Perbedaan MotoGP dan WSBK, Dua Kejuaraan Balap Motor Tingkat Dunia
Ilustrasi│Max Leveridge/Unsplash

Tahun 2021, Sirkuit Internasional Mandalika telah sukses menggelar kejuaraan World Superbike Championship atau dikenal juga sebagai WSBK. Di tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah bagi kejuaraan MotoGP. Keduanya merupakan kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia saat ini. Namun, apa saja perbedaannya?

MotoGP dan WSBK memanglah dua kejuaraan balap motor internasional paling bergengsi saat ini, hanya saja MotoGP memiliki kepopuleran yang lebih tinggi dibandingkan WSBK. Kedua balapan ini sama-sama di bawah tanggung jawab Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Meski terlihat similar, terdapat beberapa hal yang menjadi perbedaan dari MotoGP dan WSBK. Apa sajakah perbedaan itu?

Jenis motor

Ilustrasi│Max Leveridge/Unsplash

Jika dilihat, mungkin motor balap yang digunakan pada MotoGP dan WSBK terlihat sama. Keduanya terlihat sama-sama menggunakan moge (motor gede), tapi jika dilihat dengan lebih teliti, keduanya menggunakan dua jenis motor yang berbeda.

Motor yang dipakai dalam ajang MotoGP adalah motor jenis prototipe yang tidak dijual di publik. Motor yang digunakan dalam MotoGP memang benar-benar mesin balap yang diciptakan untuk balapan tingkat tinggi. Berarti motor ini bisa dimodifikasi sebebas mungkin untuk menjadi motor balap yang sangat proper. 

Sedangkan motor yang digunakan untuk WSBK adalah motor komersial yang bisa ditemui di pasaran dan dibeli oleh masyarakat. Peraturan dalam modifikasi motor WSBK cukup ketat, tidak seperti MotoGP yang bisa dimodifikasi dengan bebas. Namun, mesin yang dipakai motor WSBK masih diberikan sedikit kebebasan untuk dimodifikasi agar bisa melaju lebih cepat.

Meski pada MotoGP para mekanik bebas mengutak-ngatik motor, tetapi ada batasan kapasitas mesin yang diperbolehkan, begitu juga di WSBK. Kapasitas mesin untuk MotoGP haruslah dibawah 1000 CC. Sedangkan kapasitas mesin di WSBK minimal 750 CC dan maksimal 1000 CC, keduanya tidak memperbolehkan menggunakan mesin 2 tak.

Sederhananya MotoGP dapat disamakan seperti Formula One yang menggunakan prototipe mobil super cepat untuk balapan, sedangkan WSBK seperti halnya mobil-mobil sport yang dijual di pasaran seperti Lamborghini, Ferrari dan BMW.

Budget

Jumlah biaya yang digunakan dalam MotoGP jauh lebih besar daripada yang ada pada WSBK. Pada MotoGP, sebuah tim bebas menghabiskan berapa besar biaya untuk pengembangan motor mereka.

Lain halnya dalam WSBK, pengeluaran biaya dibatasi. Budget yang tidak terbatas, MotoGP dikenal memiliki teknologi terbaru, tercanggih, dan mekanik yang lebih ahli daripada WSBK.

Mekanisme balapan

Ilustrasi│Pascal Richier/Unsplash

Pada setiap tahun atau musim balapan, MotoGP memiliki 19 seri balapan yang akan digelar di berbagai negara. Namun, WSBK hanya memiliki 13 seri dalam satu musimnya. Meski begitu, dalam satu seri WSBK terdapat dua balapan yang digelar.

Nah, itu dia beberapa perbedaan yang ada pada MotoGP dan WSBK. Untuk di Indonesia sendiri MotoGP jauh lebih populer, apalagi nama-nama seperti Valentino Rossi, Marc Marquez hingga Maverick Vinales.

Kabar baiknya, kini Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bagi dua ajang balap tersebut. Bagi para pecinta dunia balap, wajib untuk nonton langsung di Sirkuit Mandalika.

Referensi: MotorplusTop GearGridOto