan ya! Jangan sampai memberi makanan terlalu banyak hingga berserakan dan menjadi sampah. Beri makan secukupnya dan letakkanlah di lokasi-lokasi yang tidak banyak dilewati orang. Kawan juga dapat memberi makan dengan wadah agar tidak berantakan. Yuk, kita mencoba street feeding juga!

Referensi: Instagram @streetfeeding.sby | Instagram @streetfeeding.yk | Instagram @sebotolcinta_cmh | Berita Baik ID | Lokadata | Kumparan