Pentingnya Membangun Self-Awareness Demi Hidup Lebih Baik
Self-awareness | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels.com

Goodmates, apabila kamu mempunyai semangat untuk memperbaiki diri dan hidup supaya lebih baik, self-awareness jawabannya. Self-awareness merupakan modal utama yang harus kamu miliki. Sikap ini hukumnya wajib untuk dibangun dalam segala aspek kehidupan.

Dalam ilmu Psikologi, self-awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mengidentifikasi dan memahami dirinya sendiri secara utuh. Mulai dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran, serta cara untuk menempatkan diri dalam suatu lingkungan sosial.

Kesadaran diri penting untuk dipupuk dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, sikap ini bisa membantu kamu dalam memahami kelebihan, kekurangan, dorongan, sampai nilai yang dimiliki diri sendiri serta orang lain.

Lantas, kenapa self-awareness merupakan sesuatu yang penting untuk dibangun dalam kehidupan? Penasaran, mari simak penjelasan berikut ini.

Self-awareness mengenali potensi diri

Ilustrasi potensi diri | Foto: Clark Young/Unsplash.com

Yang paling mendasar, adanya self-awareness tentu membuat seseorang bisa mengenali berbagai potensi yang ada di dalam dirinya. Baik kekuatan, kelemahan hingga kepribadian, semua itu dapat dimanfaatkan sekaligus dievaluasi untuk meningkatkan kualitas diri.

Dengan mengenali potensi diri, kita pun bisa mengetahui diri kita masing-masing yang sebenarnya. Lebih lanjut, self-awareness juga dapat menjadi bahan evaluasi kita, seperti bagaimana cara menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Menjadikan diri tidak mudah tersinggung

Tidak sedikit orang yang mudah terbawa perasaan apabila dihadapkan dengan keadaan yang kurang mengenakkan. Meskipun begitu, hal ini tampaknya tidak berlaku bagi mereka yang mempunyai self-awareness tinggi.

Individu yang memahami dirinya sendiri cenderung tidak mudah tersinggung atau sakit hati sewaktu diberikan kritik dan saran dari orang lain. Sebab, orang tersebut sadar bahwa masih ada kekurangan yang layak diperbaiki, serta bisa menyaring segala masukan dari orang lain alias cukup menyerap kritik yang bersifat membangun.

Biasanya, orang yang memiliki kesadaran diri yang baik sudah memahami dan mencintai dirinya sendiri, termasuk kelemahan diri. Fokusnya pun tidak semata-mata hanya pada perasaan, melainkan terhadap pikiran untuk dapat memperbaiki diri ke arah lebih baik.

Membantu diri tampil lebih percaya diri

Ilustrasi kepercayaan diri | Foto: Catalin Pop/Unsplash.com

Apabila mempunyai self-awareness yang baik, kamu akan menjadi pribadi yang tidak mudah minder alias lebih berani untuk tampil percaya diri dalam situasi dan kondisi apapun. Self-awareness membantu kamu untuk mempertimbangkan segala hal dengan matang, termasuk saat bertutur kata maupun berperilaku.

Dengan kata lain, kamu sudah mempunyai alasan sekaligus tujuan yang kuat dalam mengungkapkan apa yang ada di benakmu kepada orang lain. Cara penyampaiannya pun dilakukan secara tepat dan hati-hati sebab segala tindakan sudah dipertimbangkan sebelumnya.

Meningkatan kreativitas

Setiap manusia pasti mempunyai tingkat kreativitas yang berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah self-awareness. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kesadaran diri yang tinggi akan menjadikan seseorang lebih mudah menerima kritik dan saran.

Dalam proses menjadi yang lebih baik, otak manusia akan berpikir untuk mencari cara sesuai dengan apa yang dituju. Sehingga, secara tidak sadar proses kreativitas akan mengiringi dan memacu kamu dalam berproses menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya.

Mampu membangun komunikasi efektif

Ilustrasi komunikasi | Foto: Nappy/Pexels.com

Kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ibarat kata, komunikasi merupakan kunci dari beraktivitas juga keberhasilan. Adanya keterampilan komunikasi yang baik jelas bisa mempermudah dalam membangun koneksi yang luas.

Setali tiga uang dengan kepercayaan diri, orang dengan self-awareness yang bagus dapat membangun komunikasi yang efektif. Semakin tinggi kepercayaan dirinya, maka semakin besar pula efektivitas atau kecakapan orang tersebut dalam berkomunikasi dengan berbagai kalangan.

Orang yang mempunyai kesadaran diri selalu mampu memikirkan terlebih dahulu kata-kata apa yang harusnya diungkapkan dan ditata terlebih dulu sebelum diucapkan.

Memperbesar peluang pengembangan karier

Kesadaran diri yang dimiliki seseorang mampu menjadi faktor yang memengaruhi kesuksesan hidupnya, baik dalam karier, usaha, maupun bisnis. Sebagai puncak dari segalanya, self-awareness akan membuka lebar jalan menuju pengembangan karier yang lebih bagus dan cemerlang.

Lewat self-awareness yang bagus, seseorang mampu melakukan perubahan dengan cepat karena terbuka terhadap pendapat, saran, serta pandangan orang lain yang dapat memperluas pola pikirnya. Hal tersebut membuatnya ingin terus belajar sekaligus memperbaiki sisi diri yang kurang supaya lebih baik ke depannya.

Demikianlah penjelasan Goodside mengenai pentingnya membangun self-awareness demi hidup yang lebih baik. Semoga setelah ini, kamu dapat terus berproses dalam mengembangkan diri, ya!

Referensi: IDNTimes | Beautynesia | Glints