Pemanfaatan Aplikasi Smart Campus Era New Normal
Smart campus icon | Foto: smart campus

#FutureSkillsGNFI

Masalah penyebaran COVID-19 masih menjadi upaya pemerintah untuk mengatasinya. Pada masa inimasyarakat mulai mengikuti penerapan new normal dan mencoba beradaptasi dengan sebaik mungkin, walaupun ada beberapa yang masih telat untuk dapat diadaptasi dengan mudah/ Pandemi Covid-19 secara tidak langsung mempengaruhi hampir semua sektor kehidupan manusia, salah satunya adalah sektor pendidikan.

Proses pembelajaran selama pandemi dituntut untuk beradaptasi dengan memanfaatkan secara maksimal penggunaan teknologi informasi. Salah satu kendala yang dihadapi oleh mahasiswa ketika perkuliahan daring adalah jumlah tugas yang bertambah.

Aada juga beberapa mahasiswa yang memiliki kemampuan yang kurang memadai dalam menggunakan komputer dan persepsi bahwa selama perkuliahan secara daring tugas-tugas. Mereka menjadi bertambah menyebabkan mahasiswa terkendala untuk mencapai hasil yang lebih baik selama beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh ini.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Smart Campus

Aplikasi ini dibuat untuk mengatasi dan membantu berjalannya new normal dengan menggunakan pendekatan blended learning. Karena banyaknya orang yang akan beraktifitas kembali terlebih Universitas yang akan kembali dijalakan memungkinkan para mahasiswa saling bersentuhan atau terjadi kontak fisik. Maka dari itu, aplikasi yang bernama Smart Campus dirancang agar Universitas dapat membantu menjalankan program new normal dengan efisien dikarenakan pembelajaran dapat diadakan secara face-to-face dan secara daring. Sehingga saat melakukan pembelajaran secara face-to-face untuk materi praktek maka di kampus akan dilengkapi dengan smart camera pada setiap sudut kampus agar Universitas dapat memantau pergerakan setiap mahasiswa dan memasang pada pintu gerbang kampus agar Universitas dapat mengetahui setiap suhu mahasiswa, dosen atau karyawan yang akan masuk. Saat memasuki kelas, mahasiswa akan diberikan tempat secara otomatis melalui scan QR code atau melalui pemesanan tempat duduk pada aplikasi Smart Campus.

Cara Penggunaan Aplikasi Smart Campus

  1. Pengguna perlu menginstall aplikasi smart campus pada smartphone di playstore atau app store. Pengguna terlebih dahulu diwajibkan untuk mendaftar akun dan diminta untuk login dengan stambuk/username dan password yang telah didaftarkan. Pengguna mahasiswa dapat mengakses fitur, seperti KHS (Kartu Hasil Studi), jadwal kuliah, KRS (Kartu Rencana Studi), kalender akademik, e-learning, lokasi, mata kuliah, pembayaran uang semester, tugas/materi, peralatan elektronik kampus, dan sebagainya.
  2. Mahasiswa dapat menscan QR Code pada pintu kelas sebagai tanda kehadiran mahasiswa dan akan diberikan lokasi tempat duduk. Saat mahasiswa menscan QR Code itu, mahasiswa akan diberikan informasi lokasi tempat duduk yang telah diatur sehingga dapat tetap menerapkan social distancing. Kemudian pintu kelas otomatis terbuka sehingga meminimalkan kontak dengan gagang pintu.
  3. Ketiga , Selain itu, mahasiswa dapat mencari lokasi dosen, karyawan, atau rekannya dengan memasukkan nama atau stambuk orang yang ingin dicari. Kemudian mahasiswa akan mendapatkan lokasi saat ini dari orang yang dicari dengan menggunakan data rekaman smart camera yang tersebar di dalam wilayah kampus. Hal itu dilakukan agar mahasiswa tidak perlu berkeliaran ke berbagai tempat untuk mencari seseorang, sehingga dapat meminimalkan penyebaran virus COVID-19 dalam masa new normal ini.
  4. Keempat , User juga dapat mengontrol peralatan elektronik pada kampus, seperti ingin menyalakan AC, mengontrol arah CCTV, menyalakan lampu, dan sebagainya. Akses peralatan beberapa pengguna dapat mengaksesnya dengan bebas, tetapi beberapa peralatan akan terkunci aksesnya sehingga yang dapat mengakses hanya pihak berwenang.

Itu saja penjelasan mengenai aplikasi Smart Campus yang berguna dalam proses pembelajaran baik yang dilakukan secara online ataupun offline yang bisa kita terapkan pada masa era new normal ini, saat pandemi juga kita tetap harus melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Menurut kalian sendiri berapa rate kebermanfaatan untuk aplikasi Smart Campus ini sendiri?

Referensi : ADITUNG, Paramita, et al. PROTOTYPE APLIKASI SMART CAMPUS UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL. In: Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra). 2021. p. E8-E8. Online access : https://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4936