Penat dengan Pekerjaan? Coba Cara Ini untuk Tingkatkan Motivasi Bekerja
Penat dengan pekerjaan | Pexels/veerasak-piyawatanakul

Pekerjaan apa pun yang Goodmates jalani saat ini, pasti ada masanya, saat Goodmates merasa malas, tidak bersemangat, merasa penat dengan rutinitas atau merasa tak senang dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab.

Motivasi kerja seakan terasa hilang dan pekerjaan yang sebenarnya dapat diselesaikan dalam waktu singkat, mendadak jadi butuh waktu berhari-hari untuk selesai. Saat kehilangan motivasi seperti ini dapat berdampak buruk bagi produktivitas. 

Bisa jadi, Goodmates hanya melamun dengan tumpukan deadline pekerjaan atau scrolling media sosial. Saat kehilangan motivasi kerja seperti ini, pasti Goodmates merasa akan sulit dan malas menyelesaikan pekerjaan walaupun semudah apapun. 

Daripada hanya menunggu untuk datangnya motivasi kerja, lebih baik mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengembalikan semangat dan motivasi.

Refleksikan dan ingat kembali tujuan

Pexels/Polimema Zimerman

Ketika merasa penat, jenuh, dan kurang bersemangat bekerja, cobalah untuk mengingat kembali tujuan bekerja. Setiap orang pasti memiliki tujuan  berbeda saat memilih pekerjaan, entah untuk memperoleh uang, membeli barang yang diinginkan, kehidupan sehari-hari atau mewujudkan impian. 

Ketika sudah mengingat tujuan, coba ucapkan dalam hati “Saya pasti bisa meraihnya". Maka, semangat dan motivasi kerja akan kembali perlahan muncul. 

Bersahabat dengan kegagalan

Pixels/Brett Jordan

Sadar atau tidak, kegagalan dan rasa sakit dapat menjadi alasan kehilangan motivasi kerja saat ini. Setelah dimarahi rekan kerja, atasan, bahkan klien, semangat kerjamu bisa jadi menurun drastis. 

Kalau sudah begini, Goodmates harus meyakini diri sendiri bahwa kegagalan itu sesuatu yang wajar sehingga hal tersebut tak menjadikan Goodmates kehilangan motivasi kerja. Perlu diingat bahwa gagal itu artinya telah mencoba sesuatu baru dan dapat belajar dari apa yang salah dan gagal tersebut. 

Saatnya Goodmates untuk memaafkan diri Kawan sendiri dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai sahabat dan belajar banyak darinya. Dengan begitu, motivasi kerja dapat akan segera bangkit kembali. 

Melihat ke depan

Pexels/Markus Winkler

Kalau merasa apa yang Goodmates kerjakan terasa membosankan, melelahkan bahkan terasa kurang menyenangkan, cobalah ubah sedikit sudut pandang. Melihat tumpukan pekerjaan di hadapan Goodmates, memang dapat menghilangkan motivasi kerja. 

Namun, cobalah lihat apa yang bisa Goodmates raih diujung sana. Mungkin, giat menyelesaikan pekerjaan Goodmates dengan baik secara terus menerus akan memiliki peluang untuk mendapatkan promosi jabatan. 

Bisa jadi, apa yang Goodmates kerjakan saat ini akan mendapat bayaran yang setimpal dan pengalaman yang tak ternilai harganya. Dengan melihat tujuan ke depan, motivasi kerja akan kembali datang. 

Jadilah positif terhadap diri sendiri

Pexels/Cottonbro

Bekerja keras memang perlu, tetapi janganlah terlalu keras pada dirimu sendiri. Terlalu keras pada diri sendiri, memasang target berlebihan jauh di atas kemampuan, dan perfeksionis berlebihan justru akan membawa ke “lubang hitam” dan kehilangan motivasi kerja. 

Alangkah lebih baik, cobalah berkomunikasi dengan dirimu sendiri, cari tahu apa yang membuatmu kehilangan motivasi kerja. Goodmates dapat mencoba untuk berbicara pada diri sendiri di depan cermin dengan menggunakan kalimat-kalimat positif. 

Seperti ucapan, “Aku pantang menyerah”, “Aku hebat”, dan “Aku pasti bisa”. Bicaralah dengan sepenuh hati dan tersenyum untuk menambah sikap positif serta perasaan akan menjadi lebih baik. 

Goodmates juga bisa mengingat kembali, bahwa di luar sana masih banyak yang membutuhkan pekerja dan tidak seberuntung Goodmates. Meningkatkan motivasi tak melulu melihat ke atas atau melihat orang yang sudah lebih sukses daripada kita. Namun, cobalah juga untuk memandang ke bawah sebentar.

Istirahatlah dengan baik dan berkualitas

Pexels/Do Castle

Memiliki waktu istirahat sangat penting bagi tubuh Kawan untuk mengisi ulang energi Jika merasa hilang motivasi dan penat, cobalah untuk menyediakan waktu mengisi ulang energi. 

Habiskan waktu istirahat atau liburan dengan berkualitas. Misalnya menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman, membaca buku, melakukan travelling ke alam terbuka, dan olahraga untuk menyegarkan kembali tubuh.

Pastika Goodmates juga memiliki jam tidur yang cukup dengan kualitas yang baik. Memiliki waktu tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kualitas energi dan otak. Dengan memiliki waktu istirahat yang baik dan berkualitas, dapat mendatangkan motivasi kerja dengan lebih mudah.

Referensi: cermati | glints