Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Chromebook, Macbook, dan Notebook
Ilustrasi laptop | Foto: The Verge

Chromebook, Macbook, dan Notebook merupakan nama dari tiga jenis laptop yang memiliki tampilan fisik dan kegunaan serupa. Sama-sama memiliki keyboard, layar, hingga kamera membuat orang menganggap bahwa ketiganya sama saja.

Padahal, baik Chromebook, Macbook, maupun Notebook memiliki perbedaan yang mendasar serta fungsi yang agak berbeda satu sama lain. Untuk itu, Goodmates harus jeli sebelum memutuskan jenis mana yang sesuai guna kebutuhan pekerjaan sehari-hari.

Agar makin paham dengan perbedaan tersebut, berikut GoodSide jelaskan lebih lanjut tentang perbedaan antara Chromebook, Macbook, dan Notebook.

Perbedaan Mendasar Chromebook, Macbook, Notebook

Berbagai jenis sistem operasi gadget | Foto: MeNDHo.com

Hal yang paling berbeda antara ketiga jenis laptop ini ada pada sistem operasinya. Chromebook merupakan laptop dengan sistem operasi ChromeOS buatan Google. Sementara Macbook yang merupakan produksi dari perusahaan Apple menggunakan sistem operasi macOS.

Kemudian, Notebook sendiri menggunakan sistem operasi Windows atau Linux. Menariknya, banyak orang beranggapan bahwa Notebook adalah sebutan untuk laptop yang berukuran kecil (di bawah 17 inchi).

Baca juga: Anti Bosan Saat Virtual, Zoom Hadirkan Fitur Avatar

Anggapan tersebut kurang tepat karena sebenarnya Notebook dan laptop adalah benda yang sama. Laptop hanyalah nama pemakaian karena gadget ini dapat Goodmates pakai di atas pangkuan (lap berarti pangkuan dan top berarti atas). Sementara, Notebook adalah merek dagangnya, seperti halnya Apple menamai laptopnya dengan nama Macbook.

Chromebook: Praktis Selalu Terhubung Internet

Tampilan dari laptop Chromebook yang minimalis | Foto: Best Buy

Chromebook sudah hadir di pasaran sejak 2011 lalu. Sebagai gadget dengan sistem operasi dari Google, sebagian besar Chromebook keluaran tahun 2017 ke atas sudah memiliki Google Play Store. Maka, memungkinkan pengguna untuk memasang dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang biasanya ada di ponsel android.

Untuk mendukung produktivitas dalam bekerja, Chromebook mengandalkan aplikasi-aplikasi workspacenya, yaitu Google Docs, Google Sheets, hingga Google Slides.

Sementara, untuk penyimpanan dokumen milik pengguna, Chromebook menggunakan jaringan cloud atau komputasi awan sehingga otomatis Chromebook tidak menggunakan penyimpanan lokal.

Inilah yang menjadi kekurangan dari Chromebook karena tidak semua orang dapat terhubung dengan internet setiap saat. Kabar baiknya, Google mulai memperbaiki hal ini dengan adanya aplikasi yang bisa berjalan tanpa internet, yaitu Netflix, Spotify, dan Youtube.

Baca juga: Susah Berhenti Nonton Film Seri? Waspada Binge Watching!

Macbook: Tampil Trendi Jaminan Aman

Desain Macbook terkenal stylish | Foto: The Verge

Menjadi salah satu produk andalan Apple, Macbook terbagi jadi dua tipe berdasarkan spesifikasi dan fungsi. Jenis yang pertama adalah Macbook Pro, berguna untuk menjalankan aktivitas berat seperti editing dan rendering video. Tipe kedua bernama Macbook Air yang mendukung aktivitas ringan seperti mengetik dan presentasi.

Memiliki harga pasaran yang lebih mahal dari dua laptop lain dengan sistem operasi berbeda, Macbook memiliki keamanan sistem operasi yang lebih aman sehingga tidak memiliki software antivirus tambahan. Selain itu, Macbook juga memiliki banyak fitur unggulan dan software office untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan.

Di sisi lain, Macbook tetap memiliki beberapa kekurangan. Antara lain harga reparasi dan aksesoris yang mahal, serta dukungan software dan game yang tidak selengkap laptop dengan sistem operasi Windows.

Baca juga: Memaknai Arti Diam Lewat Komunitas Pantomim Indonesia

Notebook: Banyak Varian Lebih Leluasa

Tampilan Windows 11, versi Windows paling baru | Foto: Harapan Rakyat

Laptop yang paling umum di pasaran adalah Notebook karena memiliki banyak variasi tergantung spesifikasi dan tingkat kebutuhannya. Terdapat Notebook yang khusus mendukung kegiatan multimedia seperti desain grafis dan editing.

Selain itu, ada juga yang khusus mendukung operasi perkantoran dengan perangkat software office. Antara lain Microsoft Words hingga Power Point, ada pula Notebook khusus lifestyle yang tahan bagi game-game berukuran berat.

Berkat keunggulannya, Notebook lebih leluasa bagi pengguna yang ingin mencoba banyak hal dengan dukungan aksesoris dan software yang lebih banyak.

Maka, Notebook menjadi pilihan banyak orang di berbagai kalangan. Adapun kekurangan dari laptop Windows ini adalah daya tahan baterai yang kurang maksimal dan mudah terkena virus bila tidak berhati-hati.

Itulah perbedaan antara Chromebook, Notebook, dan Macbook. Kira-kira, manakah jenis yang sesuai untuk Goodmates?

Referensi: Kompas | Nesabamedia | Gramedia