Penting! Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Bepergian dengan Bus
Ilustrasi Bus | Foto: Sultan Raimosan/Pexels

Bepergian dengan bus untuk menempuh perjalanan yang jauh dapat menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Posisi duduk yang terbatas, jalanan yang tidak selalu mulus, hingga kondisi kesehatan yang kurang prima dapat membuat perjalanan menjadi terganggu. 

Tidak perlu khawatir, berikut ini hal-hal yang bisa Goodmates siasati agar perjalanan dengan moda transportasi bus menjadi nyaman dan menyenangkan.

Pastikan bawa barang yang bisa diakses dengan mudah selama perjalanan

Packing sebelum perjalanan menggunakan bus | Foto: Kindel Media/Pexels

Selain membawa barang-barang yang akan dipakai di tempat tujuan, seperti pakaian dan bahan makanan yang ditempatkan di bagasi, jangan lupa untuk membawa barang lain yang dapat menambah kenyamanan selama perjalanan.

Barang-barang tersebut berupa bantal leher, air mineral, makanan ringan, earphone, tablet, hingga selimut jika diperlukan. Bantal leher biasanya esensial karena akan mengurangi rasa letih dan pegal-pegal.

Sementara untuk air mineral, bila Goodmates takut akan banyak buang air selama perjalanan, gantilah dengan mengonsumsi energy drink agar tubuh tetap terhidrasi. Goodmates juga bisa membawa barang lain sesuai kebutuhan. Gunakan tas kecil atau waist bag untuk meletakkan barang-barang ini agar semakin praktis dan mudah diambil.

Mengenakan pakaian sesuai cuaca

Kenakan pakaian sesuai cuaca | Foto: Mnz/Pexels

Pakaian merupakan salah satu hal mendasar yang mempengaruhi kenyamanan perjalanan. Dalam perjalanan menggunakan bus, pastikan Goodmates memakai pakaian yang sesuai cuaca.

Pakailah pakaian hangat seperti sweater ketika cuaca sering hujan atau dingin. Sebaliknya, pakaian dengan bahan seperti katun yang dingin dapat dipakai saat cuaca panas. 

Alas kaki juga penting diperhatikan. Demi kenyamanan, sepatu sandal lebih direkomendasikan agar kaki tidak mudah merasa gerah. Goodmates juga bisa mengecek ramalan cuaca sehari sebelum perjalanan untuk dapat lebih memastikan pakaian apa yang akan dikenakan.

Konsumsi makanan sehat dan mengenyangkan sebelum berangkat

Konsumsi makanan sehat sebelum berangkat | Foto: Trang Doan/Pexels

Sebelum memulai perjalanan, sempatkan waktu untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan seperti nasi dan sayur. Hal ini penting bila Goodmates memiliki diet tertentu atau rentan sakit perut karena area peristirahatan mungkin saja tidak memiliki menu yang cocok.

Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan tersebut, ya! Makanlah dengan porsi cukup, tidak berlebihan, agar tidak menimbulkan gangguan pencernaan.

Usahakan tidak duduk di bagian belakang

Usahakan memilih posisi tempat duduk yang tepat | Foto: Jakob Scholz/Pexels

Posisi tempat duduk dalam bus juga penting untuk diperhatikan. Jika bus mengalami guncangan karena melewati jalan terjal atau polisi tidur, bagian belakang cenderung akan sangat merasakan guncangannya. 

Selain itu, pada bus yang memiliki fasilitas toilet, penumpang bagian belakang juga biasanya akan mencium aroma yang mengganggu. Untuk itu, usahakan Goodmates memilih tempat duduk di bagian depan atau tengah, ya!

Jaga barang berharga

Jangan mengumbar barang berharga | Foto: Ahsanjaya/Pexels

Waspadalah selama perjalanan. Jangan meletakkan barang berharga, seperti dompet dan uang tunai di sembarang tempat yang membuatnya gampang dicuri. Tempatkan barang-barang berharga tersebut di dalam bagian tas yang tersembunyi atau bagian lain yang tidak mudah dijangkau orang asing.

Lakukan kegiatan menghibur agar tidak bosan

Cari hiburan selama perjalanan | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Perjalanan yang panjang tentu akan membuat Goodmates merasa bosan. Untuk mengatasinya, ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti mendengar podcast, menonton video lucu atau film, hingga memotret pemandangan di jalan.

Bila Goodmates ingin melakukan hal yang konvensional, bisa juga mengisi waktu dengan membaca buku atau komik. Mengobrol dengan teman seperjalanan juga bisa dicoba untuk menambah relasi.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan hingga menempuh perjalanan dengan bus, utamanya perjalanan jauh. Persiapan yang teliti sehari sebelum perjalanan tentu akan lebih memudahkan Goodmates untuk mendapat perjalanan yang nyaman. Semoga perjalanan Goodmates aman sampai tujuan.

Referensi: The Road Trip Expert | Busbud