Pencari Beasiswa Merapat! Kini Hadir Beasiswa S2 dan S3 di Australia
Australia | Foto: Arvin Wiyono/Unsplash

Meraih beasiswa mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Apalagi jika beasiswanya menawarkan kesempatan menempuh pendidikan di luar negeri. Selain bisa mendapatkan pengalaman berbeda, memilih tempat berkuliah di universitas luar negeri juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya.

Secara tidak langsung kamu akan berkenalan dengan adat dan budaya baru. Hal ini dapat memberikan sudut pandang baru bagi kamu. Kamu juga dapat memperluas relasi, mengenal sistem pendidikan yang berbeda dengan pendidikan di dalam negeri, dan masih banyak lagi.

Tidak ada salahnya untuk mencoba kesempatan melanjutkan pendidikan perguruan tinggi ke luar negeri. Jika kamu salah satu yang berminat, kamu harus tahu beasiswa ke Australia berikut ini.

Australia Awards Scholarship (AAS) 2022

Australia Awards Scholarship 2022. | Foto: Yes Study Abroad
Australia Awards Scholarship 2022. | Foto: Yes Study Abroad

Fakta menariknya, negara yang mendapat julukan Negeri Kangguru ini merupakan salah satu negara yang paling banyak ditempati mahasiswa asal Indonesia. Dilansir dari Kumparan, tercatat per 28 Juni 2021 sebanyak 12.645 mahasiswa Indonesia berada di Australia.

Hal ini gak mengherankan sebab menurut IDP Indonesia, Australia merupakan salah satu negara yang memiliki sektor ekonomi yang kuat. Empat dari sepuluh kota paling layak huni di dunia berada di Australia.

Ini berdasarkan peringkat yang dikeluarkan The Economist Intelligence Unit’s 2018, penilaian ini didasarkan pada berbagai faktor termasuk stabilitas, perawatan kesehatan, budaya dan lingkungan, serta pendidikan dan infrastruktur.

Australia juga menawarkan universitas-universitas yang terkemuka di dunia. Beberapa universitas di Australia berada dalam peringkat top 50 QS World University Rankings 2022, seperti The Australian National University, The University of Melbourne, The University of Sydney, The University of New South Wales dan The University of Queensland.

Kabar baik bagi Goodmates yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S2) dan doktoral (S3) sebab beasiswa Australia Awards Scholarship (ASS) telah dibuka hingga 29 April 2022. Beasiswa Australia Awards menawarkan banyak cakupan, di antaranya biaya secara penuh atau jenis beasiswa fully funded.

Selain itu dilansir dari INDBeasiswa, beasiswa Australia Awards juga menawarkan fasilitas pelatihan bahasa Inggris di Indonesia sebelum keberangkatan, dan tiket pesawat pulang-pergi dari daerah asal ke lokasi Pre-Departure Training.

Tak hanya itu, tersedia pula tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Australia pada awal dan akhir penerimaan beasiswa, uang saku selama Pre-Departure Training, serta biaya visa serta pemeriksaan medis dan rontgen.

Kemudian, terdapat dana penunjang pada saat kedatangan di Australia, bantuan biaya hidup selama masa belajar di Australia, pengantar Program Akademik, asuransi kesehatan selama periode beasiswa, dukungan akademis tambahan, dan tunjangan kerja lapangan untuk komponen wajib dalam penelitian bagi program PhD dan Master.

Menariknya lagi, tersedia fasilitas tiket pesawat reuni pulang pergi Indonesia-Australia untuk penerima beasiswa. Kamu yang berminat melanjutkan pendidikan S2 maupun S3 di Australia, dapat mencoba kesempatan melalui Australia Awards Scholarship.

Jangan lupa bacalah dengan teliti ketentuan dan persyaratan yang ditentukan untuk berkuliah di luar negeri. Beasiswa ke Autralia ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk melanjutkan pendidikan. Semoga berhasil, Goodmates!

Referensi: Australia Awards | IDP | INDBeasiswa | Top Universities | Kumparan