Praktis! Begini Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum
ilustrasi email atau surat elektronik (surel) | Foto: Brett Jordan/Unsplash

Tidak seperti aplikasi percakapan lainnya, surat elektronik (surel) atau biasa kita kenal dengan sebutan email tidak memiliki tanda apakah sudah dibaca oleh penerima pesan. Email cukup sering dijadikan alat berkomunikasi untuk hubungan yang profesional.

Maka dari itu, mengetahui apakah email kita telah dibaca oleh sang penerima menjadi suatu hal yang penting dan cukup membuat penasaran. Apalagi jika email tak kunjung dibalas padahal telah berstatus terkirim.

Perkembangan teknologi yang mengikuti perubahan zaman terus memberikan inovasi baru setiap harinya. Salah satunya, kini sudah tersedia fitur untuk mengetahui apakah email kita telah dibaca atau belum.

Mungkin fitur satu ini masih beum familiar bagi sebagian pengguna. Nah, berikut ini cara-cara untuk mengetahui apakah email kita sudah dibaca atau belum.

Penasaran ingin tahu email sudah dibaca atau belum? Gunakan cara ini!

email. | Foto: Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk/Unsplash
email. | Foto: Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk/Unsplash

Jika Goodmates menggunakan layanan Gmail, fitur yang menyediakan tanda dibaca untuk pengguna tersedia bagi akun Gmail kerja dan sekolah atau pengguna yang menggunakan G Suite.

Untuk mendapatkan read receipt, saat membuat pesan email pada bagian bawah jendela ‘Compose’ klik ‘More’, kemudian ‘Request read receipt’. Pengaturan ini harusnya tersedia kalau akun Gmail yang kamu gunakan merupakan akun kerja atau sekolah. Setelah mengirim pesan, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui email jika pesanmu telah dibuka atau dibaca.

Kamu juga dapat menggunakan ekstensi bawaan di aplikasi browser Google Chrome. Pertama, bukalah browser Google Chrome di perangkat yang kamu gunakan kemudian install ekstensi RightInbox melalui situs resminya.

Ketika proses install sudah selesai, buka Gmail dan cobalah untuk membuat sebuah pesan baru yang akan dikirimkan ke orang lain. Sebelum mengirimkan pesan, berikan tanda check pada bagian ‘track’ yang terdapat di bagian bawah. Nantinya, kamu akan menerima pemberitahuan melalui email jika penerima telah membaca email yang kamu kirimkan.

Kini, sudah tersedia berbagai macam browser extension atau aplikasi yang menyediakan layanan untuk melacak email. Beberapa di antaranya bahkan memiliki fitur canggih lain yang mampu mengetahui seberapa banyak penerima membuka email. Baik dari kita atau berapa kali link yang kita cantumkan diklik oleh penerima pesan.

Di antaranya terdapat Mailcastr, ContactMonkey, HubSpot Sales, MailTrack, MixMax, Streak, ToutApp, Yesware, Get Notify, dan masih banyak lagi. Beberapa aplikasi juga menyediakan versi Pro yang menawarkan lebih banyak fitur yang berguna.

Meski dapat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari bagi yang membutuhkan, penggunaan mail tracking juga perlu diperhatikan karena dapat melanggar hak privasi seseorang. Menurut Business Tutsplus, email tracking atau read receipt mungkin bisa diperbolehkan pada situasi tertentu saja.

Seperti email yang berisikan pesan penting, atau jenis pesan yang membutuhkan kepastian. Misalnya, saat mengirimkan posisi lowongan kerja pada kandidat pilihan teratas, kamu mungkin ingin mengetahui bahwa mereka telah membaca pesan tersebut.

Kemajuan teknologi banyak memberikan kemudahan baru dalam kegiatan kita sehari-hari. Namun, jangan lupa untuk bersikap lebih bijak lagi ya Goodmates. Gunakanlah layanan tertentu sesuai dengan kebutuhan kita dan pastikan untuk tidak merugikan pihak lain.

Referensi: Support Google | Business Tutsplus | USA Today