Pengumuman SNMPTN 2022, Apa Langkah Selanjutnya?
Illustrasi pengumuman SNMPTN 2022 | Foto: kilas24.com

Menantikan pengumuman SNMPTN 2022 adalah detik-detik yang menegangkan bagi calon mahasiswa. Terlebih mereka yang sangat menginginkan untuk segera masuk ke perguruan tinggi negeri terkemuka dalam negeri.

Berbeda dengan jalur lainnya, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui undangan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik.

Maka dari itu, SNMPTN tidak memerlukan ujian tambahan untuk melalui proses seleksinya. Dengan begitu, lulus SNMPTN merupakan salah satu dambaan bagi calon mahasiswa karena perjalanannya akan sedikit lebih mulus jika berhasil.

Hari ini, Selasa (29/3) adalah pengumuman hasil SNMPTN 2022. Namun, muncul banyak pertanyaan, apa yang harus kamu lakukan pascapengumuman? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya.

1. Melakukan Verifikasi Data

Illustrasi verifikasi data pasca pengumuman SNMPTN 2022 | Foto: Unsplash

Setelah kamu lulus SNMPTN 2022, kamu akan melakukan verifikasi data. Proses ini wajib kamu lakukan dengan memperhatikan informasi yang menyertai setelah pengumuman. Kebijakan verifikasi dokumen merupakan ranah PTN masing-masing.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia 8 Konser 2022 di Indonesia

Oleh karena itu, proses verifikasi tiap PTN biasanya berbeda. Namun, secara umum kamu harus menunjukkan rapor dan portofolio, kartu tanda peserta SNMPTN 2022, surat keterangan lulus (SKL), dan dokumen lainnya.

Pastikan kamu memperhatikan seluruh dokumen yang harus kamu siapkan. Biasanya, dokumen tersebut harus kamu kirim ke PTN, tapi ada juga yang melakukan verifikasi secara online.

2. Memantau Jadwal Daftar Ulang

Illustrasi memantau jadwal daftar ulang pasa pengumuman SNMPTN 2022 | Foto: Unsplash

Setiap PTN biasanya memiliki jadwal daftar ulang yang berbeda-beda. Ketentuan yang harus kamu penuhi juga berbeda dengan PTN lain. Maka, kamu harus memastikan jadwal dan persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melakukan daftar ulang.

Oleh sebab itu, jika sudah lulus SNMPTN 2022, segeralah mencari informasi ke PTN tujuan terkait persyaratan daftar ulang dan jadwalnya.

Bagi kamu pendaftar pemegang kartu KIP-Kuliah, kamu juga perlu untuk memperhatikan persyaratan lain. Mengingat, akan ada syarat dan dokumen tambahan yang harus kamu penuhi sebagai pendaftar pemegang kartu KIP-Kuliah.

Baca juga: Intip 5 Alasan Pentingnya Mengikuti UKM, Mahasiswa Wajib Tahu!

3. Mencari Tahu Kurikulum Jurusan

Illustrasi mencari tahu kurikulum jurusan | Foto: Unsplash

Lingkungan belajar selama kuliah sangat jauh berbeda dengan saat kamu masih SMA. Kamu harus melakukan semua hal dengan mandiri, aktif, dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, kamu harus segera mengetahui apa yang harus kamu pelajari saat kuliah.

Bagi beberapa jurusan, mahasiswa mempunyai hak untuk memilih mata kuliah apa yang akan mereka ambil. Hal ini berbeda dengan saat SMA yang semua sudah ada yang mengatur. Jika kamu mencari tahu kurikulum jurusan, maka kamu akan lebih awal untuk memetakan minat pada mata kuliah.

Biasanya, ada jenis mata kuliah yang bersifat wajib dan opsional. Jika wajib, kamu harus mengambil mata kuliah tersebut. Akan tetapi untuk opsional, kamu bisa memilihnya sesuai dengan minat.

4. Menggali Informasi Peluang Karier

Illustrasi menggali informasi peluang karir | Foto: Unsplash

Jika kamu masih memiliki waktu luang, tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari informasi mengenai peluang karier saat sudah lulus kuliah nanti. Hal ini penting untuk kamu lakukan guna memberikan gambaran apa yang harus kamu lakukan pascakuliah.

Mencari tahu peluang karier bisa kamu lakukan dengan searching di mesin pencari atau media sosial. Selain itu, dengan memperhatikan alumni dari jurusan kamu juga bisa jadi informasi tambahan mengenai peluang karier nantinya.

Baca juga: Panduan Cari Kos-Kosan Nyaman untuk Mahasiswa di Perantauan

5. Mencari Tempat Tinggal

Illustrasi tempat tinggal | Foto: Unsplash

Tak jarang mahasiswa memilih merantau keluar kota, bahkan keluar pulau. Jika kamu salah satu calon mahasiswa rantau, mulailah mencari tempat tinggal selama kamu kuliah nanti. Bisa kos, kontrakan, atau numpang dengan sanak keluarga.

Jika kamu memilih kos atau kontrakan, carilah dengan segera karena akan ada banyak mahasiswa lain yang juga sedang mencari hal yang sama. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi online, atau bertanya pada beberapa mahasiswa kampus untuk mencari informasi tempat tinggal.

6. Kontrol Diri Pasca Pengumuman SNMPTN 2022

Illustrasi kontrol diri pasca pengumuman SNMPTN 2022 | Foto: Unsplash

Hal yang juga penting adalah kontrol diri pasca pengumuman SNMPTN 2022. Mungkin kamu adalah orang yang beruntung bisa lulus, tetapi bagi beberapa teman yang tidak beruntung, hari tersebut bukanlah hari yang menyenangkan.

Jangan terlalu overproud dan cukup dengan bersyukur. Ucapkan terima kasih dan memohon doa restu pada orang-orang sekitar, seperti keluarga hingga teman agar jalan kuliahmu berjalan lancar.

Nah, itu beberapa hal yang harus kamu lakukan pasca pengumuman SNMPTN 2022. Ada proses panjang yang harus kamu jalani, jangan sampai larut pada kebahagiaan. Selamat bagi kamu yang sudah lulus SNMPTN 2022. Jangan patah semangat bagi kamu yang masih belum beruntung. Ada banyak jalur, dan peluang lain yang siap menanti kamu.

Referensi: Mamikos | Kompas