Penuh Makna, Intip Tradisi Hidangan Tahun Baru Cina
ilustrasi makanan yang dihidangkan saat perayaan Tahun Baru China. | Foto: Hong Kong Tourism Board

Perayaan Imlek menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi kebanyakan orang. Pada momen ini, umumnya banyak keluarga memanfaatkannya untuk menghabiskan quality time bersama keluarga dan kerabat.

Tahun ini, Tahun Baru Cina 2573 diperingati pada Selasa (01/02) lalu dan disebut juga sebagai tahun macan air. Selain didominasi dengan tampilan serba warna merah, perayaan Imlek juga memiliki berbagai macam makanan yang umum dihidangkan saat Tahun Baru Cina. Makanan yang disajikan ini memiliki makna tersendiri lo Goodmates.

Pangsit hingga jeruk, makanan Tahun Baru Cina yang penuh makna

jeruk, salah satu hidangan saat perayaan Tahun Baru China. | Foto: Fair Price
jeruk, salah satu hidangan saat perayaan Tahun Baru Cina. | Foto: Fair Price

Siapa yang tak kenal dengan pangsit? Kudapan satu ini cocok dijadikan side dish atau makanan pembuka. Dengan isinya yang bermacam-macam mulai dari daging ayam, udang, atau sayuran. Juga bisa dihidangkan dengan cara direbus, digoreng atau dikukus.

Mengutip penjelasan oleh China Highlights, semakin banyak pangsit yang kamu makan saat perayaan Imlek, dipercaya akan semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan saat tahun baru ini. Pangsit dipercaya memiliki makna kekayaan dan dapat membawa keberuntungan terutama secara finansial.

Penyuka mie mari merapat! Pada perayaan Imlek ada hidangan yang disebut dengan mie panjang umur. Ya, sesuai namanya makanan satu ini melambangkan harapan untuk panjang umur bagi penyantapnya.

Dilansir dari penjelasan Taste of Home, menurut tradisi Cina, semakin panjang mie yang dimakan, maka akan semakin beruntung bagi pemakannya. Saat makan, kamu perlu berhati-hati agar tidak merusaknya secara tidak sengaja, dipercaya ini dapat menjadi nasib buruk karena melambangkan kehidupan yang singkat.

Saat perayaan Imlek, mungkin sebagian dari kamu sudah familiar jika kerap bertemu dengan buah-buahan berwarna oranye berbentuk bulat ini. Rasanya yang manis berpadu dengan asam yang memberikan kesegaran merupakan salah satu makanan yang menjadi tradisi di Tahun Baru Cina.

Jeruk dipilih karena bentuknya yang bulat dan berwarna kuning keemasan melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Memakan jeruk saat Tahun Baru Cina dipercaya membawa keberuntungan dan rezeki karena pengucapannya yang mirip dengan pengucapan ‘sukses’ dalam bahasa Cina.

Mengonsumsi ikan selain kaya akan gizi juga memiliki makna jika disajikan saat perayaan Tahun Baru Cina. Ikan dipercaya dapat meningkatkan kemakmuran. Dalam bahasa Cina, pengucapan ikan terdengar seperti ‘surplus’.

Cara memakan ikan juga sangat penting, lo, Goodmates. Ikan harus menjadi hidangan terakhir. Kemudian posisi ikan juga penting untuk diperhatikan. Seperti kepala harus diletakkan menghadap tamu terhormat atau orang yang lebih tua, sebagai simbol mewakili rasa hormat.

Itulah beberapa makanan yang biasa dihidangkan saat Tahun Baru Cina. Tradisi dan hidangan apa yang menjadi favorit Goodmates?


Referensi: China Highlights | Taste of Home | Express UK | Chinese New Year