Intip 4 Kampus di Indonesia yang Punya Prodi Perkeretaapian
Masinis di kereta api | Foto: kai.id

Saat ini, dunia perkeretaapian Indonesia sudah semakin berkembang. Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia sudah memiliki tranportasi berbasis rel seperti MRT dan LRT. Di samping itu, menurut Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) hingga 2030 mendatang, perkeretaapian nasional masih membutuhkan 1.720 regulator yang mencakup perencanaan, pengujian, auditor, dan inspektorat.

Perlu juga 78.740 SDM operator yang terdiri dari perencana, perawat, dan pemeriksa. Untuk memenuhi target ini, beberapa perguruan tinggi Indonesia mulai membuka kelas reguler bagi lulusan SMA/SMK/sederajat dan kelas paralel bagi tenaga perkeretaapian.

Untuk Goodmates yang tertarik bekerja di industri perkeretaapian, berikut empat kampus di Indonesia yang memiliki prodi perkeretaapian. 

1. Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Gedung STTD | Foto: ptdisttd.ac.id

Pertama ada Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) yang merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan berbasis vokasi. STTD menyelenggarakan 4 program studi, salah satunya D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

Prodi ini baru berdiri pada 2004 dan merupakan hasil kerja sama antara Badan Diklat Perhubungan ditjen KA serta PT Kereta Api (Persero). Di prodi, ini kamu akan mempelajari berbagai bidang perencanaan perkeretaapian.

Baca juga: Menilik Perbedaan Antara UIN, UAIN, dan STAIN

Antara lain tentang teknik sarana perkeretaapian, teknik pensinyalan, teknik kelistrikan, teknik telekomunikasi, perencanaan operasi dan grafik perjalanan kereta api, serta perundang-undangan perkeretaapian.

Akreditasi D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian menurut BAN-PT juga sudah memperoleh nilai A. Adapun jalur penerimaan STTD terbagi atas dua jenis, yakni pola pembibitan dan PMB magister terapan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi langsung website resmi STTD.  

2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

PPI Madiun | Foto: laboratorium.ppi.ac.id

Berdiri sejak 2009, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPIM) berlokasi di Kota Madiun, Jawa Timur. Secara struktural, PPIM berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Meski tergolong baru, PPIM cukup banyak menyediakan beberapa prodi. Antara lain D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian, dan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

Penerimaan calon taruna di PPIM terlaksana melalui dua jalur, yaitu pola pembibitan dan reguler. Adapun jalur pola pembibitan khusus bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang telah mengikuti seluruh seleksi dan lolos. Calon taruna yang lolos melalui jalur ini bebas dari uang semester.

Baca juga: Profesinya Masih Sangat Langka, Kenali Jurusan Terapi Wicara

Kemudian untuk jalur reguler, calon taruna yang lolos mendapatkan bebas uang semester semester 50 persen. Untuk selengkapnya mengenai PPIM kamu bisa cek di sini.

3. Politeknik Negeri Madiun

Politeknik Negeri Madiun | Foto: Abdul Jalil/Madiunpos

Tidak hanya satu, Kota Madiun kembali memiliki perguruan tinggi dengan prodi perkeretaapian. Pada 2018, Politeknik Negeri Madiun membuka Teknik Perkeretaapian untuk jenjang D4.

Sejumlah mata kuliah di prodi ini antara lain Infrastruktur Perkeretaapian, Konstruksi Kereta Api, Analisis Rangkaian Listrik, Elektronika Digital, Sistem Daya Listrik Kereta Api, dan masih banyak lagi.

Ada banyak jalur masuk yang tersedia di Politeknik Negeri Madiun, seperti SNMPN, SNMPTN, SBMPTN, SBMPN, dan Mandiri. Bagi Goodmates yang tertarik untuk menjadi bagian dari Politeknik Negeri Madiun, kunjungi website resminya di pnm.ac.id.

4. Institut Teknologi Sumatra

Gerbang Itera | Foto: Itera.ac.id

Terakhir ada Institut Teknologi Sumatra atau biasa bisa kita kenal dengan Itera. Kampus satu ini sudah berdiri sejak 2014 silam di Lampung. Pada 2020 lalu, Itera secara resmi membuka program studi S1 Teknik Perkeretaapian.

Baca juga: Mengenal Seni Karawitan, Jurusan Unik dan Langka di Indonesia

Hadirnya prodi ini menjadi salah satu upaya untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang menyeluruh di Sumatra. Prodi ini memfokuskan penyelenggara teknik perkeretaapian pada bidang manajemen, sistem operasi, prasarana, mekanik.

Selain belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perkeretaapian, di prodi ini mahasiswa juga akan memperoleh ilmu tentang teknologi masa mendatang. Hal tersebut menyangkut kereta api yang sudah menerapkan digitalisasi, menggunakan energi alternatif, bekerja dengan kecepatan kereta, serta mempertimbangkan perubahan iklim.

Itera membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-Barat, dan Prestasi khusus. Informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website resminya di sini.

Nah, jika Goodmates berencana untuk masuk di industri perkeretaapian, persiapkan dirimu untuk mendaftar ke perguruan tinggi tersebut. Jadilah bagian dari kemajuan sistem transportasi darat di Indonesia.

Referensi: PTDISTTD | Detik | Edukasi Kompas |Rencanamu | IteraPoliteknik Perkeretaapian Indonesia