Sama Tapi Tak Serupa! Kenali Perbedaan Bedak Tabur dan Bedak Padat
Ilustrasi bedak | Foto: Unsplash - Gabrielle Henderson

Hai GoodMates! Siapa yang suka makeup tapi belum tahu perbedaan antara bedak tabur dan bedak padat? Atau di sini ada GoodMates yang baru mulai menyelami dunia makeup? Yuk mari kita kenali perbedaan kedua bedak tersebut.

Bedak adalah kosmetik berbentuk bubuk yang dipakai untuk mempercantik diri. Fungsinya sendiri beragam, tetapi salah satu fungsi utamanya adalah menutupi kekurangan kulit di wajah. Tentunya bedak menjadi hal krusial saat merias wajah.

Saat ini bedak yang beredar di pasaran secara umum terdapat dua jenis yaitu, bedak tabur dan bedak padat. Dua bedak tersebut memiliki tekstur, manfaat, serta kemampuan kerja yang berbeda.

Bedak Tabur

Contoh bedak tabur | Foto: Freepik

Bedak tabur atau yang biasa dikenal loose powder merupakan bedak dengan tekstur bubuk ringan dengan partikelnya yang halus. Bedak ini mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah serta membuat makeup menjadi lebih tahan lama.

Bedak tabur sendiri hadir dengan berbagai pilihan warna, tetapi umumnya setiap brand akan mengeluarkan bedak tabur dengan warna transparan atau translucent powder.

Bedak ini biasanya dipakai setelah GoodMates mengaplikasikan foundation atau cushion. Bedak tabur berfungsi mengunci tekstur foundation yang basah supaya tidak mudah bergeser.

Penggunaan bedak tabur sendiri akan menciptakan hasil yang lebih natural dibandingkan bedak padat, sebab teksturnya yang ringan dan mudah dikontrol memberikan hasil kulit yang lebih sehat. Bedak tabur juga bisa menjadi pilihan terbaik GoodMates yang memiliki jenis kulit berminyak.

Brush sering menjadi alat terbaik untuk mengaplikasikan bedak tabur bagi GoodMates yang ingin hasil natural. Pilihan lainnya, GoodMates juga bisa menggunakan spons setelah pengaplikasian foundation untuk hasil maksimal dalam mengontrol minyak. Biasanya penggunaan spons merupakan bagian dari teknik baking.

Bedak Padat

Contoh bedak padat | Foto: Oriflame

Seperti namanya atau lebih dikenal dengan compact powder, bedak ini berbentuk padat dengan partikel yang lebih besar dari bedak tabur. Bedak padat sendiri mengandung minyak dan pelembab yang mampu dijadikan sebagai base makeup. Bedak padat bisa dipakai tanpa menggunakan foundation sebelumnya.

Bedak padat biasanya memiliki pilihan warna jauh lebih banyak dari bedak tabur. Hal ini dikarenakan bedak padat sering menjadi alternatif pengguna makeup yang sedang tidak ingin menggunakan foundation atau cushion tetapi tetap ingin kulit wajah yang flawless.

Kemampuan bedak padat untuk menutupi spot gelap pada wajah tanpa mengurangi hidrasi cocok digunakan untuk GoodMates yang memiliki jenis kulit kering. Tetapi perlu diingat, sifatnya yang buildable tidak menutup kemungkinan hasil yang diberikan akan terlihat cakey atau bertumpuk.

Maka dari itu, GoodMates harus mampu menggunakan bedak padat sebaik dan sebijak mungkin supaya makeup yang dihasilkan tidak terkesan dempul dan berat di wajah. GoodMates bisa menggunakan puff saat pengaplikasian pertama lalu brush untuk keperluan touch up.

Setelah mengetahui perbedaan kedua bedak tersebut, kira-kira GoodMates cocok bedak jenis apa nih? Jangan sampai salah pilih lagi ya! Gunakan jenis bedak sesuai keperluan kulit wajah GoodMates supaya hasil makeup yang dihasilkan sesuai seperti yang diinginkan.

Referensi: Situs Oriflame | Situs Looke Cosmetics