Lebih Produktif, Pekerja Bisa jadi Pebisnis di Bulan Ramadan
Ilustrasi bisnis | Foto: Amina Filkins/Pexels.com

Tak hanya menjadi momen penuh berkah dan menjanjikan banyak ladang pahala, bulan Ramadan rupanya juga membuka peluang. Hal tersebut terbuka bagi para pekerja untuk bisa mendapatkan keuntungan besar melalui bisnis dadakan selama bulan puasa.

Namun, untuk memulai bisnis, perlu kreativitas dan kecermatan dalam melihat peluang yang bisa kita mulai dari lingkungan sekitar. Namun, tidak hanya itu saja Goodmates, niat dan ketekunan juga menjadi modal penting dalam melakukan sebuah usaha.

Nah, kamu masih bingung apa saja bisnis yang bisa kamu jalankan? Berikut beberapa ide bisnis dadakan yang bisa kamu mulai dan tentunya mendatangkan pundi-pundi tambahan bagi Goodmates.

1. Usaha Takjil dan Katering Makanan

Aneka takjil | Foto: Suara.com/Firsta Nodia

Suasana menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit menjadi suatu tradisi yang tak terpisahkan dari bulan Ramadan. Kurang lengkap rasanya kalau ngabuburit tanpa membeli makanan pembuka saat berbuka puasa atau takjil.

Bisnis aneka macam takjil dan minuman segar ternyata lumayan menjanjikan, lo. Selain tak membutuhkan modal yang banyak, berjualan takjil juga berpeluang mendapat keuntungan besar. Jika takjil yang kamu buat rasanya enak dan harganya affordable, pasti penjualan akan selalu tinggi karena banyaknya peminat.

Baca juga: Fenomena Resign di Momen Lebaran, Apa Penyebabnya?

Tidak hanyaa berjualan takjil, bisnis katering makanan juga menjadi peluang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi jika tinggal di sekitar kost-kostan dan apartement.

Tidak semua orang punya waktu untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka puasa. Menjual makanan matang, apalagi lengkap dengan jasa antar makanan, menjadi nilai plus bagi mereka yang mager keluar rumah. Ingat, usaha kuliner tak akan pernah sepi peminat, lo, Goodmates.

2. Bisnis Parcel dan Kue Kering

Aneka parcel | Foto: Shutterstock

Parcel dan hampers kerap hadir jelang Hari Raya Lebaran. Banyak orang yang menjadikan parcel dan hampers sebagai bingkisan istimewa bagi keluarga, teman, ataupun rekan kerja.

Untuk kamu yang punya kreativitas tinggi, usaha parcel ini bisa jadi peluang emas untuk berbisnis. Menjelang lebaran, akan banyak yang mencari parcel dengan tema kreatif dan unik.

Semakin unik dan menarik parcel yang diberikan, bisa sekaligus menjadi sebuah tanda kasih sayang dan perhatian yang lebih terhadap orang-orang terdekatmu.

Selain parcel, momen lebaran kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran kue kering, seperti nastar, kastengel, ataupun putri salju, yang menjadi menu wajib saat Lebaran. Ini bisa jadi peluang cuan buat kamu yang punya keahlian jago masak, khususnya membuat kue-kue kering.

Baca juga: Tingkatkan Iman, Ini Buku Nonfiksi untuk Anak Muda

3. Jasa Penukaran Uang Pecahan Kecil

Pecahan uang rupiah | Foto: IDX

Ada lagi nih ide bisnis menarik yang jangan sampai terlewatkan karena banyak peminatnya. Apalagi kalau bukan jasa penukaran uang pecahan kecil.

Biasanya, uang baru dengan pecahan nominal kecil banyak diburu para pemberi saweran. Uang yang sudah kamu tukar tersebut, nantinya akan kamu bagikan kepada anak-anak saat Hari Raya Idulfitri.

Sebenarnya, pemerintah selalu mengadakan fasilitas penukaran uang di Bank Indonesia atau bank swasta. Namun, alih-alih harus mengantre saat menukar uang dan tak bisa mendapat penukaran dengan jumlah banyak, tak sedikit peminat yang mencari jasa penukaran uang pecahan kecil.

Hak ini bisa menjadi peluang baru untuk kamu, Goodmates. Kamu bisa membuka jasa penukaran uang pecahan kecil untuk orang-orang di sekitar kamu.

Baca juga: Strategi Jitu Sukses Turunkan Berat Badan Selama Bulan Puasa

4. Rental Mobil

Rental mobil | Foto: Pexels

Jasa penyedia rental mobil bisa menjadi ide bisnis yang jarang terlirik, tapi punya keuntungan yang tak kalah menjanjikan. Libur Lebaran yang kerap jadi kesempatan untuk mudik bertemu dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman, membuat banyak orang mencari jasa rental mobil, terutama mereka yang tidak memiliki kendaraan roda empat.

Namun perlu kamu ingat, jasa penyedia rental mobil ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan sistem peminjaman yang jelas. Minimal kamu punya satu mobil pribadi yang bisa jadi pinjaman dan memiliki tim legal yang bisa kamu andalkan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan hukum di kemudian hari.

Nah, itu tadi ide bisnis dadakan di bulan Ramadan yang bisa menginspirasi kamu untuk mulai menjalani mencari cuan. Siapa tau ini bisa menjadi jalan pembuka untuk kamu mendapat cuan berlimpah. Tunggu apalagi, segera realisasikan bisnis ini.

Referensi: Cermati | Sindonews

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.