Persiapan Menjelang Puasa, Ketahui Cara Sahur yang Baik dan Benar
Ilustrasi melakukan sahur | Foto: blibli

Ramadan menjadi menjadi momen spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Menyambut bulan suci Ramadan, seluruh umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa. Selain momen berbuka puasa dan salat tarawih, momen sahur juga menjadi salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas dari bulan puasa.

Umumnya pada hari-hari pertama berpuasa, tubuh kita masih butuh beradaptasi dengan perubahan baru. Mulai dari bangun pagi untuk sahur, berpuasa seharian penuh, dan masih banyak lagi.

Dalam agama Islam, sahur merupakan salah satu ibadah sunnah ketika akan berpuasa. Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan hadist dari Anas bin Malik: “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Bukhari: 1923).

Biasanya, saat waktu sahur tantangan akan mulai terasa. Tidak seperti hari biasanya, pada waktu bulan puasa kita harus bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur sebelum waktu subuh tiba.

Namun, tak perlu khawatir, berikut GoodSide rangkum cara sahur yang baik dan benar agar kamu sukses melewati hari-hari berpuasa sebulan ke depan.

1. Menjaga Asupan Cairan Tubuh

ilustrasi asupan cairan yang cukup untuk tubuh melalui air putih | Foto: KidZdent
Ilustrasi asupan cairan yang cukup untuk tubuh melalui air putih | Foto: KidZdent

Saat berpuasa, kita tidak akan makan atau minum sejak pagi hingga sore hari. Namun, bukan berarti kita mengurangi asupan cairan yang tubuh butuhkan. Kamu bisa memastikan agar tubuh tetap mendapatkan asupan cairan yang cukup dengan mengatur jadwal minum.

Baca juga: Serba-Serbi Penetapan Hasil Sidang Isbat, Kapan Hari Pertama Puasa?

Misalnya minum tiga gelas saat sahur dan lima gelas setelah berbuka puasa. Selain melalui minum air, kamu juga bisa mendapatkan asupan cairan melalui mengkonsumsi sup atau masakan berkuah, serta dari buah-buahan atau sayur-sayuran.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran saat sahur juga penting, lo. Buah-buahan memiliki kandungan yang kaya akan asupan vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kamu dapat berkreasi dengan hidangan sayur atau buah-buahan. Misalnya saja mengolahnya menjadi jus atau membuat masakan aneka tumis atau sup sayuran.

2. Jangan Makan Terburu-Buru

Ilustrasi makan sahur | Foto: Pexels

Kamu pasti pernah mendengar rekomendasi umum mengunyah makanan sebanyak 32 kali? Ternyata, makan terlalu cepat atau buru-buru bisa menyebabkan kadar gula dalam darah terganggu dan perut bisa lebih cepat kosong juga mudah merasa lapar.

Kemudian, jangan lupa untuk memperhatikan porsi makan. Segala sesuatu yang berlebihan umumnya berakhir dengan tidak baik.

Begitu pula jika kamu makan berlebihan saat sahur, kamu mungkin akan mudah mengantuk setelah makan dan berujung ingin tidur setelah subuh. Padahal, tidur setelah sahur memiliki beragam dampak negatif bagi kesehatan.

Baca juga: Resmi! Mulai 1 April Tarif PPN dan Pertamax Akan Naik

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

ilustrasi makanan sehat | Foto: HMH
Ilustrasi makanan sehat | Foto: HMH

Saat sahur, kamu perlu untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks dan makanan tinggi serat, seperti nasi merah dan roti gandum. Alasannya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu untuk merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, kamu bisa memiliki cadangan energi yang lebih banyak. Selain karbohidrat, kamu perlu menambahkan makanan atau minuman yang memiliki komposisi nutrisi dan protein.

Misalnya saja daging, tahu, tempe, telur, ikan, atau susu. Makanan yang kaya akan protein bisa memberikan energi secara konstan.

Baca juga: Sering Begadang? Hati-Hati Risiko Sleep Deprivation

Lalu, makanan kaya zat besi seperti hati ayam, sayur bayam atau sayur daun singkong sangat baik untuk kamu konsumsi. Apalagi bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia atau kurang darah.

Itu dia beberapa tips untuk menjalankan sahur dengan cara yang baik dan benar. Bagi Goodmates yang akan merayakan, selamat menjalankan ibadah puasa, ya.

Referensi: Kompas.com | Liputan6 | Tirto.id