Pola Pikir yang Mengantarkan Jeff Bezos pada Kesuksesan
Jeff Bezos/wallpaperaccess

Siapa yang tidak tahu Jeff Bezos, CEO Amazon yang namanya selalu ada di daftar orang paling kaya di dunia. Bahkan, Jeff Bezos menduduki posisi pertama orang paling kaya di tahun 2021 versi majalah Forbes.

Tentu menarik sekali bagi kita untuk mengetahui bagaimana pola pikir Jeff Bezos, yang mampu mengantarkannya menjadi orang paling kaya di dunia. Sangat mungkin bagi kita untuk mengikuti kesuksesan Jeff Bezos, jika kita bisa mengaplikasikan pola pikirnya. Nah, ini dia beberapa pola pikir Jeff Bezos, yang bisa kita aplikasikan pada kehidupan sehari-hari kita.

Persiapan 70% saja sudah cukup

Dilansir dari Forbes, Bezos mengatakan bahwa terkadang kamu sudah bisa mulai melangkah dengan persiapan yang baru 70 persen saja. Jika kamu menunggu sampai 90 persen, kamu akan terlambat.

Maksud dari pernyataan ini, kita tidak perlu menunggu persiapan kita sampai 100 persen sebelum memulai sesuatu. Kita sudah bisa memulai saat persiapan sudah mencapai 70 persen. Pengambilan keputusan yang cepat adalah cara tepat untuk memenangkan sebuah persaingan. Menunggu hingga 100 persen hanya akan membuatmu tersalip sainganmu.

Daripada memikirkan sainganmu, lebih baik pikirkan saja tujuanmu

Dalam bisnis utamanya, Amazon, Jeff Bezos tidak begitu memikirkan pesaingnya. Ia hanya fokus memikirkan tentang kepuasaan pelanggan, yang mana adalah tujuan utama Amazon. Dari situlah Amazon selalu berinovasi memberikan hal baru kepada pelanggan dan bukannya meniru apa yang telah dilakukan pesaingnya.

Sama seperti dalam menjalani kehidupan sehari-hari, daripada kita mengkhawatirkan pesaing kita, akan jauh lebih berguna jika fokus terhadap tujuan dan apa yang kita lakukan saja.

Berani ambil risiko

ZIlustrasi│qimono/Pixabay

Meskipun hanya memiliki peluang 10/100, kamu harus tetap berani melakukannya. Meskipun 10/100 adalah kemungkinan yang sangat kecil, tapi itu bukanlah hal yang mustahil. Itulah yang pernah dikatakan oleh Jeff Bezos.

Artinya, dengan peluang keberhasilan sekecil apapun, kita harus berani melakukannya. Ketidakberhasilan yang kita alami hanya akan menjadi pelajaran bagi kita untuk membantu mencapai keberhasilan.

Jangan mau ketinggalan zaman

Kunci sukses di masa kini salah satunya dengan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Banyak perusahaan yang tidak mau beradaptasi dengan perkembangan zaman dan akhirnya mengalami kemunduran.

Hal itu juga berlaku bagi kita, di masa globalisasi seperti ini kita harus beradaptasi dan berinovasi agar tetap menjadi yang terdepan dan bisa bersaing dengan yang lain. Selain itu, jangan mudah puas dengan pencapaian yang ada. Bukannya tidak bersyukur, tapi kita harus tetap merasa lapar agar memancing pemikiran-pemikiran inovatif dalam kepala kita.

Memiliki pola pikir jangka panjang

Kita harus selalu memiliki pola pikir jangka panjang. Pikirkan, apa yang kita perbuat hari ini akan memiliki pengaruh bagi kehidupan kita di masa depan. Dalam melakukan segala perbuatan, selalu pikirkan tentang akibatnya di masa depan.

Salah satu bentuk implementasi pola pikir jangka panjang adalah investasi. Membaca buku, menambah pengalaman sebanyak-banyaknya juga merupakan salah satu bentuk investasi yang akan sangat berguna di masa depan.

Itu dia beberapa pola pikir Jeff Bezos yang mengantarkannya pada kesuksesan. Dengan mengikuti semua pola pikir tersebut, mungkin tidak akan membuat kita menjadi sekaya Jeff Bezos. Namun, dengan menerapkan pola pikir seperti itu, pasti akan memberikan dampak baik pada kehidupan sehari-hari kita.

Referensi: Forbes│CNBC