Pentingnya Soft Skill untuk Berkarier dan Pengembangan Diri
Ilustrasi sedang belajar meningkatkan skill | Foto: Fauxels/Pexels

Di era modern seperti saat ini, dunia terus berinovasi untuk menciptakan teknologi yang dapat mempermudah aktivitas manusia. Tidak hanya hard skill, kamu harus menyadari seberapa pentingnya soft skill untuk pengembangan diri di masa depan.

Misalnya seperti sekarang kita tengah menyaksikan robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang akan mempermudah dalam segala hal. Kendati demikian, tidak semua pekerjaan manusia bisa tergantikan oleh mesin atau robot.

Pada dasarnya manusia masih membutuhkan bantuan dari manusia lainnya dengan berbekal soft skill yang mumpuni. Soft skill menjadi salah satu hal penting yang harus kamu miliki dan berkembang di dalam kehidupan atau dalam dunia kerja. 

Pengertian Soft Skill

Melatih soft skill | Foto: Pexels/Antonio

Soft skill adalah keterampilan nonteknis yang berhubungan dengan cara seseorang bekerja, bersosial dengan lingkungannya, dan mengontrol diri. Kemampuan ini lebih mengarah kepada emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain. Mengutip dari World Economic Forum, berikut 3 jenis soft skill yang wajib kamu miliki.

Baca juga: Skill Dasar untuk Kamu Beradaptasi dengan Digitalisasi

1. Skill Penyelesaian Masalah

Lingkungan sekitar maupun perusahaan akan sangat menghargai orang-orang yang memiliki skill pemecahan masalah dengan baik.

Adapun soft skill yang termasuk dalam bidang pemecahan masalah misalnya berpikir analitis dan inovatif, penalaran, orisinalitas, kreatif dan inisiatif, berpikir kritis, dan manajemen risiko.

2. Skill Manajemen Diri

Seperti yang sudah ada sebelumnya, soft skill berkaitan erat dengan emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain. Sebelum kita memperlakukan orang lain dengan baik, hal yang tidak kalah penting ialah kita memiliki manajemen diri yang baik pula.

Skill manajemen diri meliputi strategi pembelajaran aktif, adaptif, ketahanan, manajemen waktu, manajemen stres, serta kecerdasan emosional (kemampuan seseorang dalam memahami, merespon, dan mengelola emosi yang ia rasakan dan orang di sekitarnya).

3. Skill Bekerja dengan Manusia

Yang terakhir ialah bekerja dengan manusia. Ada banyak skill yang kita butuhkan dalam bidang ini. Di antaranya ada kemampuan komunikasi sebagai unsur penting dalam setiap aktivitas manusia.

Baca juga: Wajib Kamu Pelajari, Berikut 4 Social Skills untuk Kembangkan Diri

Skill komunikasi sendiri meliputi pendengar yang aktif, negosiasi, komunikasi verbal dan nonverbal, public speaking, persuasi, sert presentasi. Kemudian ada skill Integritas, kolaborasi, kepemimpinan, pengaruh sosial, manajemen proyek, membuat keputusan, dan pendelegasian tugas.

Cara Tingkatkan Soft Skill

Ilustrasi sedang belajar meningkatkan skill | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki skill seperti yang sudah ada di atas. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan ialah belajar secara mandiri melalui buku, podcast, youtube, dan ikuti media soal yang menyajikan konten skill development.

Selanjutnya, kamu bisa mengikuti kursus peningkatan skill yang tersedia di berbagai platform, seperti Linkedin, Glints, Skill Academy, Udemy, dan lainnya.

Kemudian, ambil bagian dalam berbagai kegiatan dan magang untuk mengetahui kemampuanmu dalam menguasai skill tersebut. Sebanyak apapun pelatihan yang kamu ikuti, jika tidak pernah mengaplikasikannya dalam kehidupan, kamu tidak akan pernah tahu kemampuanmu.

Baca juga: Mengenal Dopamine Detox, Puasa Hiburan Agar Hidup Lebih Bahagia

Terakhir, tidak lupa meminta feedback dari teman, mentor, atau orang yang kamu percayai. Adanya feedback dapat membantu kamu untuk bisa memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Itulah penjelasan mengenai soft skill beserta cara meningkatkannya. Dari beberapa soft skill yang sudah ada di atas, skill apa yang sudah kamu kuasai dan skill apa yang paling ingin kamu tingkatkan?

Referensi: World Economic Forum| The Balance Careers | Career Wave