Pertama Kali Naik Pesawat? Siapkan Dokumen Ini Saat Tiba di Bandara
Siapkan Dokumen Saat Tiba di Bandara | Unsplash - Phil Mosley

Tidak hanya cepat, menaiki pesawat dapat menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Bayangkan bagaimana rasanya menaiki kendaraan yang dapat terbang menembus angin dan jauh dari daratan, tentu saja pengalaman tersebut tidak dapat dilupakan bukan?

Sedikit berbeda dengan transportasi darat, untuk menaiki transportasi udara seperti pesawat terbang perlu melalui beberapa pemeriksaan yang cukup rumit. Tidak heran, bila hal utama yang selalu dilakukan oleh para penumpang transportasi udara adalah sampai di bandara satu atau dua jam lebih awal dari jam keberangkatan.

Hal ini pun perlu Goodmates terapkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, contohnya telat naik pesawat. Jika kamu baru pertama kali naik pesawat, kamu perlu memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak bandara dan juga maskapai.

Salah satunya adalah menyiapkan dokumen-dokumen ini saat tiba di bandara. Berikut  dokumennya.

Kartu Identitas

Kartu Identitas | Portal Informasi Indonesia
Kartu Identitas | Portal Informasi Indonesia

Dokumen pertama yang perlu kamu bawa adalah kartu identitas. Kartu identitas ini berfungsi sebagai pengenal, karena pihak bandara akan memeriksa dan mencocokan kartu identitas dengan wajah, dan juga beberapa informasi yang telah tertera di database serta tiket yang telah di cetak sebelumnya.

Kamu bisa menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Paspor, dan tanda pengenal lainnya. Harus diingat bahwa kartu identitas yang kamu bawa adalah kartu yang sama dengan saat membeli tiket.

Tiket Pesawat

Tiket Pesawat | Business Traveler
Tiket Pesawat | Business Traveler

Ingin naik pesawat tentu harus punya tiket pesawat. Tiket atau boarding pass ini berfungsi sebagai bukti transaksi bahwa kamu secara resmi membeli tiket penerbangan pada pesawat yang telah dipilih sebelumnya.

Di dalam tiket tersebut tercantum nama, nomor pesawat, nama maskapai, tujuan, dan nomor kursi yang nanti akan kamu perlukan untuk mencari tempat duduk saat sudah sampai di dalam kapal.

Tidak perlu sungkan, kamu bisa meminta bantuan awak kabin untuk membantu mencarikan tempat duduk dengan memberikan tiket pesawatmu. Biasanya tiket bisa kamu beli di aplikasi booking online dan akan dicetak sebagai bentuk fisik oleh pihak penukaran tiket untuk diserahkan saat check in. 

Paspor

Paspor | The Jakarta Post
Paspor | The Jakarta Post

Jika Goodmates akan pergi keluar dari Indonesia atau melakukan perjalanan antar negara, paspor jangan sampai ketinggalan. Paspor sendiri menjadi dokumen sah yang dikeluarkan oleh negara bagi kamu yang akan bepergian ke negara luar Indonesia.

Paspor sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu paspor diplomatik, dinas, dan biasa. Paspor diplomatik digunakan untuk orang yang bekerja dengan sifat diplomatik, paspor dinas juga digunakan untuk kerja tetapi tidak bersifat diplomatik, sementara paspor biasa digunakan untuk non perjalanan dinas. 

Untuk membuat paspor kamu perlu mendaftar ke kantor imigrasi setempat. Tetapi akan lebih baik jika mendaftar lebih awal mengingat akan ada banyak antrian untuk membuat paspor sehingga kamu bisa dapatkan paspormu lebih awal. Bahkan, pembuatan paspor sendiri ada yang sampai satu minggu, lho. 

Kartu Vaksin dan hasil tes PCR

Kartu Vaksin | Beautynesia
Kartu Vaksin | Beautynesia

Pada masa pandemi ini, persyaratan tambahan pun dimasukan ke dalam regulasi penerbangan oleh pemerintah. Dua diantaranya adalah kartu vaksin yang artinya kamu perlu melakukan vaksin minimal dosis pertama. Selain itu, wajib melampirkan hasil tes PCR yang negatif.

Bagaimana Goodmates, sudah disiapkan dokumen untuk naik pesawat? Jangan sampai ada yang tertinggal agar penerbanganmu lancar. Safe flight Goodmates!