Perusahaan di Indonesia ini Mulai Menggunakan Robot sebagai Karyawannya
Menggunakan Robot Sebagai Karyawan | Unsplash - Possesed Photography

PENULIS: Anisa Fitri Maulida

 

Tak dapat dipungkiri pada pasalnya teknologi terus berkembang hingga sebagian hidup manusia dibantu oleh canggihnya teknologi pada saat ini, bahkan bisa dikatakan manusia mulai bergantung dengan keberadaan teknologi.

Bukan tanpa alasan, adanya teknologi telah terbukti memberikan kemudahan bagi hidup manusia saat ini. Sebut saja dengan adanya teknologi pada bidang transportasi seperti kendaraan beroda dua dan empat yang semakin canggih, dan juga teknologi komunikasi.

Tidak hanya digunakan untuk kepentingan individu, keberadaan teknologi saat ini telah digunakan untuk kepentingan perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan yang dirasa lebih efisien bila menggunakan teknologi.

Salah perkembangan teknologi yang saat ini masih hangat diperbincangkan adalah Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI dipercaya dapat memberikan dampak baik bagi individu dan juga untuk perusahaan dalam berbagai bidang. Jika AI saat itu digunakan untuk meringankan pekerjaan manusia, namun dengan berkembangnya teknologi AI pun digunakan untuk menggantikan Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.

Penggunaan AI sudah mulai menjamur di beberapa perusahaan di dunia. Salah satunya adalah Indonesia yang dimana dilansir dari CNN, Indonesia merupakan negara dengan penggunaan AI sebesar 14 persen dan salah contoh teknologi AI yang digunakan adalah robot.

Lantas perusahaan mana saja di Indonesia yang menggunakan robot Artificial Intelligence sebagai karyawannya? 

 

Pullman Bandung Grand Central

Mano The Robot | Traveldetik
Mano The Robot | Traveldetik

Tanah air dikejutkan oleh keberadaan Mano The Robot sebagai lobby ambassador. Kehadiran Mano ini menjadikan Pullman Bandung Grand Central sebagai hotel pertama yang menggunakan robot canggih yang membantu pelayanan konsumen.

Dilansir dari Kompas, Mano The Robot sendiri memiliki fungsi untuk berinteraksi dengan pengunjung dikarenakan kemampuan Mano untuk mengenali suara dan wajah pengunjung. Tidak hanya itu, Mano The Robot dilengkapi dengan informasi mengenai fasilitas hotel dan tempat wisata sekitar Bandung. Mano akan berada di area lobby dalam waktu 24 jam untuk menyapa para pengunjung, dan akan beristirahat sekitar delapan jam untuk di charge. 

 

Sahid Jaya Internasional

Automated Robot Food Server | Mediaindonesia
Automated Robot Food Server | Mediaindonesia

Tak mau ketinggalan, Hotel Sahid Jaya kini mengeluarkan teknologi Automated Robot Food Server. Dilansir dari Media Indonesia, Direktur Utama PT Hotel Sahid Jaya Internasional Dr.Ir. Hariyadi berharap dengan adanya hotel tersebut dapat memberi keamanan dan kenyamanan pengunjung pada saat mengunjungi acara besar di Hotel Sahid.

Teknologi Automated Robot Food Server ini merupakan teknologi yang digunakan oleh Sahid Jaya untuk mengantar makanan dan juga mengdesinfeksi ruangan. Selain itu, keberadaan teknologi pada masa pandemi ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan sebab minimnya sentuhan.

Sementara pada acara besar, Automated Robot Food Server dikerahkan untuk menghindari adanya food waste dan juga menjaga kebersihan makanan 

 

Otten Coffee

Robot Barista Otten Matic | Naratimes
Robot Barista Otten Matic | Naratimes

Bagi para penggemar kopi atau wargi Bandung, mungkin sebagian sudah tidak asing dengan kehadiran Otten Coffee. Cafe yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki Nomor 178 Bandung ini menjadi viral lantaran menghadirkan robot sebagai barista mereka.

Dilansir dari liputan6, kehadiran Robot Barista Otten Matic ini diharapkan dapat memberikan experience kepada pengunjung berupa kopi nikmat dengan protokol kesehatan yang baik sebab mendukung adanya minim kontak.

Uniknya lagi, tidak hanya membuat kopi namun robot ini dapat menceritakan kisah mengenai kopi-kopi nusantara yang pernah dibuatnya. Otten Matic ini telah melakukan banyak percobaan hingga menjadi robot yang begitu pandai dalam membuat kopi sama seperti barista umumnya.

 

Bandara Soekarno-Hatta

Robot Dilo | Kumparan
Robot Dilo | Kumparan

Berpindah ke bandara, kehadiran robot berteknologi AI di bandara Soekarno-Hatta sempat menggemparkan masyarakat. Robot pertama yang ditempakan oleh pihak Angkasa Pura II sebagai penanggung jawab Bandara Soekarno-Hatta adalah Robotic Scrubber Drier. 

Robot yang ditempatkan pada terminal tiga tersebut merupakan robot yang bertugas untuk membersihkan lantai dengan cepat. Dilengkapi oleh teknologi sonar, laser, serta sensor membuat robot dapat bekerja tanpa menabrak benda sekitarnya.

Tidak hanya Robotic Scrubber Drier, Soekarno-Hatta juga saat ini memiliki robot Dilo yang bertugas sebagai Costumer Service. Robot putih dan mungil dapat membantu pengunjung untuk memberitahu informasi seputar bandara.

Tidak hanya itu, robot ini pun dilengkapi oleh lagu, film, dan dokumen lainnya dengan tujuan untuk dapat memberi hiburan pada pengunjung. 

 

Keberadaan teknologi-teknologi di atas membuktikan bahwasannya Indonesia merupakan salah satu negara yang merespon baik adanya keadaan teknologi ini, bahkan ada beberapa perusahaan yang dapat menggantikan SDM sebab cara kerja yang dinilai lebih cepat dan efesien.

Lalu, apakah Kawan memiliki informasi mengenai perusahaan-perusahaan lainnya yang menggunakan robot seperti keempat perusahaan di atas? Tulis di kolom komentar ya!

Referensi: CNN | Kompas | Media Indonesia | Liputan 6