Dengarkan 5 Podcast untuk Belajar Hubungan Internasional
Ilustrasi Mendengarkan Podcast | Foto: Canva

#FutureskillsGNFI

Hubungan Internasional menyentuh tatanan kehidupan manusia secara langsung. Mulai dari kehidupan sosial masyarakat sampai kehidupan internasional antar aktor, serta kompleksitas kajiannya berupa perdamaian, politik, kerja sama, ekonomi, hukum, keamanan, hingga peperangan.

Meskipun hubungan internasional menyentuh kehidupan sosial masyarakat, terdapat masyarakat awam yang belum mengenal tentang ini. Menafsirkan program studi tersebut jauh dari realita yang ada oleh mahasiswa hubungan internasional sebenarnya.

Selain itu, yang lebih memprihatinkan, adanya pemahaman di masyarakat Indonesia bahwa hubungan internasional adalah ilmu yang mewah. Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi dampaknya begitu besar hingga membawa perubahan generasi dari masa ke masa.

Digital native merupakan gambaran dari generasi sekarang. Salah satu karakteristik digital native, yakni freedom saat internet dapat memberikan suatu kebebasan kepada para digital native untuk memilih apa yang hendak mereka lakukan.

Sebagai bagian dari generasi digital native, penulis merangkum 5 podcast untuk kalian yang ingin belajar hubungan internasional. Kamu bisa mempelajarinya di mana saja, kapan saja, dan free access melalui platform kesayangan kalian.

1. Hubungan Internasional UGM

Podcast Hubungan Internasional: Universitas Gadjah Mada | Foto: podtail.com
Podcast Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada | Foto: podtail.com

Pertama ada Podcast Hubungan Internasional dari Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai institusi pertama yang mengajarkan Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia, kami berkomitmen terhadap bina masyarakat global yang adil, damai, dan beradab.

Setiap episode dalam podcast ini terdedikasikan untuk memperkaya kajian seputar keamanan dan politik global, ekonomi politik dan pembangunan, serta studi perdamaian.

Baca juga: Intip 5 Tempat Pembuangan Akhir 'Mewah' di Dunia

2. Podcast Bebas Aktif

Podcast Bebas Aktif. | Foto: anchor.fm/kontekstual
Podcast Bebas Aktif. | Foto: anchor.fm/kontekstual

Kontekstual adalah media berani studi internasional terdepan yang menggunakan perspektif Indonesia dengan bahasa Indonesia. Terbentuk pada Oktober 2018, media ini bertujuan untuk membawakan dialog dalam studi internasional yang akademis ke ranah akar-rumput.

Podcast Kontekstual juga bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk berpikir cerdas melalui cara yang mencerdaskan. Tim Kontekstual utamanya terdiri dari mahasiswa dan universitas Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Mereka bekerja sama dengan banyak mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu sosial dan lainnya di Indonesia. Kontekstual hadir melalui platform yang luas dari mulai tulisan, videografis, hingga podcast (Bebas Aktif).

Baca juga: Maladaptive Daydreaming, Bahaya Terlalu Sering Melamun

3. Asumsi Bersuara

Asumsi Bersuara | Foto: Spotify
Asumsi Bersuara | Foto: Spotify

Siapa yang tak tahu podcast satu ini? Asumsi adalah institusi media yang berfokus pada bahasan politik, current affairs, dan kultur pop. Mereka berdiri pada 2015 oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei dalam bentuk channel Youtube.

Asumsi dengan cepat menjadi salah satu sumber alternatif informasi politik dan sosial, terlebih bagi generasi digital native. Podcast Asumsi percaya dengan peran media sebagai sarana pendidikan politik masyarakat.

4. Reflektiva!

Reflektiva | Foto: podtail.com
Reflektiva! | Foto: podtail.com

LSHI Abhipraya adalah pusat studi berbasis media sosial yang mempromosikan inklusivitas dan relevansi dalam politik dan ilmu sosial melalui refleksi kritis kontemporer. Salah satu produk digital dari LSHI Abhipraya adalah Reflektiva!

Baca juga: Rekomendasi 4 Channel Youtube yang Tayangkan Dakwah Menjelang Buka Puasa

5. International Relations Schools

International Relations School | Foto: Spotify
International Relations School | Foto: Spotify

Terakhir, ada International Relations School (IR School) selaku start up yang berdiri untuk memperkenalkan dan mendiskusikan pokok-pokok bahasan dalam studi hubungan internasional.

IR School juga berdedikasi untuk mempromosikan Aliran Pemikiran Indonesia. Salah satu produk digital dari IR School, yakni podcast International Relations School.

Dengan demikian, permasalahan seperti minimnya pemahaman masyarakat terhadap hubungan internasional dapat teratasi dengan peran generasi digital native. Dengan adanya 5 podcast di atas, bisa jadi bahan untuk belajar hubungan internasional.

Referensi: UMY HI | UNAIR NEWS