Perbedaan Dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi
Ilustrasi│McElspeth/Pixabay

Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung adalah salah dua dari beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia. Tapi Kawan pernah nggak sih bertanya-tanya kenapa Institut Teknologi Bandung tidak bernama Universitas Teknologi Bandung? Atau mungkin Kawan juga bertanya-tanya apakah universitas dan institut itu berbeda?

Nah, universitas dan institut adalah salah dua dari beberapa jenis perguruan tinggi di indonesia Kawan. Selain universitas dan institut, ada juga jenis perguruan tinggi lain, yaitu sekolah tinggi, politeknik dan akademi. Nah, kali ini kita akan membahas apa saja pengertian dan perbedaan dari kelima jenis perguruan tinggi tersebut, yuk simak artikelnya!

Universitas

Ilustrasi Universitas│domickvietor/Pixabay

Universitas pasti adalah jenis perguruan tinggi yang paling sering Kawan dengar. Universitas sendiri adalah perguruan tinggi yang didalamnya terdapat berbagai fakultas dengan berbagai rumpun keilmuan. Jadi, dalam universitas, terdapat berbagai macam rumpun ilmu yang tidak terbatas. Disini setiap jurusan akan dikelompokkan pada satu fakultas rumpun keilmuan. Jadi, jurusan yang berkaitan dengan ekonomi akan masuk di Fakultas Ekonomi, jurusan yang berkaitan dengan ilmu komputer masuk di Fakultas Ilmu Komputer, dan sebagainya.

Rumpun ilmu yang ada di universitas sangat luas, tidak terbatas pada satu rumpun ilmu saja. Selain itu, universitas juga menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi. Pendidikan akademik adalah pendidikan yang memfokuskan pada penguasaan satu disiplin ilmu. Pendidikan akademik memiliki beberapa jenjang pendidikan, yaitu sarjana (S1), Master (S2), dan Doktor (S3). 

Berbeda dengan pendidikan akademik yang memfokuskan pada penguasaan disiplin ilmu, pendidikan vokasi lebih memfokuskan pada penguasaan suatu keahlian dan keterampilan. Sama seperti pendidikan akademik, vokasi juga memiliki beberapa jenjang pendidikan, yaitu Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma 3 (D3), dan Diploma 4 (D4). Sederhananya, pendidikan mirip seperti SMA yang lebih fokus pada penguasaan ilmu, sedangkan vokasi mirip seperti SMK yang fokus pada penguasaan keterampilan.

Institut

Ilustrasi│RAEng_Publications/Pixabay

Institut hampir mirip dengan universitas, dimana setiap jurusan akan dikelompokkan dalam berbagai fakultas. Institut juga menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi. Yang membedakan institut dengan universitas, institut hanya berfokus pada satu bidang keilmuan, berbeda dengan universitas yang tidak terbatas pada satu bidang keilmuan saja.

Misalnya Institut Kesenian Jakarta, disini hanya ada ilmu-ilmu di bidang kesenian, seperti musik, tari, dan desain. Selain itu ada juga ITB yang berfokus pada bidang keilmuan saintek. Kawan tidak akan menemukan jurusan Ilmu Sejarah di ITB.

Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi memiliki kesamaan dengan institut, yaitu sama-sama menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi di dalamnya, dan terfokus pada satu bidang keilmuan. Namun, bidang keilmuan di sekolah tinggi lebih spesifik, dimana hanya terdiri dari satu fakultas saja. 

Bisa dibilang sekolah tinggi hanya terfokus pada satu bidang keilmuan yang spesifik, seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang hanya berisi bidang keilmuan yang berkaitan dengan ekonomi. Sederhananya, sekolah tinggi seperti fakultas yang ada di universitas dan institut, yaitu berfokus pada satu bidang keilmuan, yang didalamnya terdiri dari berbagai jurusan.

Politeknik

Ilustrasi│12019/Pixabay

Nah, berbeda dengan beberapa perguruan tinggi yang sebelumnya, politeknik hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi, Kawan. Politeknik mirip seperti universitas, yaitu rumpun ilmu yang didalamnya tidak terbatas pada satu ilmu saja. Politeknik biasanya menghasilkan lulusan yang memang dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja profesional. Contoh dari politeknik adalah Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Bandung

Akademi

Akademi mirip dengan politeknik, yaitu hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Perbedaannya, akademi hanya menyelenggarakan satu rumpun keilmuan saja, tidak seperti politeknik yang cakupan rumpun ilmunya sangat luas. Akademi ini hampir sama dengan sekolah tinggi yang hanya terfokus pada satu rumpun keilmuan, bedanya akademi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. 

Nah, itu dia Kawan, berbagai jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sekarang Kawan jadi makin tahu kan!

Referensi : RencanamuGramediaKompas