Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Lulus Mau Jadi Apa?
Ilustrasi | Foto: Pexels.com

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atau biasa disebut dengan (PBSI) merupakan bidang yang mempelajari bahasa, sastra dan budaya di Indonesia. Jurusan ini mengajarkan empat keterampilan dasar yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis.

Tidak hanya itu kita juga belajar tentang linguistik dan sastra. Di bidang Linguistik kita belajar menegenai bunyi bahasa (Fonologi), bentuk kata (morfologi), makna suatu bahasa (semantik), tata bahasa (sintaksis) dan di jurusan Bahasa Indonesia selain belajar bahasa kita juga akan mempelajari tentang kesusastraan.

Jika di sekolah kalian pernah membuat karya sastra seperti puisi atau cerpen. Nah di prodi ini kita juga mempelajari itu. Kita belajar mengenai dasar karya sastra, belajar bagaimana mengkritik sebuah karya sastra, belajar bagaimana mengapresiasi karya sastra, belajar sejarah para sastrawan dan sebagainya.

Kalau kalian memiliki minat bi bidang bahasa, membaca, karya sastra dan menulis literatur yang tinggi, maka jurusan ini bisa menjadi pilihan kamu. Tentunya jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang tidak menyukai matematika.

Keuntungan yang diperoleh dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia itu apa aja? Pastinya kalian akan bertanya-tanya emang lulusan ini bisa kerja apa? Yuk, simak.

1. Guru

Lulusan jurusan PBSI kalian pastinya bisa menjadi pengajar atau Guru. Kalian akan mengajarkan Bahasa Indonesia ke berbagai daerah yang ada di Indonesia.

2. Instruktur pengembangan dan pembinaan bahasa

Untuk kalian yang tertarik kerja di perkantoran, tentunya jurusan ini bisa menjembatani kalian untuk bekerja di Kemendikbud yaitu bagian di Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud sebagai pengembang kurikulum ataupun instruktur pengembangan dan pembinaan bahasa.

3. Jurnalis

Untuk kalian yang ingin menjadi jurnalis atau wartawan kalian bis amasuk jurusan ini. Karena banyak skelai lulusa PBSI yang menjadi wartawan.

4. Copy writer atau Content writer

Di zaman teknlogi seperti ini, banyak gen Z yang ingin bekerja di StartUp terkenal. Nah lulusan jurusan PBSI tentunya bisa bekerja menjadi Copywriter atau content writer. Profesi copywriterbertugas menulis naskah iklan untuk perusahaan yang akan disiarkan di berbagai media. Lulusan PBSI juga berpeluang menjadi content writer yang mengisi website dengan tulisan atau konten-konten yang menarik.

5. Pengajar BIPA

Kalian yang ingin keliling dunia, jurusan ini bisa bekerja menjadi pengajar BIPA atau pengajar Bahasa Inodnesia Untuk Penutur Asing. Banyak sekali lulusan jurusan ini memlih menjadi pngajar BIPA di luar negeri seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan.

6. Penerjemah Bahasa

Peluang kerja lulusan PBSI bisa menjadi penerjemah bahasa atau Translator. Profesi uni bertugas untuk mnerjemahkan berbagai macam buku, novel, film dan lain sebagainya.

7. Penulis

Peluang kerja lulusan PBSI tentunya bisa menjadi penulis novel, puisi dan penulis naskah Film