Cari Tahu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree
Headphone | Foto: Lee Campbell/Unsplash

Sadar atau tidak, kita sering kali menyebut perangkat elektronik untuk mendengarkan musik dengan sebutan headset. Padahal, benda semacam headset ada banyak jenisnya, mulai dari headphone, headset, earphone, sampai handsfree. Beda nama, tentu beda pula kegunaannya.

Nah, supaya tidak salah lagi dalam penyebutannya, ada baiknya kamu untuk mengenali dan memahami perbedaan dari sejumlah aksesoris audio ini. Berikut GoodSide rangkum perbedaan antara headphone, headset, earphone, dan handsfree yang wajib kamu ketahui.

Headphone

Headphone | Foto: Dzenia Lukac/Pexels

Mendengar kata headphone, kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentuknya. Perangkat audio ini memiliki dua speaker mini yang menutupi telinga kiri dan kanan. Audio tersebut terhubung dengan ‘bando’ berbahan plastik atau alumunium sebagai penyangga di atas kepala.

Desain headphone yang sedemikian rupa bertujuan untuk menghasilkan suara terbaik, sekaligus meredam gangguan suara (noise) dari luar. Untuk menghubungkannya ke laptop, kamu dapat memakai port jack audio 3,5 mm atau sambungan bluetooth secara nirkabel.

Berdasarkan ukurannya, perangkat ini terdiri atas dua model, yaitu on-ear dan over-ear headphone. Jenis on-ear mempunyai desain speaker mini yang cenderung kecil dan tidak menutupi daun telinga secara menyeluruh.

Baca juga: Selain Business Proposal, Ini Dia 5 Drama Korea dengan Vibes Serupa

Meskipun ukurannya kecil, on-ear headphone memberikan tekanan lebih pada telinga sehingga terasa kurang nyaman. Di sisi lain, ukuran speaker mini pada model over-ear tergolong lebih besar.

Model semacam ini lumayan populer karena mampu menutup keseluruhan telinga. Noise dari luar pun tidak terdengar sehingga kualitas suara akan terasa lebih bagus.

Headset

Ilustrasi orang menggunakan headset | Foto: Mikhail Nilov/Pexels

Bak pinang terbelah dua, perangkat audio ini sekilas terlihat sangat mirip dengan headphone. Kemiripannya terletak pada bentuknya yang sama-sama mempunyai dua speaker mini dengan pengait di atas kepala pengguna.

Adapun perbedaannya tampak dari tambahan fungsi. Kalau headphone cuma berfungsi sebagai alat pendengar suara, headset dapat kamu gunakan pula untuk berkomunikasi lewat mikrofon yang terpasang pada salah satu speaker-nya. Mikrofon ini berfungsi dalam berkomunikasi, seperti telepon, video call, ataupun merekam suara. 

Headset sendiri hanya dapat kamu gunakan di komputer maupun laptop. Soalnya, perangkat satu ini memiliki dua port, yaitu satu audio 3,5 mm dan port untuk mikrofon.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Universitas, Institut, Hingga Politeknik Sebelum Mendaftar

Untuk Goodmates yang gemar bermain game maupun streaming, headset adalah aksesoris yang tidak boleh terlewatkan. Keberadaan mikrofon tentu akan memudahkanmu untuk berkoordinasi dengan rekan satu tim atau memberikan tanggapan terhadap suatu game.

Earphone

Earphone | Foto: Rupixen/Unsplash

Aksesoris ini mempunyai desain yang lumayan kecil sehingga lebih praktis untuk kita bawa ke manapun. Apabila headphone dan headset dapat menutupi sebagian atau seluruh area telinga, earphone hanya mampu masuk ke lubang telinga sesuai namanya.

Fungsinya sendiri sama seperti headset, yaitu untuk mendengarkan suara dan berkomunikasi dua arah lewat lubang mikrofon yang tersedia. Di samping itu, biasanya earphone juga mempunyai tombol volume naik dan turun, serta tombol multifungsi untuk mengendalikan pemutar musik dan mengangkat panggilan.

Earphone konvensional dulunya memiliki kabel yang mesti kamu pasang pada smartphone. Seiring perkembangannya, sudah ada earphone tanpa kabel dengan teknologi bluetooth dan TWS (True Wireless Stereo).

Generasi muda sendiri lebih banyak menggandrungi model nirkabel tersebut. Mengingat aspek yang efisiensi, memungkinkan pengguna bergerak lebih ‘bebas’ tanpa terhambat kabel.

Handsfree

Handsfree | Foto: Sajad Nori/Unsplash

Bentuk perangkat yang satu ini jauh lebih ringkas seperti earphone, tetapi mempunyai mikrofon dan beberapa tombol fungsi. Melalui tombol tersebut, kamu dapat menaikkan maupun menurunkan volume suara sekaligus menerima ataupun menghentikan panggilan telepon.

Baca juga: Mengenal Lerak, Bahan Alami Pengganti Deterjen

Handsfree biasanya dapat kamu temukan dalam dashbook smartphone yang kamu punya. Seiring berkembangnya teknologi, muncul pula handsfree nirkabel yang dapat terhubung langsung lewat koneksi bluetooth.

Orang-orang umumnya menggunakan handsfree untuk berkomunikasi sambil menjalankan aktivitas lainnya. Walaupun begitu, kualitas audio perangkat ini memang masih kalah daripada yang lain. Poin tambahnya, soal harga masih lebih ramah di dompet.

Bentuknya sekilas tampak serupa dengan earphone. Hal itu membuat banyak orang lebih sering menyebutnya dengan nama earphone ketimbang handsfree.

Nah, itulah sederet perbedaan antara headphone, headset, earphone, dan handsfree. Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan keempat perangkat tersebut? Jangan sampai salah lagi, ya!

Referensi Kumparan | Cari Sinyal | Tokopedia