Pentingnya Menjaga Pola Tidur Sesuai Porsi Usia
Ilustrasi pola tidur yang salah | Foto: Pexels

#FutureSkillsGNFI

Pola tidur manusia tentu saja mempengaruhi kondisi Kesehatan manusia itu sendiri. Apabila seseorang waktu tidurnya kurang, maka cenderung akan mengalami kecapekan dan malas untuk mengerjakan suatu aktivitas. Sebaliknya, apabila seseorang telah menempuh masa tidur yang cukup maka dia akan melakukan aktivitas dan kegiatan dengan lancar.

Menjaga pola tidur merupakan suatu hal yang penting untuk Kesehatan. Hal tersebut dilakukan disamping melakukan aktivitas olahraga, dan menjaga pola makan yang sehat. Ketika kita melakukan kedua aktivitas tersebut tanpa menjaga pola tidur kita, maka tetap saja kita akan mengalami beberapa gangguan Kesehatan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga pola tidurmu karena itu penting.

Kapan Waktu Tidur Yang Tepat?

Pada dasarnya, manusia memiliki waktu tidur yang berbeda satu sama lain. Hal itu didasarkan pada kebiasaan dan penerapan pola tidur yang dilakukannya. Perbedaan pemilihan waktu tidur juga mempengaruhi perbedaan efek yang diakibatkan. Umumnya manusia tidur pada saat malam hari, karena suasana pada malam hari sangat cocok untuk merileksasikan pikiran dan membuat tenang. Begitupun sebaliknya, suasana pada saat pagi dan siang hari kurang cocok untuk tidur karena pada saat itu cahaya matahari mendukung untuk melakukan aktivitas dan bukan untuk tidur.

Bahaya kesehatan yang muncul ketika kurang tidur pada saat malam hari yaitu turunnya kadar Leptin dalam tubuh dan menyebabkan meningkatnya nafsu makan yang dapat memicu obesitas. Tidur di pagi hari juga memiliki dampak meningkatkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh. Sehingga tubuh rentan terkena penyakit jantung dan pembuluh darah yakni stroke, dan serangan jantung.

Selanjutnya untuk lama tidur dari manusia bervariasi tergantung dari rentang usia orang tersebut. Untuk rentang usia dari bayi-balita berkisar antara 12-15 jam, untuk usia anak-ana berkisar antara 8-10 jam, dan untuk usia dewasa berkisar antara 7-8 jam. Lantas, apakah kamu memiliki waktu tidur yang sesuai dengan waktu yang ideal tersebut?

Lantas, Bagaimana Cara Memperbaiki Pola Tidur Menjadi Normal?

Ilustrasi waktu tidur | Foto: Pexels
Ilustrasi Waktu Tidur | Foto: Pexels

Melansir situs National Health Service, efek negatif dari pola tidur yang buruk adalah bisa melemahkan sistem imun, menaikkan berat badan, menurunkan kesehatan fungsi seksual dan mental, serta menaikkan risiko penyakit kronis.

Berikut adalah cara memperbaiki pola tidur yang salah:

Menjadwalkan waktu tidur dengan tepat

Langkah pertama yang dilakukan untuk mengembalikan pola tidur adalah dengan membuat jadwal kapan akan tidur. Dengan membuat jadwal, kita harus menentukan waktu tidur yang baik dan tepat untuk kita. Langkah tersebut dengan cara, mengagendakan keseluruhan kegiatan kita seharian dan membaginya dengan waktu tidur kita.

Konsisten dengan pelaksanaan tidur yang telah dibuat

Setelah membuat agenda untuk tidur, yang harus kita lakukan adalah tidur dengan waktu yang telah dibuat sebelumnya. Kunci dari menjaga pola tidur ini adalah konsisten dalam melakukan semua aktivitas seharian, dan menyisakan waktu tidur yang cukup. Dengan konsisten terhadap waktu tidur yang kita buat, maka kita dapat bangun dengan keadaan lebih sehat dan bugar serta dapat mengerjakan aktivitas dengan lancar.

Menunda aktivitas yang bisa dikerjakan setelah tidur

Kunci dari menjaga pola tidur juga dengan memaksimalkan waktu yang ada dalam seharian ketika kita beraktivitas. Prioritaskan waktu yang ada untuk mengerjakan sesuatu yang menuntut dikerjakan dalam waktu yang dekat. Jangan menunda-nunda pekerjaan, dan memilih untuk mengerjakannya di waktu malam hari. Jika itu dibiarkan, maka dalam prakteknya tidur malam akan tertunda gara-gara mengerjakan aktivitas tersebut.

Menunda aktivitas yang bisa dikerjakan setelah tidur

Kunci dari menjaga pola tidur juga dengan memaksimalkan waktu yang ada dalam seharian ketika kita beraktivitas. Prioritaskan waktu yang ada untuk mengerjakan sesuatu yang menuntut dikerjakan dalam waktu yang dekat. Jangan menunda-nunda pekerjaan, dan memilih untuk mengerjakannya di waktu malam hari. Jika itu dibiarkan, maka dalam prakteknya tidur malam akan tertunda gara-gara mengerjakan aktivitas tersebut.

Memperhatikan makanan dan minuman sebelum tidur

Sebelum kita tidur hendaknya perhatikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Jika kita tidak memperhatikan kedua hal itu, maka bisa saja kita tidak bisa tidur. Hal tersebut karena kandungan yang ada di dalam makanan, ada kalanya yang menyebabkan seseorang tidak dapat tertidur. Oleh karena itu, menjaga makanan dan minuman sebelum tidur itu penting.

Buat lingkungan tidur yang nyaman dan nyenyak

Dengan membuat lingkungan tidur yang nyaman, ketika tidur kita tidak akan terbangun karena kurang nyamannya tempat tidur kita. Menjaga kebersihan, merapikan tempat tidur, dan menghias tempat tidur merupakan langkah yang bisa diambil untuk membuat lingkungan tidur yang nyaman.

Demikian artikel tentang pentingnya menjaga pola tidur untuk kesehatan, pastikan sobat GoodMates memperhatikan tentang pola tidurnya untuk tetap sehat dan siap menjalankan aktivitas sehari-hari.

Referensi:  Hellosehat | Halodoc