Prodi Ilmu Perpustakaan: Sepi Peminat, Ramai Prospek Kerja
Pustakawan | Foto: Pexels

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Bagi kamu yang belum lolos, jangan berkecil hati. Masih banyak jalur tes mendatang dengan berbagai pilihan program studi.

Khusus untuk kamu yang masih bingung mau memilih jurusan apa ketika SBMPTN dan seleksi jalur mandiri nanti, bisa pertimbangkan jurusan Ilmu Perpustakaan, nih. Tahukah kamu? Prospek kerja mahasiswa program studi Ilmu perpustakaan tidak hanya menjadi pustakawan, lo!

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih dalam, mari kita mengenal definisi dan proses studi Ilmu Perpustakaan. Secara garis besar, mengutip percakapan dosen prodi ilmu perpustakaan UI, Tamara Adriani Salim dengan Tirto, jurusan ilmu perpustakaan banyak mempelajari cara mengelola, mengomunikasikan, dan mendiseminasikan informasi.

Mahasiswa Ilmu perpustakaan juga mempelajari etika kepustakaan, pengelolaan data, metadata buku untuk perpustakaan, kearsipan, cara merekam informasi, hingga manajemen aset digital.

Ungkapan “Data is a new oil” mungkin pernah teman-teman dengar belakangan ini. Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat di era modern mendorong perusahaan untuk mencari spesialis yang dapat mengelola dan menata data mereka.

Di sini peran lulusan Ilmu Perpustakaan banyak masyarakat butuhkan. Berikut lima prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber.

1. Information Specialist

perpustakaan
Ilustrasi seseorang di perpustakaan | Foto: Pexels

Profesi ini mengandalkan keterampilan pengelolaan informasi. Nantinya, Information Specialist akan mengelola informasi dalam berbagai bentuk, seperti database, website, atau sistem informasi lainnya.

Baca juga: Dengarkan 5 Podcast untuk Belajar Hubungan Internasional

2. Staf Administrasi

Ilustrasi admin | Foto: Futuready

Selanjutnya ada Staf administrasi, biasanya butuh untuk di perkantoran atau instansi pemerintah. Semasa kuliah, mahasiswa prodi perpustakaan mempelajari dasar-dasar ilmu administrasi.

Guna landasan ilmu ini harus menata dan mengarsipkan data sebuah perusahaan. Tugas staf administrasi adalah mengelola semua keperluan birokrasi dari badan usaha.

3. Sekretaris Redaksi Penerbit

Ilustrasi redaksi | Foto: Pexels

Ingin bekerja di bidang yang berkaitan dengan buku tapi tidak ingin jadi Pustakawan? Profesi ini bisa banget kamu lirik!

Tugas seorang sekretaris redaksi penerbitan antara lain mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis, mengelola data-data buku yang diterbitkan dan lain-lain.

Tugas-tugas ini cocok kamu lakukan oleh orang yang teliti dan rapi seperti para lulusan ilmu perpustakaan.

Baca juga: Cara Atur Kerja Kelompok Agar Lebih Produktif

4. Analis Meta Data

Ilustrasi grafik data | Foto: Pexels

Profesi yang tergolong cukup baru dan idaman alumni jurusan ilmu perpustakaan ini biasanya dapat kamu temukan pada perusahaan modern berbasis teknologi.

Analis metadata umumnya berperan untuk memimpin dan membantu upaya strategis, terkait dengan proyeksi pertumbuhan data dan repositori metadata perusahaan.

Oleh karena itu, lulusan ilmu perpustakaan yang mengincar profesi ini harus menguasai ilmu-ilmu pengelolaan data terlebih dahulu.

Baca juga: Stop Copy Paste! Parafrase Penting dalam Menulis Tugas

5. Arsiparis

Ilustrasi arsiparis | Foto: Pixabay

Mengutip Glints, juru arsip merupakan salah satu prospek kerja favorit lulusan studi ilmu perpustakaan dan banyak perusahaan dan instansi pemerintahan butuhkan.

Tugas seorang juru arsip sendiri adalah menilai, menyunting, dan mengarahkan pengamanan arsip permanen dan dokumen bernilai. Di Indonesia, Goodmates bisa temukan pekerjaan ini pada banyak lembaga pemerintah, seperti ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Itulah perkenalan singkat kita dengan Jurusan Ilmu Perpustakaan dan profesi yang bisa kamu geluti oleh lulusan jurusan ini di masa depan. Supaya tidak ragu apabila hendak memilih jurusan ini ketika Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) nanti, kamu boleh melakukan riset lebih dalam lagi. 

Referensi: Glints | Kompas | Tirto